Forum Pengawas

FORUM PENGAWAS SEKOLAH

Hingga saat ini perjalanan profesi pengawas dan kepengawasan sekolah tampaknya masih perlu ditegakkan dan dikembangkan lebih jauh lagi. Berbagai persoalan masih menyelimuti nasib profesi yang disebut-sebut sebagai tenaga penjaminan mutu pendidikan ini. Oleh karena itu, sengaja saya menyediakan ruang ini untuk dijadikan sebagai media silaturahmi di antara sesama keluarga besar Pengawas Sekolah di Indonesia. Saya mengajak Anda semua untuk berbagi pemikiran tentang upaya pengembangan Pengawas dan Kepengawasan Sekolah saat ini. Diskusi ini bersifat terbuka, dari Anda, oleh Anda dan untuk Anda. Saya percaya sekecil apa pun pemikiran Anda akan sangat bermanfaat bagi pengembangan Pengawas dan Kepengawasan Sekolah di Indonesia.

Semoga saja dengan adanya ruang ini dapat mengilhami dan memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membacanya untuk memperbaiki nasib dan mutu Pengawas dan Kepengawasan Sekolah di Indonesia.

Tagged with:
480 comments on “Forum Pengawas
  1. Sahar Udin mengatakan:

    Assalmualaikum Wr.Wb. Terimakasih atas ide sangat baik dari Forum Pengawas Sekolah Indonesia..ya minimal forum ini tempat menggalang solidartas dan curhat para pengawas, Jabatan Pengawas adalah jabatan karier hanya bisa dijabat oleh PNS berstatus guru….namun fenomena jabatan pengawas di lapangan masih terkesan belum diberdayakan sesuai tufoksinya, sdh menjadi rahasia umum. Pertanyaannya, sejauh mana peran dan kiprah pengawas selama ini terhadap perkembangan sekolah?. Pandangan sy cukup sederhana (juga berprofesi sebagai pengawas), pertama: kita harus bangga dan bersyukur sebagai pengawas, jabatan pengawas adalah amanah, penghargaan pimpinan terhadap jabatan dan pretasi guru, bukan jabatan yang diminta kepada pimpinan (rekrutmen pengawas mestinya melalui mekanisme yang benar). kedua: menjadi pengawas yang pembelajar….ungkapan “guru lebih pandai semalam dari siswa” mengkin juga masih relevan dgn ….”pengawas lebih pandai semalam dari guru”. Guru dilahirkan dan belajar di jaman komputer/internet, sementara pengawas mungkin belajar dan dilahirkan di jaman mesin ketik. Forum ini barangkali menjadi salah satu wadah Pembelajaran kita semua. Tksh.

  2. Melky La mengatakan:

    Pertama-tama saya menyampaikan terima kasih kpd bpk yg sdh menyediakan ruangan ini utk pengawas sekolah,besar harapan saya melalui media ini akan ada ide-ide cemerlang dari sang pengawas untuk meningkatkan mutu pendidikan, salam sukses utk semua teman pengawas di seluruh nusantara, negeri tercinta.

  3. Surono Budimandoyo mengatakan:

    forum ini bagus untuk pengawas sekolah, namun belum banyak yang bisa partisipasi, ayo kita cermati permenpan rb no 21, masalah buat kita !

  4. Ahmad Umar M mengatakan:

    Saya pengawas SD di daerah eks transmigrasi Kab. Muaro Jambi Prov. Jambi. Pengawas memiliki peran yang menentukan dalam penjaminan mutu pendidikan terutama untuk wilayah dipelosok seperti tempat tugas saya. Kepala Sekolah perlu mendapatkan pengawasan sekaligus pembinaan menyangkut bidang akademik dan manajerial. Perkembangan berjalan demikian pesatnya. sehingga pendidikan juga harus berpacu dengan kencang. Proses pendidikan pada pokoknya terjadi di kelas yang justru secara kuantitas mendapatkan perhatian yang minim. Minimnya perhatian tersebut diakibatkan tenaga PTK (guru dan Kepsek) belum mampu menumpahkan perhatiannya dan waktunya secara utuh terhadap pengelolaan pendidikan di sekolah. masalah yang mempengaruhi sangat komplek. Contohnya : ketika diadakan pembinaan profesional melalui KKG pengawas mendapatkan kenyataan bahwa guru sulit mencapai kesepakatan mengenai waktu pelaksanaannya, jika dilakukan sampai lewat jam dinas, tenaga guru banyak yang terikat dengan kewajiban seperti memasak untuk keluarga bagi guru yang berstatus sbg ibu rumah tangga, waktu guru di luar jam dinas juga terikat dengan kegiatan mencari nafkah terutama guru yang statusnya honor dgn besar honor Rp 200.000 s.d Rp 400.000, – perbulan. Dengan kondisi tersebut waktu untuk pembinaan profesional melalui KKG menjadi sangat minim sedang cakupan materi pengembangan diri guru begitu banyak. Untuk contah pertama solusinya guru seharusnya dapat menyediakan waktu di luar jam dinas untuk pengembangan diri (diperlukan regulasi yang mengatur masalah ini). Untuk contoh kedua perlu adanya perhatian semua pihak terutama pemerintah untuk dapat meningkatkan kesejahteraan guru honor. Kesimpulan Mutu pendidikan tentu sangat bergantung akan kualitas proses pembelajaran yang di lakukan guru dan mutu guru sangat ditentukan oleh sejauh mana guru dapat mengembangkan diri melalui organisasi KKG,

  5. Mustarom Ardiansyah mengatakan:

    Yang paling penting kita harus bangga dg profesi yang disandangnya.maka selanjutnya kita akan melaksanakan TUPOKSDI dengan penuh tanggungjawab

  6. Dirgo Noto mengatakan:

    kok tiada jawaban ya?

  7. Dirgo Noto mengatakan:

    Assalamu Alaikum Wr Wb.
    1. Pengawas sekolah berkewajiban membina 40 guru. Apakah guru yang dibina harus
    sama dengan latar belakang pendidikan pengawas. misalkan pengawas Penjasorkes
    apakah hanya boleh membina 40 guru penjasorkes saja.
    2. Apakah pengawas sekolah yang berijazah S1 Matematika dan bersertifikat pendidik
    Matematika boleh membina 40 guru penjasorkes.
    3. Mohon jawabannya karena saya merasa kesulitan mendapatkan 40 guru penjasorkes
    karena guru penjasorkes dibagi dua dengan pengawas yang bukan berlatar belakang
    penjasorkes (S1 maupun sertifikat pendidik).
    Terima kasih, Wassalamu Alaikum Wr Wb.

  8. Patliansyah Bjb mengatakan:

    Ass.. wr.wb
    Buat pengawas pendidikan agar segera menghentikan layanan padamu.siap.web.id, karena 1. kemanan data didalamnya tidak terjamin
    2. didalam website resmi Pendidikan ada iklanya, perlu dipertanyakan hasil iklan itu untuk apa!!!

  9. Rus Rusman mengatakan:

    Coment nya ko gak dibalas semua pak ?

  10. Hayanuddin Nurung mengatakan:

    Assalamu Alaikum Wr Wb.
    perlunya menempatkan pengawas pada topoksinya, namun dalam pelaksanaan kegiatan yang diprogramkan oleh pemerintah lebih dahulu guru mengetahui melalui diklat dari pengawas, sehingga pengawas merasa tidak perlu melakukan tugas pengawas sebagai pembina, pembimbing,menilai dan melaporkan dikarenakan guru lebih dahulu mengetahui informasi yang dikeluarkan oleh pemerintah sedang pengawas tidak mendapatkan informasi tersebut.

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 13.390 pengikut lainnya.