Info PP No.15 Tahun 2012 tentang Kenaikan Gaji PNS

Info PP No.15 Tahun 2012 tentang Kenaikan Gaji PNS

Ini mungkin berita tahunan yang senantiasa ditunggu-tunggu oleh para Pegawai Negeri Sipil. Pada tanggal 6 Februari 2012 lalu, Presiden RI telah menetapkan dan menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2012 tentang Perubahan Gaji Pegawai Negeri Sipil, beserta lampirannya, yang diberlakukan sejak 1 Januari 2012.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Badaruddin,  sebagaimana dirilis oleh Antara.News,  bahwa besarnya kenaikan Gaji Pegawai Negeri Sipil ini sekitar 10 persen dan rapel akan dibayarkan pada  bulan Maret 2012 mendatang. Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar, menyebutkan bahwa gaji tersebut di luar tunjangan keluarga yang besarnya untuk istri/suami sebesar 10% dari gaji pokok dan anak 2% dari gaji pokok, tunjangan pangan sebesar nilai beras per 10 kg per orang, tunjangan jabatan untuk pejabat struktural maupun fungsional serta tunjangan umum untuk yang tidak memegang jabatan struktural maupun fungsional.

Berdasarkan tabel lampiran Peraturan ini, tampak gaji terendah yang diterima seorang PNS adalah sebesar Rp. 1,260,000,-  yaitu bagi  PNS golongan II.a dengan Masa Kerja 0 Tahun, sedangkan gaji tertinggi sebesar Rp.  4,603,700,- bagi  PNS golongan IV.e dengan Masa Kerja 32 Tahun atau lebih.

Sesuai dengan konsideran isi peraturan ini bahwa perubahan gaji  ini dalam rangka meningkatkan daya guna,  hasil guna dan  kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil.

Namun di lain pihak, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, mengatakan bahwa kenaikan gaji PNS ini bersifat umum. “Itu umum saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Bukan seperti tunjangan kinerja,” kata Azwar kepada Jawa Pos .

Ungkapan ini sepertinya memberikan sinyal pesimistik kepada  kita bahwa  kenaikan gaji ini tampaknya tidak akan banyak berkolerasi dengan kinerja PNS.
Bagaimana menurut Anda?

=========

Jika Anda ingin mengunduh Peraturan  ini dan lampirannya, silahkan klik tautan di bawah ini:

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL
115 comments on “Info PP No.15 Tahun 2012 tentang Kenaikan Gaji PNS
  1. Grosir Batik Collection berkata:

    gaji PNS mau Naik Lagi, saatnya tulisan ini di update..selamat buat para guru

  2. Juryanto berkata:

    tolong kami dengan gaji seorang guru yang sudah punya anak 3 sd,smp dan sma dengan gaji 3juta untuk biaya 3 anak sekolah, harus nyicil kendaraan untuk tugas dan kapan beli rumah serta umpul-umpul untuk kuliah anaknya?bisakah dgn kehidupan yg sekarang? jd mhn ssertifikasi dipermudah.

  3. Jarot berkata:

    Kapan ni remonerasinya. Mohon bila menaikkan gaji PNS paling tidak sesuai dengan harga sembako dalam satu tahun berjalan.Terima kasih atas kebijakan pemerintah.

  4. Muslimin Mappe berkata:

    kasihan sekali guru pahlawan tanpa tanda jasa, kemarin telah mengikuti UKG, wah hasilnya …….sungguh ironisnya dibawah Standar

  5. Taufik Mulyana berkata:

    Kompetensi seorang guru tidak bisa dinilai dari tes atau UKG ,hanya melalui tes atau besar kecilnya nilai tes, tidak membuktikan dedikasi dia terhadap pendidikan atau pun kompetensi seorang guru, karena orang yang nilainya besar dalam tes atau orang yang pintar belum tentu bisa “mengajar” atau mendidik. maka nya seorang guru harus memiliki AKTA pendidikan atau ke pedagogikannya. oleh karena itu menurut saya seorang guru harus berlatar belakang pendidikan bukan NONDIK, sehingga tenaga kependidikan itu lebih profesional tidak usah diadakannya UKG. hanya pemborosan Anggaran, dan pemborosan waktu ..KAPAN GURU MAU BEKERJA DENGAN TENANG SEBENTAR BENTAR ADA KEGIATAN DILUAR SEKOLAH.

  6. suyoto berkata:

    mestinya si kenaikan gaji itu merata pada semua sektor tanpa ada deskriminasi. hanya mestinya yang berbeda ditunjangan iitu baru mantab

  7. adiprawito berkata:

    asibnya guru kok memprihatinkan yaaaa, apa dikira jadi guru itu gampang dan mudah seperti bikin tempe. Minimal syarat jadi guru itu pendidikannya minimal S1, kok itu diingat, bandingkan denga kwalifikasi minimal untuk jadi presiden misalnya!!!!!

  8. Anonim berkata:

    sunggu ironis, guru yang seharusnya di AGUNGKAN malah jadi bulan bulanan, trus bagaimana masa depan negara ini. MAJUNYA SUATU NEGARA KARENA PENDIDIKAN. CAMKAN HAI RAKYAT YANG MASIH INGIN HIDUP MAJU DI NEGARA INI, JANGAN MUDAH DI DEVIDE AT IMPERA SEPERTI JAMAN DULU.

  9. Anonim berkata:

    Jika kita lihat realitanya gaji naik 10% tapi sembako naik 20% jadi sama aja banyak ngutang

  10. yeni sufri yani berkata:

    ihhh…saya sih besyukur aja berapun gaji yg diterima ..saya yakin pemerintah pastilah sdh memikirkan berapa yg pantas..yang penting sekarang gimana kinerja kita dalam mengusung negara dan bangsa ini menjadi yg terbaik..terutama membawa anak2 bangsa ini menjadi anak kebanggaan kita semua…

Komentar ditutup.