Berbagi tentang Menulis Artikel Ilmiah Populer di MGBK SMP Kota Cirebon

Berbagi tentang Menulis Artikel Ilmiah Populer di MGBK SMP Kota Cirebon

Beberapa waktu yang lalu saya menerima telepon dari Pak Drs. Maman Suryaman, Ketua MGBK SMP Kota Cirebon, yang intinya meminta kesediaan saya untuk mengisi acara pertemuan MGBK SMP Kota Cirebon. Karena beberapa alasan tertentu pada awalnya saya sempat menolak tawaran ini tetapi setelah mendapat penjelasan yang gamblang akhirnya saya pun memutuskan untuk menerima tawaran ini. Sesuai dengan kesepakatan dalam pembicaraan melalui telepon itu, pada hari Kamis, 07/11/2013, bertempat di ruang auditorium SMP Negeri 5 Cirebon, saya pun bisa hadir memenuhi permintaan Ketua MGBK SMP Kota Cirebon untuk berbagi pengalaman tentang “Menulis Artikel Ilmiah Populer”.

Meskipun dalam Terms Of Reference, panitia memberikan rambu-rambu kepada saya untuk mengejar tujuan pelatihan yang mencakup seluruh aspek kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru BK, tetapi mengingat waktu yang terbatas maka dalam kesempatan ini saya mengerucutkannya, dengan memfokuskan pada  pengembangan budaya menulis. Materi yang disajikan dalam pertemuan ini lebih mengedepankan aspek motivasional dan teknis menulis. Untuk aspek motivasional, saya menyampaikan tentang manfaat dan pentingnya menulis, sebagaimana dikemukakan oleh Hairston, Maxine (1986), bahwa:

  • Menulis membantu kita menemukan pengetahuan dan pengalaman yang telah kita simpan dalam pikiran bawah sadar kita.
  • Menulis menghasilkan ide-ide baru, merangsang pikiran kita untuk membuat koneksi-koneksi baru tentang topik yang kita tulis.
  • Menulis membantu kita untuk mengatur ide-ide kita, mempertajam konsep yang kabur atau sulit dipahami dan meletakkannya secara obyektif dan eksplisit (jelas dan gamblang).
  • Menulis membantu kita untuk menyerap dan menguasai informasi baru secara lebih baik.
  • Menulis membantu kita untuk memecahkan masalah dengan memperjelas elemen-elemen yang ada didalamnya dan menempatkannya secara visual, yang dapat diperiksa (diuji).
  • Menulis tentang suatu topik membuat kita menjadi pembelajar aktif bukan pasif penerima informasi.

Sementara untuk penguatan keterampilan menulis, materi disajikan dalam bentuk praktik menulis esai dalam 5 paragraf menggunakan otak kanan ala “Takon.ology” yang dikombinasikan dengan saran dari Pedoman Belajar Mahasiswa. Hasil praktik ini bisa dijadikan sebagai drafting untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel ilmiah populer.

Kegiatan MGBK ini dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Mutendik Bidang Pendidikan Dasar, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon. “Saya mendukung penuh kegiatan pengembangan kompetensi menulis dalam kegiatan MGBK ini, sebagai bagian dari upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru BK ”. Demikian, kata Kepala Seksi Mutendik Bidang Pendidikan Dasar ketika menyampaikan pidato sambutannya.

Penyajian diselingi dengan beberapa atraksi ice break untuk menghangatkan suasana dan dibantu dengan menyediakan Majalah Bimbingan dan Konseling yang saya bagikan kepada peserta secara cuma-cuma. Walaupun jumlahnya tidak mencukupi tetapi barangkali bisa dijadikan bahan refleksi melalui contoh-contoh artikel ilmiah yang tersaji dalam majalah tersebut.

Berdasarkan pengamatan terhadap hasil praktik peserta, saya melihat bahwa pada dasarnya peserta sudah mampu mengembangkan sebuah topik menjadi sebuah draft untuk dibuat menjadi artikel utuh. Sebelum acara berakhir, saya menyampaikan pesan, bahwa menulis bagi para pemula tak ubahnya seperti seorang bayi yang sedang belajar berdiri dan berjalan, dia akan jatuh bangun dan mungkin akan merasakan sakit. Tetapi itulah yang harus dilakukan oleh sang Bayi agar dia bisa berdiri, berjalan hingga mampu berlari kencang. Tanpa usaha yang jatuh-bangun dan menyakitkan itu niscaya dia  akan menjadi manusia yang hanya terkapar tak berdaya.

Akhirnya, semoga sekecil apapun kebersamaan saya dengan rekan-rekan Guru BK SMP di Kota Cirebon ini kiranya bisa dijadikan bekal untuk terus mengejar mimpi menjadi penulis yang hebat, dan menjadi guru BK yang hebat.

Selamat berkarya untuk pendidikan yang lebih baik, untuk pelayanan Bimbingan dan Konseling yang lebih baik dan untuk diri pribadi yang lebih baik…

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, SOSIOLOGI PENDIDIKAN
8 comments on “Berbagi tentang Menulis Artikel Ilmiah Populer di MGBK SMP Kota Cirebon
  1. […] Berbagi tentang Menulis Artikel Ilmiah Populer di MGBK SMP Kota Cirebon […]

  2. choyatin mengatakan:

    assalamu alaikum. pak akhmad sy minta tolong bisa dikirimi contoh RPP Tematik kurikulum 2013 kelas 1 & 4 agar bs sy gunakan sebagai acuan untuk pembinaan. terima kasih sebelumnya. wassalamu alaikum

  3. heri mengatakan:

    asslkum p:…
    boleh dwonk kpn2 menjadi penyaji di MGMP sosiologi kab.Cirebon..

  4. andi priyantoko mengatakan:

    Assalamu alaikum Pak, Pak, saya Guru BK di Kab. OKU Selatan, Sumatera Selatan. di sini belum ada MGBK pak, jd saya berinisiatif untuk membentuk MGBK sebagai wadah berbagi bagi guru BK. Jadi, saya mohon bantuan bapak agar kiranya membantu kami dalam upaya tersebut. Kalau ada proposal, AD ART ataupun apapun yang berkaitan tentang MGBK mohon saya dikirimkan email. Trima KAsih banyak,, Wassalamu alaikum wr.wb

    Pada 8 November 2013 16.24, tentang PENDIDIKAN

  5. muh. silmi sutanto mengatakan:

    Menulis memang benar-benar banyak sekali manfaatnya untuk para pelajar dan dari menulis sangat mudah menghafal sebuah pelajaran yang dirasa berat dan jenuh untuk mengikutinya , tetapi kalau kita lakukan dengan menulis dari sudut pandang dari sisi lain itu akan memberikan suatu ingatan dan akan selalu terngiang-ngiang dalam pikiran bahwa pelajaran yang sulit dan momok bagi siswa akan menjadikan pelajaran tersebut sebuah kekasih yang selalu di rindukannya

  6. Sususb mengatakan:

    Mohon Bapak berkenan meng-share tayangan power point Bapak agar lebih bermanfaat. Terimakasih.

  7. marhen mengatakan:

    betul skali pesan yg Bpk sampaikan, ketika sy mencoba menulis sering kesulitan memilih kata, merangkai kata, ttp tetap hrs mencoba

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s