Program Pengawasan Sekolah

Program Pengawasan Sekolah: Perencanaan, Pelaksanaan dan Pelaporan Pengawasan : Pengawas satuan pendidikan bertanggung jawab untuk membina, memantau, …

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dalam pasal 19 tentang standar proses dan pasal 55 mengenai standar pengolaan menyebutkan bahwa setiap satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran, serta pengawasan proses pembelajaran yang efektif dan efisien diperlukan kegiatan pemantauan, supervisi, evaluasi dan pelaporan, serta pengambilan langkah tindak lanjut hasil pengawasan.

Tugas ini dipercayakan kepada pengawas satuan pendidikan bertanggung jawab membina, memantau, dan menilai satuan pendidikan. Dalam melaksanakan tugas tersebut pengawas tentu harus menyusun program, melaksanakan serta menyampaikan laporannya.

Berkaitan dengan Perencanaan Pengawasan, pengawas dituntut untuk membuat program pengawasan sekolah,  mencakup: (a) program pengawasan tahunan, (b) program pengawasan semester (c) rencana kepengawasan akademik (RKA) dan (d) rencana kepengawasan manajerial (RKM).

Sementara berkaitan dengan Pelaporan Pengawasan, pengawas dituntut untuk membuat Laporan Pelaksanaan Pengawasan  yang disusun secara  lengkap, dengan data yang akurat, menggunakan bahasa baku, komunikatif dan mudah dipahami, penyajiannya menarik, dan enak dibaca. Demikian pula data yang disajikan dalam laporan pengawas harus akurat, artinya benar-­benar sesuai dengan data yang terdapat pada sekolah yang dibinanya.

Setiap pengawas sekolah membuat laporan per sekolah dan seluruh sekolah binaan. Laporan ini lebih ditekankan kepada pencapaian tujuan dari setiap butir kegiatan pengawasan sekolah yang telah dilasanakan pada setiap sekolah binaan.

Laporan hasil-hasil pengawasan di semua sekolah binaannya sebanyak satu laporan untuk semua sekolah binaan dengan sistematika yang telah ditetapkan. Laporan ini lebih merupakan informasi komprehensif tentang keterlaksanaan, hasil yang dicapai, serta kendala yang dihadapi oleh pengawas yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas pokok pada semua sekolah binaan

Informasi selengkapnya tentang Perencanaan, Pelaksanaan dan Pelaporan Pengawasan dapat diunduh DISINI

===========

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

25 tanggapan untuk “Program Pengawasan Sekolah”

  1. mohon di blog ini juga memuat PREDIKSI SOAL UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH ONLINE, sehingga dapt membantu kreativitas belajar sang pengawas, ………..Trim

  2. Pengawas dalam kedinasan sangat diperlukan untuk mengevaluasi langsung dari lapangan namun kondisi kenyataan kurang mendapat perhatihan serius …………….

  3. Terima kasih Pak atas tulisannya, sangat bermanfaat. Tulisan lainnya sangat ditunggu untuk berbagi dan menambah wawasan para pengawas.

  4. Terima kasih Pak Akhmad, saya awam dalam tupoksi Pengawas maklum sk pengangkatan baru beberapa hari yg lalu diterima, tapi dengan tulisan Bapak sudah ada gambaran yang jelas dan kalau ini benar-benar terlaksana optimis mutu pendidikan di negeri ini akan meningkat, insyaAllah

Komentar ditutup.