Berbagi tentang PTK dengan Anggota PGRI Cabang Cigandamekar-Kabupaten Kuningan

Penelitian Tindakan Kelas

Dalam upaya mendorong dan mengkondisikan guru-guru di Kabupaten Kuningan agar dapat melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas, PD-PGRI Kabupaten – Kuningan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan telah menggelar kegiatan workshop Penelitian Tindakan Kelas, yang diikuti oleh para guru yang ada di Kabupaten Kuningan. Kegiatan workshop dengan menggunakan pola inon-in service training ini berlangsung di beberapa tempat di Wilayah Kabupaten Kuningan dengan, menghadirkan beberapa orang fasilitator yang ditunjuk oleh panitia.

SD Negeri 1 Timbang Kecamatan Cigandamekar merupakan salah satu tempat yang dijadikan sebagai lokasi kegiatan, dimana saya sendiri diminta untuk bertindak sebagai fasilitator. Kegiatan in service training 1 yang saya fasilitasi ini dilaksanakan pada tanggal 22 -23 Desember 2014, diikuti oleh 32 peserta, yang sebagian besar adalah guru-guru SD yang bertugas di wilayah Kecamatan Cigandamekar.

Selama kegiatan in service training 1, selain dibekali pemahaman teoritis tentang Penelitian Tindakan Kelas, para peserta juga diajak berlatih secara praktis tentang teknis menyusun proposal PTK, menyusun kerangka teori, menyusun instrumen, mengumpulkan dan mengolah data, serta membuat laporan PTK.

Hasil kegiatan in service training 1 diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar bagi para peserta untuk melaksanakan dan menyusun laporan PTK yang sesungguhnya selama on job training. Pada semester yang akan datang, diharapkan seluruh peserta sudah dapat merampungkan penelitiannya dan membuat laporan PTK yang akan diseminarkan pada kegiatan in service trainng 2.

Selama kegiatan on job training, para peserta diminta untuk terus berkolaborasi dan saling memonitor perkembangan kegiatan penelitiannya dan jika diperlukan dapat berkonsultasi terkait dengan proses penelitian yang dilaksanakannya.

Semoga sekecil apapun yang telah dilakukan bersama selama kegiatan in service training 1 kiranya dapat semakin meneguhkan dan mengokohkan keyakinan dan kemampuan peserta dalam ber-PTK, sekaligus dapat terus menjaga profesionalisme diri di tengah-tengah suasana perubahan pendidikan yang terus-menerus dan kadang tak terprediksikan.

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s