Penilaian Angka Kredit Pengawas Sekolah

Penilaian Angka Kredit Pengawas Sekolah

Permeneg  PAN dan R B No. 21/2010 menyebutkan bahwa Pengawas Sekolah adalah jabatan fungsional. Konsekuensi sebagai jabatan fungsional, maka setiap kenaikan jabatan pengawas sekolah diperhitungkan berdasarkan perolehan angka kredit dari unsur utama dan unsur penunjang kegiatan pengawasan sekolah, sebagaimana tampak dalam tabel berikut ini:

UNSUR UTAMA:
PENDIDIKAN:
  1. mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan memperoleh gelar/ijazah;
  2. pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional calon Pengawas Sekolah dan memperoleh Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPP); dan
  3. mengikuti diklat fungsional Pengawas Sekolah serta memperoleh STTPP.
PENGAWASAN AKADEMIK DAN MANAJERIAL:
  1. penyusunan program;
  2. pelaksanaan program;
  3. evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan;
  4. membimbing dan melatih profesional Guru; dan
  5. pelaksanaan tugas kepengawasan di daerah khusus.
PENGEMBANGAN PROFESI:
  1. menyusun karya tulis ilmiah; dan
  2. membuat karya inovatif.
UNSUR PENUNJANG:
  1. peran serta dalam seminar/lokakarya di bidang pendidikan formal/kepengawasan sekolah;
  2. keanggotaan dalam organisasi profesi;
  3. keanggotaan dalam tim penilai angka kredit jabatan fungsional Pengawas Sekolah;
  4. melaksanakan kegiatan pendukung pengawasan sekolah;
  5. mendapat penghargaan/tanda jasa; dan
  6. memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya.

==================

Untuk kelancaran penilaian dan penetapan angka kredit Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah, Kemendikbud melalui Direktorat PPTK Dirjen Dikdasmen telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Calon Tim Penilai Angka Kredit Pengawas Sekolah, yang diikuti oleh para pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Badan Kepegawaian Daerah, Dosen, Pengawas Sekolah dari berbagai Kabupaten/Kota di Indonesia, bertempat di Hotel Kaisar, Jln. PLN Duren Tiga Pasar Minggu  Jakarta, berlangsung selama 5 hari (7-11 Oktober 2013).

Kegiatan Bimtek ini bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan peserta tentang kebijakan pemerintah tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya serta meningkatkan kompetensi peserta dalam melaksanakan penilaian angkat kredit  Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah.

Sungguh beruntung, saya termasuk salah satu peserta yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan untuk mengikuti kegiatan Bimtek ini, mewakili unsur pengawas sekolah.

Pelaksanaan Bimtek berlangsung secara interaktif dan menyenangkan dan selama mengikuti kegiatan Bimtek saya memperoleh berbagai pencerahan dari para narasumber yang terdiri dari Tim Pakar Perguruan Tinggi/LPTK,  Direktorat PPTK Dirjen Dikdasmen Kemendikbud dan Biro Kepegawaian Kemendikbud. 

Refleksi saya atas kegiatan Bimtek yang telah saya ikuti ini bahwa untuk menjadi Penilai Angka Kredit Pengawas Sekolah itu tampaknya tidak mudah. Selain harus memahami setiap unsur yang dinilai dan kriteria penilaian yang ditetapkan, juga harus dapat menjaga objektivitas dalam memverifikasi setiap bukti fisik yang diajukan. Bagi anggota Tim Penilai yang berasal dari unsur pengawas sekolah, dalam praktiknya sangat mungkin akan terjadi konflik interes dalam mengambil keputusan karena yang dinilai itu tidak lain adalah rekan-rekan seperjuangannya sendiri.  Tetapi barangkali itulah tugas yang sejatinya dilakukan oleh seorang penilai angka kredit, mampu menegakkan prinsip-prinsip penilaian dengan sebaik-baiknya.

Untuk membantu kelancaran tugas Tim Penilai dan agar proses penilaian dapat berjalan efektif seyogyanya setiap pengawas sekolah yang hendak mengajukan kenaikan jabatan kiranya dapat menyiapkan secara cermat dan lengkap segala bukti fisik yang diperlukan, dengan mengikuti rambu-rambu ketentuan yang ada sehingga pada gilirannya  tidak harus merepotkan diri sendiri maupun orang lain.

==================

Berikut ini saya sediakan tautan tempat menyimpan kumpulan file materi yang saya peroleh dari kegiatan Bimtek ini, di antaranya tentang:

  • Permeneg  PAN dan R B No. 21/2010
  • Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya
  • Rincian Kegiatan dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Pengawas Sekolah Unsur Utama Pengawasan Akademik dan Manajerial
  • Karya Tulis Ilmiah Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah
  • Penilaian Karya Ilmiah Terjemahan
  • Penilaian Karya Ilmiah Saduran
  • Prosedur Pengusulan dan Mekanisme Penilaian Angka Kredit Pengawas Sekolah

Materi Bimbingan Teknis Calon Tim Penilai Angka Kredit Pengawas Sekolah

==================

Catatan:

Berdasarkan informasi dari sumber yang terpercaya bahwa sampai dengan diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini draft revisi Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya belum juga disahkan oleh pejabat yang berwenang.  Oleh karena itu, saya berharap semoga saja dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, kiranya draft revisi Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya ini dapat segera disahkan untuk dijadikan pegangan pasti bagi para penilai maupun pengawas sekolah yang hendak mengajukan kenaikan jabatan.

==================

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, MANAJEMEN PENDIDIKAN
23 comments on “Penilaian Angka Kredit Pengawas Sekolah
  1. Cecep Suryana mengatakan:

    dengan adanya penilaian dupak online berarti dupak yang dikeluarkan sudah asli/ syah. untuk itu proses pengajuan keabsahan Dupak dari Kab. ke pusat, monon tidak ditempuh lagi, karena hanya akan memperlambat dan menambah sistem proses birokrasi yang panjang,sehingga merugikan bagi guru/ pengawas. peng SKan jadi terlambat.
    Cukup dengan Cek secara online. terimakasih atas perhatianya

  2. Sa'adah Ade mengatakan:

    pak, bisa minta alamat pengiriman usul PAK pengawas 2015…

  3. Zahit, S.Ps mengatakan:

    Apa Syarat Kab. Kota Menilai PAK Golongan IV

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s