Opini Pendidikan

OPINI ANDA

Ruang ini dipersembahkan bagi Anda yang ingin berpartisipasi mengekspresikan diri seputar teori dan praktek pendidikan. Diskusi ini bersifat terbuka, dari Anda, oleh Anda dan untuk Anda.Untuk menyemarakkan ruang ini, saya mengundang Anda untuk memberikan gagasan, komentar, atau mungkin kritik membangun tentang situasi pendidikan kita. Semoga saja pemikiran kritis Anda dalam ruang ini dapat mengilhami dan memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membacanya.

Tagged with:
468 comments on “Opini Pendidikan
  1. Site Title mengatakan:

    […] Opini Anda […]

  2. Idrus mengatakan:

    saya berencana membuat supervisi akademik berbasis TIK, menurut bapak/ibu menu apa saja yang dibutuhkan?

  3. SAKOBAR SMP mengatakan:

    Pendidikan tidak lagi pro rakyat. Pendidikan sudah diperdagangkan (sejak Indonesia menandatangani perjanjian GATS), dan yang bisa menikmati indahnya pendidikan nasional hanya orang-orang yang punya uang. Kembalikan pendidikan nasional pada hakikatnya: mencerdaskan kehidupan bangsa. Buat apa cerdas tapi tetap jadi budak?

  4. Margaretha Sri Sukarti mengatakan:

    Saat ini yang sangat urgen untuk diperhatikan oleh para orang tua, pendidik dan pemerintah adalah bagaimana kondisi pendidikan anak-anak remaja Indonesia, visi serta misi para generasi muda Indonesia, mulai dari siswa SLTA keatas.Kita harus sangat prihatin pada kelompok remaja Indonesia terutama yang tidak terpelajar/tidak sekolah sehingga cenderung menjadi trauble maker dan menjadi pelaku tindak kriminal dimasyarakat yang tidak sedikit jumlahnya.Mereka cenderung bersikap homo homini lupus bukan menjadi homo homini socius. Bagaimana kita ikut memikirkan dan berperan serta secara langsung terutama pada anak-anak remaja kita , agar lebih ada perhatian , tidak membiarkan anak-anak remaja hanyut oleh IT secara berlebihan dengan sikap hedonismenya. Kemajuan teknologi yang berupa alat komunikasi seperti hp dan sejenisnya, adalah alat yang telah menjadi madu dan racun, sebagai pisau yang bermata dua yang sangat tidak berarti positif bagi anak-anak. Alat tersebut akan lebih cenderung merusak dan menjadi racun daripada menjadi obat atau makanan sehat bagi anak-anak/ generasi kedepan. Marilah kita belajar untuk menjadi bijak dan waspada dalam penggunaan IT agar jangan menjadi alat yang menghancurkan generasi muda kita.

  5. Ignatius Kusumo Budiono mengatakan:

    Maju terus bangsa Indonesia, pendidikan maju Indonesiaku Jaya

  6. Ahmad Suaidi mengatakan:

    Saya senang dan banyak belajar dari materi-materi di blog ini.

  7. Deni Irwansyah mengatakan:

    GURU ITU DARI HATI
    Menjadi seorang guru bukanlah tugas yang ringan tetapi punya tanggung jawab yang berat. seorang guru adalah panggilan hati bukan karena dorongan atau niat yang lain, karena menjadi seorang guru adalah mengajarkan sesuatu ilmu kepada siswa supaya siswa menjadi berilmu. karena kita ketahui bahwa Allah menyuruh malaikat Jibril ketia Nabi Muhammad berada digua Hira dan kemudian di suruh untuk membaca, maka kalau kita terjemahkan bahwa itu adalah tugas yang berat yang harus dilakukan, malaikat jibril menyampaikan wahyu atas izin Allah. dan kemudian Nabi Muhammad menerima wahyu tersebut kemudian untuk disampaikan kepada seluruh manusia yang ada dimuka bumi. Nabi Muhammad adalah seorang guru yang besar yang mana harus mengajarkan apa yang telah diperintahkan. surat alqur;an pertama kali adalah Al-Alaq.
    kita yang sudah menjadi seorang guru bukan hanya berdasarkan pada tunjangan sertifikasi saja yang harus diterima tetapi apakah kita sudah benar menyampaikan ilmu ini benar-benar kepada siswa, selain daripada itu apakah administrasi yang memang hak kita harus dibuat apakah sudah kita rencakan diawal pembelajaran, perlu kita ketahui ada sekitar 20 administrasi yang harus dibuat seorang guru ketika dia harus mengajar diantaranya; 1. kalender pendidikan (sekolah)
    2. program tahunan
    3. program semester
    4. silabus
    5. analisis sk/kd
    6. prosedur penilaian
    7. rpp
    8. kkm
    9. jurnal/agenda guru
    10. buku absensi
    i11. daftar nilai
    12. buku pegangan (buku paket, modul, lks )
    13. bahan ajar berbasis ict (power point)
    14 kisi-kisi soal ulangan
    15. kartu soal
    16. analisis hasil ulangan
    17. program remidial
    18. program pengayaan
    19. kumpulan soal/bank soal
    20. penelitian tindakan kelas
    setelah semua itu dibuat maka tugas berikutnya adalah seorang guru harus mengajarkan ilmu kepada siswa dengan metode-metode yang berpariasi, sehingga proses belajar mengajar tidak boring. apakah itu sudah selesai tugas guru, mimpi kalau sudah habis tugasnya, berikutnya adalah guru menganalisis siswa tentang ilmu yang diajarkan, apakah siswa menerima atau mala semakin membingungkan siswa. selanjutnya guru mencari solusi tentang permasalahan itu. setelah itu tugas guru adalah mengetahui karakter-karakter siswa. jadi seorang guru itu harus punya pikiran yang cerdas, seorang guru harus lebih banyak membaca buku, ikut seminar tentang profesi guru, pendidikan dengan demikian ide yang ada di benak seorang guru tidak akan pernah mati. selalu menciptakan inovasi-inovasi yang baru. maka jika itu dilakukan, sudah pantas jika guru tersebut mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s