Seminar, Workshop dan Rakernas MGBK Nasional di Bandung

Terima kasih saya sampaikan kepada rekan-rekan panitia dan tim fasilitator yang telah bekerja sama mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan workshop ini.

Keluarga Besar Bimbingan dan Konseling Indonesia yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) telah menggelar hajatan nasional, berupa: (1) Seminar Nasional, (2) Wokshop Penilaian Kinerja dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan, dan (3) Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Nasional I Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling.

Kegiatan ini berlangsung secara maraton dan simultan selama 3 hari (8-10 November 2012), diikuti oleh ± 600 peserta dari berbagai pelosok Nusantara,  bertempat di Gedung Wahana Bhakti Pos Indonesia  Lt.8  Bandung, SMA N 3 Bandung dan SMA N 5 Bandung. Kegiatan ini dimeriahkan pula dengan Bazar dan Pameran Buku serta atraksi kesenian dari siswa-siswi SMA N 3 Bandung, SMAN 5 Bandung dan SMP Darul Hikam Bandung.

Kegiatan seminar membahas berbagai isu, trend  dan Kebijakan Bimbingan dan Konseling yang sedang berkembang saat ini, dengan menghadirkan para pakar Bimbingan dan Konseling, diantaranya:

  • Prof. Dr.  Sunaryo Kartadinata, M.Pd., menyajikan materi tentang: “Peluang dan Tantangan Global  Organisasi Profesi Guru BK: Implikasinya bagi Pengembangan Mutu dan Kualitas Guru BK/Konselor di Indonesia”
  • Prof. Dr.  Moh Surya, M.Pd.  mengupas topik “Membangun Konselor Profesional dalam Menghadapi Tantangan Abad 21
  • Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd.,  membahas tentang “Uji Kompetensi Guru BK/Konselor”
  • Dr. Sigit Wibowo menyampaikan materi “Kebijakan dan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Guru Bimbingan dan Konseling”

Sumber: Jajuli (2012) Group FaceBook MGBK Nasional

Kegiatan Workshop Penilaian Kinerja dan Pengembangan Profesi Berkelanjutan membahas tentang bagaimana merancang dan menganalisis Program BK yang sesuai dengan Butir Indikator Penilaian Kinerja Guru BK/Konselor, yang dipandu oleh P4TK, LPMP Jawa Barat, dan Tim Pengembang PKG BK Tingkat Nasional.

Dalam kegiatan ini,  Prof. Dr. Sunaryo, M.Pd. selaku Dewan Pembina secara resmi melantik Pengurus MGBK Nasional yang dikomandani oleh Drs. Samsudin, M.Pd. Selain itu, melalui kegiatan Rakernas I telah menghasilkan berbagai keputusan strategis dalam rangka penyusunan dan pengembangan program kerja organisasi untuk jangka waktu 4 tahun ke depan.

==============

Refleksi Pribadi:

  • Kepada pengurus MGBK Nasional, saya ucapkan selamat berkarya dan semoga dengan kehadiran MGBK Nasional ini dapat semakin memperkokoh posisi Bimbingan dan Konseling sebagai sebuah profesi yang bergerak dalam pelayanan kemanusiaam.
  • Terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan hajatan “Three in One” ini dan telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi salah satu tim fasilitator Workshop. Terima kasih saya sampaikan pula kepada rekan-rekan tim fasilitator yang telah bekerja sama mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan workshop ini.
  • Kepada para peserta seminar dan workshop,  semoga apa yang didapat selama 3 hari ini, kiranya  dapat menambah modal pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan pengabdian kita di tempat tugas masing-masing.
  • Khusus,  kepada  rekan-rekan peserta workshop kelompok 8, saya ucapkan  terima kasih atas kerja sama Anda semua, sekecil  apapun yang telah kita bicarakan dan lakukan di kelas bersama saya,  kiranya dapat bermanfaat bagi kesiapan kita untuk menyongsong era Penilaian Kinerja Guru. Apa yang kita bicarakan dan lakukan di kelas belumlah selesai, dan menjadi tugas kita berikutnya untuk semakin mempertajam dan memperluas apa yang telah kita dapatkan di kelas.
  • Dengan membludaknya peserta pada kegiatan ini, saya melihat adanya fenomena kehausan dan kerinduan rekan-rekan Guru BK di lapangan untuk bisa mengikuti kegiatan-kegiatan keilmuan seperti ini.
  • Bagi saya, kegiatan  ini juga merupakan ajang nostalgia dan silaturahmi dengan rekan-rekan seperjuangan  ketika masih menempuh studi di PPB-FIP  IKIP Bandung.  Di samping itu, saya juga bisa silaturahmi langsung dengan beberapa teman yang selama ini  dikenal atau mengenal saya melalui blog  ini atau FaceBook.

=========

Bagi rekan-rekan BK yang tidak sempat hadir dalam kegiatan ini dan ingin mengetahui makalah dan tayangan slide dari pemateri atau aneka info lainnya,  silahkan bergabung dan mengunduhnya  di  Group FaceBook MGBK  Nasional

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

21 tanggapan untuk “Seminar, Workshop dan Rakernas MGBK Nasional di Bandung”

Komentar ditutup.