Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan

Sejarah perjalanan perkembangan keyakinan dan pemikiran umat manusia tentang pendidikan telah melahirkan sejumlah filsafat yang melandasinya. Dari berbagai filsafat yang ada, terdapat tiga aliran paham yang dirasakan masih dominan pengaruhnya hingga saat ini, yang secara kebetulan ketiganya lahir pada jaman abad pencerahan menejelang zaman modern.

  1. Nativisme atau Naturalisme, dengan tokohnya antara lain. J.J. Rousseau (1712-1778) dan Schopenhauer (1788-1860 M). Pahaam ini berpendirian bahwa setiap bayi lahir dalam keadaan suci dan dianugerahi dengan potensi insaniyah yang dapat berkembang secara alamiah. Karena itu, pendidikan pada dasarnya sekedar merupakan suatu proses pemberian kemudahan agar anak berkembang sesuai dengan kodrat alamiahnya. Pandangan ini diidentifikasikan sebagai konsepsi pendidikan yang cenderung pesimistik.
  2. Empirisme atau Environtalisme, dengan tokohnya antara lain John Locke (1632-1704 M) dan J. Herbart (1776-1841 M). Aliran ini berpandangan bahwa manusia lahir hanya membawa bahan dasar yang masih suci namun belum berbentuk apapun, bagaikan papan tulis yang masih bersih belum tertulisi (Tabula Rasa, Locke ) atau sebuah bejana yang masih kosong (Herbart). Atas dasar itu, pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu proses pembentukan dan pengisian pribadi peserta didik ke arah pola yang diinginkan dan diharapkan lingkungan masyarakatnya. Pandangan ini diidentifikasikan sebagai konsepsi pendidikan yang cenderung optimistik.
  3. Konvergensionisme atau Interaksionisme, dengan tokohnya antara lain William Stern (1871-1939). Pandangan ini pada dasarnya merupakan perpaduan dari kedua pandangan terdahulu. Menurut pandangan ini, baik pembawaan anak maupun lingkungan merupakan faktor-faktor yang determinan terhadap perkembangan dan pembentukan pribadi peserta didik. Oleh karenanya, pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu rangkaian peristiwa interaksi antara pembawaan dengan lingkungan. Pribadi peserta didik akan terbentuk sebagai resultante atau hasil interaksi dari kedua faktor determinan tersebut. Pandangan ini diidentifikasikan sebagai konsepsi pendidikan yang cenderung rasional.

======

Materi terkait:

  1. Pengertian Filsafat
  2. Mengapa Manusia Berfilsafat?
  3. Filsafat Ilmu
  4. Hubungan Filsafat dengan Ilmu
  5. Hakikat Ilmu – Pengertian, Syarat dan Karakteristik Ilmu

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
18 comments on “Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan
  1. umam mengatakan:

    aliran scholarisme ga da y d filsafat pendidikan?

  2. musthofa mengatakan:

    assalamu’alaikum pak,maaf sebelumnya mengganggu ….
    saya mau tanya,
    “nativisme disebut juga pesimis paedagogik,jelaskan apa maksudnya?
    terima kasih.

  3. Akbar nur mengatakan:

    Apa perbedaan Empirisme Dengan Environtalisme ?

  4. chris mengatakan:

    udah bagus sekali and bagaimana bisa di donloadkah terima kasi kalu bisaaaa

  5. edi mengatakan:

    bagus…sy dapat tambahan materi filsafat, mga lbh rinci lg

  6. SHEVI PRIYANTI mengatakan:

    Terima kasih yach, Pa! Untuk semua penjelasan yang telah bapak paparkan dalam artikel ini. Setidaknya dapat membantu saya dalam menyelesaikan tulisan saya untuk membuat makalah mengenai filsafat pendidikan.
    Ok, saya tunggu artikel-artikel bapa selanjutnya yang sangat bermanfaat!

  7. Endang muharlayni mengatakan:

    Assallamualaikum wr.wb………..

    Makasih tulisannya, saya menunggu tulisan berikutnya………..

  8. widi mengatakan:

    Assalammualaikum…. saya senang bisa membaca artikel bapak,namun menurut saya masih kurang lengkap dan kurang mengulas lebih mendalam tentangriwayat hidup tokoh2nya sehingga menganut aliran filsafat tersebut.Saya mohon maaf kepada bapak jika ada kata2 saya yang menyinggung perasaan bapak. Waalaikumsallam

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s