Optimalisasi Peran Guru BK dan Wali Kelas dalam Kurikulum 2013

Optimalisasi Peran Guru BK dan Wali Kelas dalam Kurikulum 2013

Keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 tidak hanya bergantung pada peran guru mata pelajaran semata, tetapi memerlukan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan pendidikan di sekolah. Guru BK dan Wali Kelas merupakan dua komponen pendidikan di sekolah yang sesungguhnya memiliki peran strategis guna turut serta mensukseskan implementasi Kurikulum 2013 dan keberhasilan proses pendidikan di sekolah.

Sejalan dengan otoritas yang dimilikinya, Guru BK memiliki peran dan tanggung jawab untuk menjalankan berbagai layanan Bimbingan dan Konseling guna membantu para peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal sekaligus berupaya memfasilitasi para peserta didik dalam rangka memilih dan memantapkan peminatan akademik dan vokasionalnya, sebagaimana diisyaratkan dalam Kurikulum 2013.

Demikian pula wali kelas, dalam perannya sebagai sebagai pengelola kelas, tidak hanya dituntut melaksanakan kegiatan pencatatan administratif semata, tetapi jauh lebih utama adalah melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan dan pembimbingan. Upaya penerapan konsep dan prinsip Bimbingan dan Konseling oleh Wali Kelas dalam rangka efektivitas pembinaan dan pembimbingan peserta didik di kelas yang menjadi tanggung jawabnya tampaknya merupakan sebuah alternatif yang sangat mungkin untuk dilaksanakan.

Barangkali atas dasar itulah, Pondok Pesantren Husnul Khotimah Boarding School Manis Kidul-Kuningan telah mengundang saya untuk menjadi fasilitator dalam kegiatan pelatihan bagi para Guru BK dan Wali Kelas, dengan mengambil tema: “Optimalisasi Peran Guru BK dan Wali Kelas dalam Konteks Kurikulum 2013“. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 September 2014, bertempat di Ruang Auditorium Husnul Khotimah, diikuti oleh seluruh Guru BK dan Wali Kelas yang bertugas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah  Aliyah (MA) Husnul Khotimah.  Selama kegiatan berlangsung, para peserta pelatihan tampak sangat antusias dan kooperatif, terbukti dengan munculnya berbagai pertanyaan yang diajukan, baik yang bersifat prinsipil maupun teknis.

Akhirnya, sekecil apapun yang telah dibicarakan dan didiskusikan dalam kegiatan pelatihan ini, saya berharap semoga dapat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di lembaga pendidikan yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan ini.

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam ARTIKEL
12 comments on “Optimalisasi Peran Guru BK dan Wali Kelas dalam Kurikulum 2013
  1. […] Optimalisasi Peran Guru BK dan Wali Kelas dalam Kurikulum 2013 […]

  2. Mohammad Hakam mengatakan:

    setuju banget tentang keterlibatan wali kelas, masalahnya masih di temukan kasus di lapangan tentang keterlibatan guru, daan wali kelas kaitannya dengan BK, sangat minim.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s