Revitalisasi MGMP

Inovasi pendidikan yang dikembangkan di Indonesia saat ini didalamnya mengandung konsekuensi bagi setiap guru untuk dapat menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan perubahan yang ada. Melalui kegiatan MGMP, diharapkan setiap guru dapat terus mengasah kemampuan profesionalnya guna mengimbangi berbagai tuntutan perubahan pendidikan yang terjadi. Zamroni dari Depdiknas mengupas tentang pentingnya peran MGMP dalam rangka meningkatkan kemampuan profesinal guru.

Revitalisasi MGMP merupakan salah satu upaya untuk memberikan kekuatan bar, atau memperbaharui kemampuan profesional guru.

  • Mengembalikan jati diri dan watak guru (percaya diri, jujur dan objektif, menegakan kebenaran dan mencegah kebatilan, antisipatif, menekankan pada pencegahan dan menjadi bapak sekaligus  sahabat siswa)
  • Meningkatkan penguasaan materi (materi dasar, aplikasi materi, pengembangan materi)
  • Meningkatkan kemampuan aplikasi PBM:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

  • Memahami dan melaksanakan inovasi:
 Memahami dan Melaksanakan Inovasi

Memahami dan Melaksanakan Inovasi

  • Sekolah adalah a mini society bukannya suatu industri.
  • Ruang-ruang kelas merupakan  laboratorium bukanya auditorium.
  • Siswa bukan bahan mentah melainkan individu yang memiliki  karakter, bakat dan minat tertentu
  • Pembelajaran kooperatif
  • Memanfaatkan  peralatan  modern dalam pembelajaran
  • Guru sebagai fasilitator,  pelatih dan tutor
  • Kemampuan berpikir dan memberi makna
  • Kemampuan menjalin hubungan dan bekerjasama
  • Sekolah sebagai sistem mekanik atau sekolah sebagai sistem organik.
  • Sistem mekanik memiliki ciri input-output bersifat linier dan langsung.
  • Sistem organik memiliki ciri input-ouput bersifat dinamis dialogis.
  • Menciptakan ke bersamaan dan persaudaraan:
  • Melihat dan membicarakan kebaikan fihak lain
  • Saling memberikan perhatian dan pertolongan
  • Perkuat silaturahmi
  • Mengembangkan saling percayai mempercayai
  • Membangun kesadaran politik:
  • Melek politik
  • Aktif berpolitik, mandiri, non partisan
  • Membangun kebersamaan pandangan politik
  • Memperjuangkan pandangannya

============

Info selanjutnya silahkan klik tautan di bawah ini:

Revitalisasi MGMP

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with:
Ditulis dalam ARTIKEL, MANAJEMEN PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN
15 comments on “Revitalisasi MGMP
  1. Nyayu Gilang Sugiharti mengatakan:

    Assalamu’alaikum bapak…saya seorang guru honorer di sebuah SMK Negeri di Kabupaten Bandung Barat. Baru tahun ini kepengurusan MGMP Bahasa Inggris akan dibentuk. Saya baca blog bapak dan Alhamdulillah dapat pencerahan. Saya juga ikut /unduh copas ya pak..heheh. Jazakalloh khoiron katsiro, terus berkarya ya pak…smangat!!! ^_^

  2. Anonim mengatakan:

    Blog yang bapak buat sangat bermanfaat untuk pengembangan MGMP di daerah, dan diharapkan dapat ditingkatkan lagi

  3. Muhammad Untung mengatakan:

    Pemberdayaan MGMP didaerah sy (kemenag/MTs BWI), sebuah keniscayaan

  4. mahdiah mengatakan:

    saya ingin mewujudkan mgmp di lingkungan sekolah saya. bagaimana memulainya?

  5. Mulyadi mengatakan:

    Saya ingin belajar lewat MGMP, mohon ijin saya unduh ya

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s