Download Materi Diklat Peminatan Peserta Didik

Download Materi Diklat Peminatan Peserta Didik

Dalam upaya memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan para kepala sekolah dan pengawas sekolah,  Kemendikbud  telah menerbitkan Materi Diklat Peminatan Peserta Didik  bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Selain  menyajikan tentang berbagai konsep yang betalian dengan peminatan peserta didik, buku ini juga membahas tentang menajemen dan teknis pelaksanaan peminatan peserta didik di SMA/SMK, yang disertai dengan beberapa contoh format/blanko isian yang  diperlukan untuk kepentingan teknis pelaksanaan Peminatan Peserta Didik.

Meski materi ini untuk kepentingan kegiatan Pelatihan Pengawas Sekolah dan Kepala sekolah, tetapi didalamnya juga terdapat materi yang terkait dengan peran Guru BK/Konselor di sekolah. Jika Anda ingin mengunduh materi Diklat Peminatan Peserta Didik ini. Silahkan klik tautan di bawah ini:

Materi Diklat Peminatan Peserta Didik

Buku ini saya dapatkan dari kegiatan Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh P4TK-MIPA, bertempat  di Hotel  Lembang Asri, Bandung Barat, 8 – 14 Juli 2013.

Semoga bermanfaat!.

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, BIMBINGAN DAN KONSELING
13 comments on “Download Materi Diklat Peminatan Peserta Didik
  1. Nelly Chandrawati berkata:

    Alhamdulillah atas informasi yang sangat bermanfaat ini Pak.

  2. NACEP JAMALUDIN berkata:

    TERIMA KSH PA, INI SANGAT BERMANFAAT BAGI KAMI YANG “KURUNG BATOK” ALIAS TARA KABAGIAN DIKLAT

  3. SUPRIJADI berkata:

    Mohon Bpk kalau ada hasil dari Pelatihan Kurikulum 2013 yang lain saya dapat dikirimi via Email saya terimakasih

  4. SUPRIJADI berkata:

    Serahkan semua pada ahlinya di lapangan, kalau konsepnya saja membingunkan bagaimana implementasinya di lapangan, utamanya yang menyangkut masalah peminatan, karena hal ini tidak didukung sumber daya manusia yang memadai yaitu adanya kekurangan guru BK di masing-masing sekolah utamanya di SMA/SMK. Berpikirlah secara rasional berapa kebutuhan guru BK di SMA/SMK kalau menurut teori bahwa setiap 150 siswa harus ditangani oleh 1 orang guru BK, mohon ini dipenuhi terlebih dahulu baru ditrapkan di sekolah masalah PEMINATAN.

  5. Eny Jufriyah Sulistyo berkata:

    maturnuwun pak. infonya sangat bermanfaat bagi kami yang kebetulan ada sedikit masalah dengan keputusan sekolah tentang peminatan yang tidak sesuai dengan minat dan prestasi yg dimiliki keponakan saya. Kami sedang menunggu hasil setelah orangtuanya berkonultasi dengan BK

  6. Muh. Silmi Sutanto berkata:

    DENGAN ADANYA KURIKULUM BARU YANG SEOLAH-OLAH SANGAT DIPAKSAKAN PELAKSANAANYA, pEMERINTAH HARUS BERTANGGUNG JAWAB, BENTUK TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH HARUS ADA REGULASI KEBIJAKAN DARI PEMERINTAH PUSAT SAMPAI PEMERINTAH DAERAH, AGARF KEPALA DAERAH SEBAGAI OTORITAS POLITIK DI DAERAH MEMBUAT KEBIJAKAN YANG MELIPUTI YAITU ” IKLIM PENDIDIKAN HARUS TETAP KONDUSIF, SERTA BIAYA TETAP BISA DI ATASI DENGAN KEMAMPUAN MASYARAKAT ITU SENDIRI

  7. Muh. Silmi Sutanto berkata:

    PENDIDIKAN DI INDONESIA TIDAK TERLALU MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN PENDIDIK/GURU
    kebutuhan utama bukan perubahan kurikulum, tapi perubahan guru dan budaya belajar.
    “Guru harus profesional, jangan diintervensi birokrat pendidikan dan wali murid, tapi pembinaannya dilakukan oleh organisasi profesi guru. Budaya belajar juga dikembangkan dengan membangun budaya membaca yang sehat, pengalaman dan praktik diskusi kelas, budaya menulis, lalu beri kesempatan luas untuk berbicara,”

  8. MUH. SILMI SUTANTO berkata:

    kebutuhan utama bukan perubahan kurikulum, tapi perubahan guru dan budaya belajar.

    “Guru harus profesional, jangan diintervensi birokrat pendidikan dan wali murid, tapi pembinaannya dilakukan oleh organisasi profesi guru. Budaya belajar juga dikembangkan dengan membangun budaya membaca yang sehat, pengalaman dan praktik diskusi kelas, budaya menulis, lalu beri kesempatan luas untuk berbicara,”

    Pada 15 Juli 2013 23.12, tentang PENDIDIKAN

  9. vixtorro berkata:

    trims Pak. sangat bermanfaat

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.