Hasil Penilaian Sertifikasi Guru

Upaya memperoleh sertifikat sebagai pendidik profesional tampaknya telah menjadi dambaan para guru di Indonesia, yang tidak hanya  dimaksudkan  untuk sekedar mendapatkan tunjangan profesi,  tetapi mungkin jauh lebih penting adalah memperoleh pengakuan formal bahwa dirinya sebagai seorang pendidik profesional, yang  dapat memberikan dampak terhadap peningkatan kinerja guru itu sendiri.

Seperti dimaklumi, bagi guru dalam jabatan  bahwa untuk memperoleh sertifikat sebagai pendidik profesional dapat dilakukan melalui dua cara yaitu melalui jalur:  (1)  penilaian portofolio/pemberkasan langsung; dan (2) pendidikan profesi.

Terkait dengan penyelenggaraan sertifikasi guru melalui jalur penilaian portofolio,  pemerintah telah menunjuk beberapa perguruan tinggi tertentu sebagai  lembaga yang berhak dan berwenang  untuk menyelenggarakan sertifikasi.

Guna menunjang kelancaran proses penyelenggaraan sertifikasi, beberapa perguruan tinggi telah mampu menyediakan website khusus yang dapat dijadikan sebagai media informasi dan komunikasi, khususnya  antara peserta sertifikasi dengan perguruan tinggi  penyelenggara.

Panitia Sertifikasi Guru  Rayon 15 Universitas Negeri Malang tampaknya merupakan salah satu perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi guru  yang telah mampu menyediakan fasilitas  website  yang jauh lebih terkelola, sehingga mampu menyediakan berbagai  informasi penting yang dibutuhkan peserta.

Tampilan  website yang bergaya blog ini memungkinkan terjadinya  interaksi dan diskusi dari setiap tulisan yang disajikan, dan dalam hal-hal tertentu Admin juga “turun tangan” bersedia membalas komentar yang ada.

Berdasarkan update informasi  per 21 dan 25 Juni 2010,  website tersebut telah meluncurkan pengumuman hasil penilaian sertifikasi portofolio tahun 2010 untuk jenjang Dikdas dan Dikmen.

Walaupun  tidak berkepentingan langsung,  saya sebagai insan pendidikan dan penggiat dunia maya, melalui kesempatan ini ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya  kepada Panitia Sertifikasi Guru  Rayon 15 Universitas Negeri Malang, khususnya kepada Admin website  terkait, yang telah mengembangkan sebuah  website yang sangat interaktif dan bermanfaat .

Saya berharap semoga saja apa yang telah dilakukan oleh Panitia Sertifikasi Guru  Rayon 15 Universitas Negeri Malang ini kiranya dapat diikuti oleh penyelenggara sertifikasi guru lainnya, sehingga para peserta sertifikasi  dapat terbantu dalam mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan  terkait dengan proses sertifikasinya.

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL
22 comments on “Hasil Penilaian Sertifikasi Guru
  1. solihin yulianto mengatakan:

    sertifikasi merupakan kewajiban, langkah kongkrit memajukan pendidikan harus disertai dengan tindakan yang kongkrit pula. ketenangan dalam melaksanakan profesi merupakan faktor psikologis internal yang dapat melahirkan ide-ide dan pemikiran yang segar, konsep dan landasan yang kuat, bukan dengan perut kosong.

  2. tifazhu mengatakan:

    sertifikasi ok tapi ternyata telah jauh dari harapan, banyak guru yang sama sekali tidak profesional, bahkan boleh dikatakan kinerjanya buruk tapi tetap lolos, itulah Indonesia, program baik tapi proses not know, hasil apa lagi, “mau dibawa kemana”

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s