Pengembangan Kinerja Konselor/Guru BK

Pengurus ABKIN Cabang Kabupaten Kuningan kembali menggelar seminar sehari yang bertemakanPengembangan Kinerja Inovatif Guru BK“, dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman para guru BK dalam mengembangkan kinerjanya secara inovatif, sebagaimana diisyaratkan dalam PERMENDIKNAS No. 27 Tahun 2008 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Konselor.

Kegiatan seminar ini  akan dilaksanakan pada hari Kamis 19 Maret 2009, bertempat di Restorant Lembah Ciremai. Bertindak sebagai pemateri DR. Uhar Suharsaputra, M.Pd. dari Universitas Kuningan, dan saya sendiri diminta untuk menjadi moderator.

Seminar ini terselenggara atas kerja sama antara ABKIN Cabang Kuningan yang diketuai oleh Drs. H. Yayat Iman Hikayat dengan Universitas Kuningan, diikuti oleh para guru BK SMA, MA, SMK dan pengurus  MGBK  SMP Kabupaten Kuningan, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL
15 comments on “Pengembangan Kinerja Konselor/Guru BK
  1. […] Pengembangan Kinerja Konselor/Guru BK […]

  2. rita mengatakan:

    saran saya jadikan guru BK sebagai ladang ibadah untuk membantu mengarahkan hamba Allah (peserta didik) utk menjadi hamba yg sholeh/sholehah, mengenai administrasi dan hal-hal yg lain yg penting punya wadah yg benar (ABKIN, MGBK) Insya Allah semua akan menjadi lancar. Bravo utk guru BK !

  3. farihah ismail mengatakan:

    memang selama ini guru BK dianggap sebagai momok yang menakutkan bagi siswa terutama siswa yang berlangganan dengan masalah. tapi saya selaku guru BK berusaha memunculkan metode dan trik baru untuk anak-anak (SMA)agar paradigma tersebut berubah seiring dengan perkembangan kognitif mereka. hubungan interpersonal dengan siswa dan lebih menghargai siswa dengan cara membina komunikasi yang tepat sasaran kepada anak akan membantu dalam mengatasi masalah dan mencegah masalah tersebut datang lagi merupakan cara yang saya terapkan selama lebih dari 2 tahun ini dan hasilnya sangat memuaskan karena siswa bisa lebih merasa percaya diri, terbuka, dan menghargai serta menganggap guru BK adalah sehabat sehari-hari. jadi tidak ada lagi kalimat guru BK sebagai polisi sekolah.
    Selamat berkarya dan teruslah berinovasi

  4. Anne Rachmawati mengatakan:

    Saya guru pembimbing di salah satu SMA negeri di Prov.Kep.Babel. informasi di sini memang sangat langka belum lagi over load tugas karena berbagai pihak menumpahkan ‘kasus’ siswa pada BK belum lagi posisi rangkap sebagai “polisi sekolah” memang masih klasik pd guru BK. Belum jelasnya jam tugas jg masih banyak menghantui petugas bimbingan.MGBK baru ada satu tahun ini.So…ABKIN, Kolega yang mau ngasih masukan ttg perjuangan BK, di tunggu ya…
    @Anne Rachmawati
    Blog ini saya jadikan media advokasi BK, agar orang dapat memahami secara benar tentang BK

  5. ela maya puspitasri mengatakan:

    saya guru bk di sma negeri di kabupaten bogor…saya jujur saja sebenarnya masih bingung prgram bk secara baku (bentuknya, saya tahu proram bk dibuat sesuai kebutuhan sekolah dan siswanya tapi modelnya seperti apa????? please kalo ada informasi

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s