Tunjangan Profesi Guru Segera Dicairkan?

Sebagaimana diberitakan tempointeraktif.com bahwa pada tahun 2010 ini Pemerintah  melalui Kemendiknas telah mengalokasikan dana untuk kepentingan pembayaran Tunjangan Profesi Guru sebesar Rp. 10.9 triliun, yang diproyeksikan untuk 379.343 guru,  kuota tahun 2006,2007, 2008 dan sebagian 2009.

Terkait dengan upaya pencairan Tunjangan Profesi Guru 2010, ada kabar gembira yang disampaikan oleh Sulistiyo, Ketua Umum PB PGRI,  melalui website resmi PGRI, per 29 Juni 2010. “Insya Allah tunjangan profesi guru dan tunjangan tambahan penghasilan bagi guru PNS sebesar Rp 250.000 per bulan, selama enam bulan bisa cair paling lambat awal Juli 2010″. Demikian, ungkapnya.  Sementara itu, ada rumor lain yang beredar di kalangan guru  dan pengawas bahwa tunjangan ini akan dicairkan sebelum lebaran.

Indikasi akan dibayarkannya tunjangan profesi ini bisa kita lihat pula dari diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan No.101/ PMK.05/2010 tentang Tata Cara Pembayaran Tunjangan Profesi dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen,  serta Tunjangan Kehormatan Profesor, yang ditandatangai Menteri Keuangan, per 12 Mei 2010.

Dalam peraturan ini memang tidak secara eksplisit menyebutkan kapan persisnya tunjangan ini bisa diterima oleh yang berhak, tetapi paling tidak dengan diterbitkannya peraturan ini  kita  memperoleh gambaran yang lebih optimistik.

Terlepas dari kepastian kapan akan dibayarkannya tunjangan profesi ini,  mungkin yang perlu kita pikirkan bersama adalah bagaimana pencairan tunjangan profesi ini benar-benar dapat berjalan linier dengan kinerja, sehingga anggaran yang demikian besar ini tidak lantas menjadi sia-sia. Karena bagaimanapun masyarakat, baik lingkungan internal  maupun eksternal pendidikan akan terus memantau tingkat efektivitas dan efisiensinya.

Jika Anda ingin mengunduh isi salinan Peraturan Menteri Keuangan tersebut, silahkan klik DISINI (Filenya  cukup besar sekitar 8 Mb-an)

=========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam BERITA DAN OPINI
102 comments on “Tunjangan Profesi Guru Segera Dicairkan?
  1. Anonymous mengatakan:

    kami hanya bisa pasrah dan terus berdoa semoga ada kebaikan hati bapak dan ibi untuk membantu kami trimakasih pak

  2. Anonymous mengatakan:

    assalamualaikum pak punten nh suami saya sudah lulus sertifikasi 2010 . sampe sekarang belum di cairkan. banyak banget alesan orang depag , sampe hati bertanta apakah bener di urus apa tidak? karna kami kurang biaya gitu untuk mengurusi sertiikasi itu

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.446 pengikut lainnya.