“tentang PENDIDIKAN” pada Tahun 2012 [laporan tahunan WP.com]

Tampaknya sudah menjadi tradisi tahunan dari WordPress.com, setiap akhir tahun, WordPress.com melaporkan perkembangan blog yang tergabung dalam WordPress.com,. …

Tampaknya sudah menjadi tradisi tahunan dari WordPress.com, setiap akhir tahun, WordPress.com melaporkan perkembangan blog yang tergabung dalam WordPress.com, via email Admin blog  yang bersangkutan.

Pun, untuk blog “tentang PENDIDIKAN“, pada hari ini, Selasa, 1 Januari 2013,  saya menerima laporan statistik perkembangan blog ini selama tahun 2012, via email saya, yang sebetulnya bersifat pribadi, tetapi pada kesempatan ini saya ingin  berbagi dengan Anda, untuk meminta saran dan masukan dari Anda,  sebagai bahan refleksi saya dalam mengelola blog “tentang PENDIDIKAN” ini.

Selama mengelola blog ini,  -sejak 14 April 2007,- bagi saya  tahun 2012 ini merupakan tahun tersulit. Berdasarkan Data Laporan Tahunan dari WordPress.com  ternyata produktivitas saya benar-benar sangat minim, hanya ada 34 tulisan! Sungguh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana dalam kurun waktu satu minggu saya selalu berusaha menyempatkan diri untuk menuliskan sesuatu tentang pendidikan di blog ini.

Sejak bulan Pebruari 2012, saya mengalami kejenuhan yang luar biasa,  ditambah ada gangguan kesehatan mata (mungkin karena faktor usia juga) sehingga sulit bagi saya untuk dapat terus menerus berhadapan dengan komputer. Memasuki  akhir bulan Oktober 2012, kembali muncul semangat untuk melanjutkan mengelola blog “tentang PENDIDIKAN” ini dan alhamdulillah hingga akhir tahun 2012 masih ada 34 tulisan yang bisa saya tampilkan disini. Kendati hanya 34 tulisan, ternyata jumlah halaman yang dilihat masih relatif lumayan ada sekitar  2.500.000.

Seiring dengan bangkitnya kembali semangat nge-blog, ada keinginan saya untuk merubah nama blog ini dan baru terlaksana beberapa waktu lalu. Semula blog ini berjudul: “AKHMAD SUDRAJAT : TENTANG PENDIDIKAN” sekarang berganti  nama menjadi “tentang PENDIDIKAN“. Tidak ada maksud lain, kecuali hanya ingin  agar tampak lebih simpel saja. Selama perjalanannya,  blog ini memang telah beberapa kali berganti nama dan tampilan, [ Perubahan Konten dan Tampilan BlogPengalaman Selama Satu Tahun Menjadi Blogger,  Mangganti Tampilan Blog ]. Meski sering berganti nama dan tampilan, tetapi dari sisi konten masih tetap mengusung tema yang sama yaitu: PENDIDIKAN.  Selain itu, saya pun mereview beberapa tulisan lama dan menyederhanakan tampilan grafis, dengan harapan dapat mengurangi  beban loading.

Keputusan untuk merubah tampilan blog ini terinspirasi oleh tulisan-tulisan dalam blog yang dikelola oleh  dua sahabat saya : yaitu : Pak IRFAN HANDI  dan Pak SAWALI, yang telah mengingatkan saya tentang pentingnya tampilan blog dan kecepatan loading. Sebelumnya saya memang  kurang begitu paham dan peduli dengan hal-hal seperti itu, tetapi sekarang saya justru merasa tertantang untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi tentang seluk-beluk blogging, khususnya dalam format WordPress.com yang gratisan ini.

Terima kasih kepada semuanya yang telah berkenan hadir dan berdiskusi disini. Mohon doa semoga di tahun 2013 ini, saya bisa diberi kekuatan untuk melanjutkan mengelola blog ini agar tetap dapat berbagi pemikiran dengan Anda semua.

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

29 tanggapan untuk ““tentang PENDIDIKAN” pada Tahun 2012 [laporan tahunan WP.com]”

  1. Sya senang dengan ada kiriman kiriman email tentang pendidikan. Wawasan sya bertambah, bila ada seminar atau pertemuaan saya menunggu undangannya

  2. saya bahagia ketika mambaca blog pendidikan ini, semoga bapak sukses dalam setiap karya

  3. semoga bpk selalu diberi kesehatan dan panjang umur … , sehingga prodoktif untuk menulis tetaplah selalu menulis saya menyukai tulisan anda karena mudah untuk di pahami . trimakasih .
    semoga Allah membalas kebaikan bpk.

  4. Sebagai warga bangsa saya sangat senang dengan tulisan anda, karena banyak sekali pengetahuan yang saya dapat walaupun bukan seorang yang profesi sebagai guru dan saya merasa itu merupakan ilmu yang sudah diamaliakan dalam kehidupan ini

  5. saya senang ada blog pendidikan dan tulisan bapak cukup berbobot dan bagus, semoga sehat dan sukses selalau, sahudi.azis @Gmail.com

Komentar ditutup.