Manajemen Mutu Berbasis Sekolah dan KTSP

Manajemen Mutu Berbasis Sekolah dan KTSP: Kehadiran KTSP menuntut adanya berbagai perubahan dalam pengelolaan sekolah dan setiap perubahan harus dikelola ..

Kehadiran KTSP menuntut adanya berbagai perubahan dalam pengelolaan sekolah dan setiap perubahan harus dikelola dengan baik. Prof. Dr. Djam’an Satori, M.A. mengupas tentang manajemen perubahan kaitannya dengan implemenntasi KTSP di sekolah. Dikemukakannya bahwa terdapat beberapa landasan Programatik Manajemen Mutu Berbasis Sekolah dan KTSP:

  • Kepala sekolah dan guru-guru adalah tenaga profesional yang memiliki keahlian khusus dan pengalaman profesional dalam penyelenggaraan sekolah dan pembelajaran. Kapasitas profesional dan proses validasi empirik merupakan esensi otonomi profesional.
  • Tenaga profesional di sekolah adalah orang-orang yang memiliki kewenangan otonomi profesional yang  juga mengandung makna kemampuan menterjemahkan kebijakan pemerintah (standar-standar) dan ketentuan lainnya sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak didik dan stakeholder lainnya.
  • Sekolah adalah sistem sosial yang harus ditumbuh-kembangkan melalui proses “self-renewal capacity” untuk merespon tuntutan stakeholders atas mutu pendidikan,dan perubahan lingkungan yang terus-menerus terjadi.
  • Perumusan kebijakan, pembuatan keputusan, dan pemecahan masalah di sekolah akan efektif jika dilakukan oleh pihak/orang-orang yang memiliki keahlian, berkepentingan dan berkecimpung/terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan itu sehari-hari.

Info selengkapnya bisa diunduh melalui tautan di bawah  ini:

Manajemen Mutu Berbasis Sekolah dan KTSP

========================

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

15 tanggapan untuk “Manajemen Mutu Berbasis Sekolah dan KTSP”

  1. trima kasihnatas artikelnya pak ini sangat membntu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah

  2. terimakasih tulisan ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah saya

  3. Pa,…sejak saya belajar pk semester ini…sejak itu saya browsing ttg kurikulum, dan sejak itu pula tulisan2 bapak jadi salah satu acuan dalam pembelajaran. Terimakasih atas “pencerahan2nya”..

  4. Thanks………untuk rekan-rekan pengawas mohon bantuannya untuk mengirimkan ke e-mail saya contoh PTS yang sudah dimiliki rekan2 semua

Komentar ditutup.