Kongres dan Konvensi Nasional ABKIN Tahun 2013 di Bali

Kongres dan Konvensi Nasional ABKIN Tahun 2013 di Bali

Guna memenuhi amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan dilatari oleh semakin kompleksnya tantangan dan permasalahan kehidupan manusia pada abad XXI, Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) akan menggelar Kongres XII dan Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling  XVIII, bertempat  di Denpasar Bali,  14-16 November 2013,  dengan mengusung  tema:  “Profesi Konseling Bermartabat dalam Masyarakat Multikultural dan Modern“.

Kongres dan Konvensi ABKIN 2013

Dalam kesempatan ini, sejumlah tokoh Pendidikan dan pakar Bimbingan dan Konseling dari Indonesia dan Malaysia akan menyajikan makalahnya:

  • Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS. Wakil Menteri Bidang Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Kebijakan pemerintah dalam kaitan peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan bimbingan  konseling dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Prof.Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Kemendikbud,  “Peranan pendidik dalam meningkatkan pendidikan dalam masyarakat multikultural dan modern
  • Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons. Ketua Umum ABKIN, Universitas Negeri Semarang. “Kinerja Konselor bermartabat dalam mempersiapkan generasi emas pada masyarakat multikultural dan modern
  • Dato’ Dr. Ismail Alias. Presiden Persatuan Konseling Antarbangsa Malaysia (PERKAMA), Malaysia. “Profesi konseling bermartabat pada masyarakat multikultural dan modern dalam membentuk karakter budaya antar bangsa”
  • Prof. Dr. Prayinto, M.Sc.Ed., Universitas Negeri Padang. ” Profesi konseling integritas untuk mewujudkan kinerja konselor  bermartabat dalam membentuk karakter budaya antar bangsa dalam masyarakat multikultural dan modern“.
  • Prof. Dr. Mohamad Surya, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. “Pengembangan karir peserta didik melalui pelayanan konseling bermartabat dalam membentuk karakter budaya antar bangsa dalam masyarakat multikultural dan modern“.
  • Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. “Kolaboratif komprehensif pelayanan konseling pada satuan pendidikan dalam masyarakat multikultural dan modern“.
  • Prof. Madya Dr. Abd. Halim Mohd. Hussin, Sekretaris Jenderal Persatuan Konseling Antarabangsa Malaysia (PERKAMA), Malaysia. “Pengembangan teori dan praksis pelayanan konseling dalam masyarakat multikultural dan modern”.

Selain itu, akan disajikan pula berbagai makalah pendamping dari para peserta Kongres lainnya, dengan topik yang beragam.

Informasi selengkapnya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknis penyelenggaraan Kongres dan Konvensi ABKIN tahun 2013 di Bali ini, bisa Anda lihat melalui tautan di bawah ini:

Kongres XII dan Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling  XVIII ABKIN di Bali

Refleksi:

Selamat berkongres dan berkonvensi, semoga dapat berjalan sukses dan  melahirkan berbagai pemikiran dan keputusan penting guna kemajuan Pendidikan di Indonesia dan  kemajuan profesi Bimbingan dan Konseling,  yang hingga saat ini tampaknya masih memerlukan pengembangan dan penataan yang lebih baik lagi, dalam level teoritis maupun praksisnya.

Apa harapan Anda terhadap Konvensi dan Kongres ABKIN tahun 2013 ini?

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, SOSIOLOGI PENDIDIKAN
11 comments on “Kongres dan Konvensi Nasional ABKIN Tahun 2013 di Bali
  1. purwanita oktarina berkata:

    terimakasih,,,,,dan apakah kami bisa minta hasil konggres di bali untuk kami download ?krn kami tdk bs menghadirinya saat itu….mohon maaf dan skali lg terimakasih pak…

  2. Jajuli berkata:

    Selamat Berkongres….semoga BK di Indonesia semakin eksis dalam mengikuti alur Kurikulum 2013.

  3. Rahma Wira Nita berkata:

    Smg BK tetap berjaya

  4. Dewa berkata:

    Kita berharap hasil kongres ABKIN menghasilkan format Bimbingan Konseling yang sesuai dengan tuntutan Kur 2013 dan memiliki nilai tawar untuk pelaksanaan Kur 2013 tidak berhenti pada wacana, tetapi harus diperjuangkan dan dikawal dengan sepenuh hati bukan setengah2 dan harus melibatkan pengurus ABKIN Kabupaten/Kota. Ingat buku Panduan BK dalam pendidikan formal Th 2007 (buku biru) belum menjadi panduan yang semestinya.

  5. andang.nusa@yahoo.com berkata:

    Powered by Telkomsel BlackBerry®

  6. marwandikons berkata:

    Selamat berkongres semoga mendapatkan hasil dan tujuan yang dihapkan

  7. bambang berkata:

    semoga dlm pertemuan nanti akan membawa banyak perubahan dlm dunia pendidikan terutama bimbingan konselung, mengingat kurikulum 2013, BK ujung tombak dlm pembentukan perilaku /kepribadian anak didik demi bangsa 20 – 100 tahun kedepan, senada dngn harapan2,, mengcopy paste nellychandrawati itulah harapan semoga BK kedepan semakin “baku”. selamat berkongres !, kita nunggu postingan makalahnya pak .

  8. hidayat berkata:

    Salam untuk Bapak Prayitno dan nara sumber lainnya, semoga acaranya sukses dan bermaanfaat bagi layanan BK.

  9. nellychandrawati berkata:

    Semoga dengan pelaksanaan Kongres dan Konvensi Nasional ABKIN Tahun 2013 di Bali tergambarkan secara jelas bagaimana posisi layanan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013, tidak menimbulkan keresahan dikalangan guru BK/Konselor. Harapan kita program kerja serta dasar-dasar metoda pelaksanaan BK sudah baku seperti bidang studi lainnya. Semoga pakar-pakar BK memiliki kesatuan pendapat. Kita bersatu demi kemajuan pendidikan Indonesia. Salam ….

  10. Ratifa Iriani berkata:

    Terima nkasih atas infonya. semoga dapat pahala yg setimpal dari Allah SWT.

    ________________________________

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.