Pengembangan Kinerja Konselor/Guru BK

Pengembangan Kinerja Konselor : Pengurus ABKIN Cabang Kabupaten Kuningan kembali menggelar seminar sehari yang bertemakan “Pengembangan Kinerja Inovatif Guru BK”, dengan ….

Pengurus ABKIN Cabang Kabupaten Kuningan kembali menggelar seminar sehari yang bertemakanPengembangan Kinerja Inovatif Guru BK“, dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman para guru BK dalam mengembangkan kinerjanya secara inovatif, sebagaimana diisyaratkan dalam PERMENDIKNAS No. 27 Tahun 2008 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Konselor.

Kegiatan seminar ini  akan dilaksanakan pada hari Kamis 19 Maret 2009, bertempat di Restorant Lembah Ciremai. Bertindak sebagai pemateri DR. Uhar Suharsaputra, M.Pd. dari Universitas Kuningan, dan saya sendiri diminta untuk menjadi moderator.

Seminar ini terselenggara atas kerja sama antara ABKIN Cabang Kuningan yang diketuai oleh Drs. H. Yayat Iman Hikayat dengan Universitas Kuningan, diikuti oleh para guru BK SMA, MA, SMK dan pengurus  MGBK  SMP Kabupaten Kuningan, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

15 tanggapan untuk “Pengembangan Kinerja Konselor/Guru BK”

  1. saran saya jadikan guru BK sebagai ladang ibadah untuk membantu mengarahkan hamba Allah (peserta didik) utk menjadi hamba yg sholeh/sholehah, mengenai administrasi dan hal-hal yg lain yg penting punya wadah yg benar (ABKIN, MGBK) Insya Allah semua akan menjadi lancar. Bravo utk guru BK !

  2. memang selama ini guru BK dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi siswa terutama siswa yang berlangganan dengan masalah. tapi saya selaku guru BK berusaha memunculkan metode dan trik baru untuk anak-anak (SMA)agar paradigma tersebut berubah seiring dengan perkembangan kognitif mereka. hubungan interpersonal dengan siswa dan lebih menghargai siswa dengan cara membina komunikasi yang tepat sasaran kepada anak akan membantu dalam mengatasi masalah dan mencegah masalah tersebut datang lagi merupakan cara yang saya terapkan selama lebih dari 2 tahun ini dan hasilnya sangat memuaskan karena siswa bisa lebih merasa percaya diri, terbuka, dan menghargai serta menganggap guru BK adalah sehabat sehari-hari. jadi tidak ada lagi kalimat guru BK sebagai polisi sekolah.
    Selamat berkarya dan teruslah berinovasi

  3. Saya guru pembimbing di salah satu SMA negeri di Prov.Kep.Babel. informasi di sini memang sangat langka belum lagi over load tugas karena berbagai pihak menumpahkan ‘kasus’ siswa pada BK belum lagi posisi rangkap sebagai “polisi sekolah” memang masih klasik pd guru BK. Belum jelasnya jam tugas jg masih banyak menghantui petugas bimbingan.MGBK baru ada satu tahun ini.So…ABKIN, Kolega yang mau ngasih masukan ttg perjuangan BK, di tunggu ya…
    @Anne Rachmawati
    Blog ini saya jadikan media advokasi BK, agar orang dapat memahami secara benar tentang BK

  4. saya guru bk di sma negeri di kabupaten bogor…saya jujur saja sebenarnya masih bingung prgram bk secara baku (bentuknya, saya tahu proram bk dibuat sesuai kebutuhan sekolah dan siswanya tapi modelnya seperti apa????? please kalo ada informasi

Komentar ditutup.