Forum Bimbingan dan Konseling

FORUM GURU BIMBINGAN DAN KONSELING/KONSELOR
Perjalanan profesi konselor untuk menjadi sebuah profesi yang handal dan bermartabat tampaknya masih memerlukan perjuangan dan kerja keras dari semua pihak yang terkait, baik dari kalangan pakar, decision maker, dan terutama dari para praktisi Bimbingan dan Konseling itu sendiri. Oleh karena itu, melalui ruang ini saya mengajak Anda untuk berbagi pemikiran dan pengalaman seputar teori dan praktik Bimbingan dan Konseling. Diskusi ini bersifat terbuka, dari Anda, oleh Anda dan untuk Anda. Saya yakin. sekecil apa pun pemikiran Anda akan sangat bermanfaat bagi pengembangan profesi yang mengemban misi untuk membahagiakan individu ini.
135 comments on “Forum Bimbingan dan Konseling
  1. lismanawardin berkata:

    Struktur Kurikulum k.13 tahun 2017

  2. Yuddo Suswanto berkata:

    Guru BK untuk pengembangan profesi hampir tidak tampak. Berbeda dengan guru mata pelajaran atau guru kelas. Sementara guru BK sangat membutuhkan hal itu. Beberapa bulan yang lalu saya diundang sebagai nara sumber dalam workshop peningkatan kemampuan guru BK dalam melakukan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling di Kab. Pasuruan. Wouuuuw….tidak menyangka seluruh yang hadir guru BK SMP, SMA dan SMK, responnya sangat luar biasa. Peserta workkshop merasa sangat mudah memahami tentang PTBK dan bagaimana teknik yang gampang dalam menulis hasil PTBK. Dengan menggunakan bahasa sendiri melalui bimbingan saya yang cukup efektif, membuat para guru BK merasa senang dan puas. Hasil refleksi dari para guru BK tersebut, sangat menyenangkan. Wokshop menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dengan strategi SAMBUNGAN ATI dipadukan dengan strategi UKD (Ungkap Kesulitan Diri). Apa yang saya lakukan ini mampu mengembangkan strategi koqnitip setiap guru sehingga pikiran-pikiran kritis dan inovatif menjadi bisa berkembang. Metode dan strategi tersebut sebelumnya telah saya terapkan dalam peningkatan kemampuan Pengawas sekolah di beberapa Kabupaten/Kota dalam menulis hasil penelitian tindakan sekolah (PTS). Tidak terabaikan untuk guru mata pelajaran/kelas.
    Latar belakang pendidikan saya adalah bimbingan konseling. Saya sampai dijenjang gol. IV/c menggunakan Bimbingan Konseling. Alhamd berhasil. Sekarang sudah masuk dalam jenjang IV/d. Semuanya lancar dan baik. Kini tinggal mengamalkan ilmu ini untuk para guru mata pelajaran/BK, maupun Pengawas sekolah yang seprofesi dengan saya. Kenalkan nama saya: Yuddo Suswanto, Pengawas Sekolah Kab. Lumajang. HP. 085230853941.

  3. Pusat Karir berkata:

    Saya adalah salah satu karyawan di pusatkarir.net yang concern terhadap karir dan masa depan anak. Dalam riset yang kami temukan ternyata 87% anak/siswa salah jurusan sehingga kami melihat ini adalah sebuah masalah besar. Alasan mereka hanya karena gengsi, ikut-ikutan teman, atau belum mengetahui minat mereka. Untuk itu kami mencoba membuat sebuah tes minat berbasis karir yang mampu melihat minat siswa dalam menentukan masa depan/ karir mereka, sehingga siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan meraih cita-citanya. Info lebih detail : http://www.pusatkarir.net

  4. Drs. jamaluddin berkata:

    dimohonkan agar petinggi pendidikan mulai dari Kadis, kepsek dan yang terkait agar benar-benar memahami fungsi BK. jangan menganggap BK itu tidak penting dalam pendidikan.

  5. A.Tholabi berkata:

    Sebsgai guru BK tentu ada suka dan duka. sukanya kalau program layanan bisa terpenuhi secara optimal. dukanya sampai saat ini guru bk diperlakukan selayaknya polisi sekolah walupun teorinya tidak ada. tapi kenyataan dilapngan guru bk belum bisa melaksanakan tugas secara profesional. sehingga semua permasalahan siswa seoalh-olah ada ditangan guru BK. kalau ada guru BK tidak galak maka dianggap lemah dan tidak berdaya.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s