Alat Ungkap Masalah Siswa (AUM)

Alat Ungkap Masalah adalah sebuah instrumen standar yang dapat digunakan untuk memahami masalah-masalah yang dihadapi konseli…

Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru bimbingan dan konseling (konselor) adalah memahami konseli secara mendalam, termasuk didalamnya adalah memahami kemungkinan-kemungkinan masalah yang dihadapi konseli. Melalui pemahaman yang adekuat tentang masalah-masalah yang dihadapi konseli, seorang konselor selanjutnya dapat menentukan program layanan bimbingan dan konseling, baik yang bersifat preventif, pengembangan maupun kuratif, sehingga pada gilirannya diharapkan upaya pemberian layanan dapat berjalan lebih efektif. Lanjutkan membaca “Alat Ungkap Masalah Siswa (AUM)”

5 Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi

E. Mulyasa (2003) mengetengahkan lima strategi pembelajaran yang dianggap sesuai dengan tuntutan Kurikukum Berbasis Kompetensi; yaitu..

Oleh : Akhmad Sudrajat

Dalam mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi, E. Mulyasa (2003) mengetengahkan lima strategi pembelajaran yang dianggap sesuai dengan tuntutan Kurikukum Berbasis Kompetensi; yaitu : (1) Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning); (2) Bermain Peran (Role Playing); (3) Pembelajaran Partisipatif (Participative Teaching and Learning); (4) Belajar Tuntas (Mastery Learning); dan (5) Pembelajaran dengan Modul (Modular Instruction). Sementara itu, Gulo (2005) memandang pentingnya strategi pembelajaran inkuiri (inquiry). Lanjutkan membaca “5 Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi”

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran

Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran, Hubungannya dengan Tujuan Pembelajaran…

Oleh : Akhmad Sudrajat

A. Pengertian Media Pembelajaran

Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Lanjutkan membaca “Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran”