Info PP No.15 Tahun 2012 tentang Kenaikan Gaji PNS

I ni mungkin berita tahunan yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh para Pegawai Negeri Sipil. Pada tanggal 6 Februari 2012 lalu, Presiden RI telah menetapkan dan menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2012 tentang Perubahan Gaji Pegawai Negeri Sipil, beserta lampirannya, yang diberlakukan sejak 1 Januari 2012.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Badaruddin,  sebagaimana dirilis oleh Antara.News,  bahwa besarnya kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil ini sekitar 10 persen dan rapel akan dibayarkan pada  bulan Maret 2012 mendatang. Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar, menyebutkan bahwa gaji tersebut di luar tunjangan keluarga yang besarnya untuk istri/suami sebesar 10% dari gaji pokok dan anak 2% dari gaji pokok, tunjangan pangan sebesar nilai beras per 10 kg per orang, tunjangan jabatan untuk pejabat struktural maupun fungsional serta tunjangan umum untuk yang tidak memegang jabatan struktural maupun fungsional.

Berdasarkan tabel lampiran Peraturan ini, tampak gaji terendah yang diterima seorang PNS adalah sebesar Rp. 1,260,000,-  yaitu bagi  PNS golongan II.a dengan Masa Kerja 0 Tahun, sedangkan gaji tertinggi sebesar Rp.  4,603,700,- bagi  PNS golongan IV.e dengan Masa Kerja 32 Tahun atau lebih.

Sesuai dengan konsideran isi peraturan ini bahwa perubahan gaji  ini dalam rangka meningkatkan daya guna,  hasil guna dan  kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil.

Namun di lain pihak, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, mengatakan bahwa kenaikan gaji PNS ini bersifat umum. “Itu umum saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Bukan seperti tunjangan kinerja,” kata Azwar kepada Jawa Pos .

Ungkapan ini sepertinya memberikan sinyal pesimistik kepada  kita bahwa  kenaikan gaji ini tampaknya tidak akan banyak berkolerasi dengan kinerja PNS.
Bagaimana menurut Anda?

=========

Jika Anda ingin mengunduh Peraturan  ini dan lampirannya, silahkan klik tautan di bawah ini:

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Dikaitkatakan dengan: , , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
115 comments on “Info PP No.15 Tahun 2012 tentang Kenaikan Gaji PNS
  1. Anonymous mengatakan:

    berbagai macam solusi sudah dilakukan untuk peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah.. tapi hasilnya… ya mulai dari portofolio, PLPG, UKG sekarang ada yang namanya PPG aduh…. ngajar ya gitu-gitu aja… administrasi gurunya ya.. TU-TU juga..
    kapan buat tenaga administrasi nya???

  2. anonymous mengatakan:

    saya sih netral aj, tapi bicara tentang guru(include kaseknya) terutama untuk tingkat SMA saya kok miris ya. saya pernah pemeriksaan rutin terutama untuk dana dari wali murid seperti uang gedung dan SPP, astaghfirullah ternyata mayoritas (say 80% up) untuk honor gurunya!!! sempet saya hitung ada yang menerima lebih dari 6 juta diluar gaji pokoknya dan penghasilan dari sertifikasi yg=1 x gaji pokok, itu perbulan loh!!! fantastis untuk kinerja spt “itu”.bisa lebih 10 juta perbulan kalo ditotal nerimanya. padahal itu di daerah yg UMR sekitar Rp.1,3jt an lo
    saya tdk bisa bayangkan kalo wali murid membaca laporan tersebut, bisa dibakar tuh sekolah.
    makanya jangan heran kalo banyak korupsi, guru k*****g berdiri maka murid ….tau sendiri lah.

  3. Anonymous mengatakan:

    kendalikan harga pasar lebih bermafaat dari pada gaji naik

  4. Noer Sobariah mengatakan:

    alhamdlilah……tapi masih banyak di kab.Bandung yang belum turun rapel tersebut termasuk saya,sudah diusulkan.KE DINAS……..dIkomfirmasi ke BANK JUGA KARENA DATA SUDAH ADA DI CATATAN TERLAMPIR…….KENAPA YA?

  5. Ach. Fauzan mengatakan:

    itulah enaknya jadi PNS. Mau kinerja baik/tdk, gaji tetep cair dan naik. Makanya tdk heran klo banyak pemuda alumni S1 yg ingin jadi PNS walaupun harus bayar jutaan rupiah.

Komentar ditutup.