Implementasi Kurikulum 2013

Implementasi Kurikulum 2013

Menindaklanjuti kegiatan In-Service Training tahap 1 yang telah dilaksanakan pada bulan Juli 2013 lalu dan On Job Learning tentang Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013, saya diundang kembali untuk mengikuti kegiatan In-Service Training tahap 2 yang diselenggarakan oleh P4TK IPA,  selama 2 (dua) hari  (11 s.d. 12 November 2013), bertempat di Gedung P4TK IPA, Bandung.

Kegiatan In-Service Training tahap 2 ini selain bertujuan melaporkan dan mendiskusikan hasil-hasil pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yang telah dilakukan para peserta, juga berusaha membekali peserta tentang berbagai informasi  tambahan terkait dengan Kebijakan Kurikulum 2013, diantaranya tentang: (1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; (3) Pendekatan dan Strategi Pembelajaran; (3) Penilaian Pembelajaran dan Model Raport; dan (4) Supervisi pembelajaran. Keempat materi pokok yang disajikan pada pelatihan ini bersifat kajian pendalaman yang dilakukan melalui kegiatan diskusi kelompok kecil dan  pleno kelas.

Berdasarkan hasil diskusi kelompok dan presentasi laporan hasil kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 yang disajikan para peserta, saya melihat bahwa Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah sasaran pada umumnya sudah dan sedang digelindingkan. Sebagian besar, guru-guru di kelas X SMA sudah menyadari akan arti penting kehadiran Kurikulum 2013. Kendati demikian, secara teknis dalam proses pembelajaran masih ditemukan beberapa permasalahan, terkait dengan pengembangan materi pelajaran yang kontekstual, penerapan strategi/metode pembelajaran yang berbasis saintifik dan penerapan teknik penilaian autentik, terutama dialami oleh guru-guru mata pelajaran yang saat ini  belum tersentuh langsung oleh Kebijakan Pendidikan Nasional. Selain itu, masih ada juga sekolah yang belum sanggup mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan IT untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa, baik karena faktor kompetensi guru itu sendiri maupun terbatasnya sarana dan prasarana.

Sebagai sebuah inovasi yang sedang disemaikan, perjalanan Kurikulum 2013 ini pasti tidak akan serta-merta berjalan secara sempurna. Oleh karena itu, upaya perbaikan yang berkelanjutan dalam pengelolaan kurikulum di sekolah dan praktik pembelajaran di kelas menjadi penting. Kegiatan pengembangan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengimplemantasikan Kurikulum 2013 perlu terus dilakukan, baik yang difasilitasi oleh sekolah, dinas pendidikan, dan terutama pemerintah pusat. Supervisi pembelajaran seyogyanya menjadi kebutuhan setiap guru dalam rangka perbaikan proses pembelajaran yang dilakukannya dan untuk memastikan diri sebagai seorang pembelajar yang terus berusaha belajar mengasah kemampuan diri.

=======

Berikut ini sebagian oleh-oleh dari pelatihan yang bisa saya  tampilkan di  blog ini:

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, PEMBELAJARAN
18 comments on “Implementasi Kurikulum 2013
  1. irmawati thahir, M.Pd mengatakan:

    betul pak implementasi kurikulum 2013 perlu dibuat analisis kebijakannya dan juga monitoring dan evaluasinya untuk perbaikan lebih lanjut

  2. muchammadarwani9h12 mengatakan:

    […] Implementasi Kurikulum 2013 […]

  3. Federia Wati mengatakan:

    maaaf pak sebelumnya!!
    tapi saya sebagai pelajar smk sebenarnya masih belum paham mengenai proses pembelajaran kurikulum 2013, dan saya juga belum paham bagaimana cara guru memberikan penilaian kepada muridnya, sampai sekarang saya juga sering membuka dan membaca artikel ataupun blog yang mengenai kurikulum 2013, tapi tetap saja saya tidak paham.
    saya sering merasa bahwa kurikulum 2013 ini sangat sulit di bandingkan kurikulum yang saya pelajari sebelumnya!!

  4. ysack mengatakan:

    menurut saya kurikulum 2013 sangat bagus dan sangat cocok jaman yang seperti sekarang ini.yaitu pembelajaran yang bersifat kontekstual.saya cuman mengharapkan pemerintah yang bertanggung jawab di bagian pendidikan yakni dinas PPO pusat dan dinas PdanK tlong laksnakan program trsebuit dengan adil.sebab di daerah pedlaman seperti kampung saya belum di terapkan kurikulum tersebut.tlong di beritahu ke dinas PPO DAERAH dan dinas PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN yang ada didaerah.

  5. Akhmad junaedi mengatakan:

    Ya ilmu itu tak terbatas,kita yang terbatas.minimal cara berpikir kita yang berubah dan itulah keterbatasan kita,trims friend.

  6. Fx Nathanael Siburian mengatakan:

    terima kasih banyak pak atas pemikirannya agar anak bangsa ini lebih baik lagi kita sdhbyk tertinggal dari malaysia yg merupakan mantan mrd .

  7. Andre Hans mengatakan:

    i dont understand about it ..

  8. siti hapsah mengatakan:

    benar sekali pak, implementasi kurikulum 2013 sangat perlu pendampingan saat saat awal di sekolah…..,dan masih banyak sekolah yang belum mampu implmentasi tersebut dengan dukungan IT yang maksimal….

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s