Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara Kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 yaitu berkaitan dengan perencanaan pembelajaran. Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Meski tidak lagi direpotkan membuat silabus sendiri (diambil alih kewenangan guru?), seorang guru tetap saja dituntut untuk dapat memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama untuk kepentingan operasionalisasi pembelajaran. Oleh karena itu, upaya telaah (kajian) silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara mandiri maupun kelompok (khususnya melalui kegiatan bedah silabus dalam forum MGMP), sehingga diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami  seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut.

Sementara untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rencana Kegiatan Harian) tampaknya masih tetap menjadi kewenangan dari guru yang bersangkutan, yaitu dengan berusaha mengembangkan dari Buku Babon (termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.

Yang membuat penasaran dan mungkin sering menggoda fikiran kita, kira-kira seperti apakah RPP yang sejalan dengan semangat dan prinsip-prinsip pembelajaran yang dikehendaki oleh Kurikulum 2013?  Saya beruntung menemukan sebuah model RPP yang bisa kita jadikan referensi. Model ini saya peroleh dari komunitas FaceBook Ikatan Guru Indonesia, hasil Seminar Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Surabaya, 17 Maret 2013.

Memperhatikan contoh silabus dan RPP yang diajukan ini, saya melihat ada nuansa yang berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama ini, diantaranya:

  • Langkah-langkah pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara eksplisit dan detil tentang siklus eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada metode pembelajaran yang dipilih.
  • Nilai-nilai dalam pendidikan karakter tidak hanya sekedar “ditempelkan” dalam rumusan tujuan atau langkah-langkah pembelajaran.
  • Dan yang paling utama, pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru  lebih banyak menampilkan perannya sebagai pembimbing dan fasilitator belajar siswa (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).

=======

Anda ingin mengunduh Model Silabus dan RPP tersebut? Silahkan klik tautan di bawah ini:

Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013

Catatan:

Meski model RPP ini untuk kepentingan pembelajaran IPA di SMP,  tetapi saya melihat esensi tentang sistematika penyusunannya (bukan substansi dan sasaran kelasnya) sangat mungkin untuk diadaptasi dalam pembelajaran lainnya. Silahkan telaah lebih lanjut dan mari kita diskusikan dalam forum komentar di bawah ini untuk menyempurnakan dan melengkapinya!

Update:
Informasi seputar Kurikulum 2013, bisa dilihat dan diunduh melalui tautan di bawah ini:

Materi terkait:
Konsep Pengembangan Bahan Ajar

Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan,… Baca selengkapnya »

Apa Tujuan Pembelajaran itu?

Kegiatan menyusun rencana pembelajaran merupakan salah satu tugas penting guru dalam memproses pembelajaran siswa.… Baca selengkapnya »

Persiapan Mengajar

Persiapan mengajar pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau …Baca selengkapnya »

Konsep Sumber Belajar

Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang.… Baca selengkapnya »

Kurikulum dan Guru dalam Pendidikan

Kurikulum disebut-sebut sebagai inti pendidikan dan menjadi ciri utama sekolah sebagai institusi yang bergerak dalam pelayanan . … Baca selengkapnya »

Pembelajaran Inkuiri

Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh .… Baca selengkapnya »

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Dikaitkatakan dengan: , , , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
123 comments on “Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013
  1. Masdar Dhoank mengatakan:

    contoh silabus dan rpp banyak versinya, huft.. membingungkan mana yg valid//???

  2. Rusdiono mengatakan:

    Perlu pemahaman konsep kurikulum 2013 lebih dulu sebelum merencanakan dan melaksanakan, serta belum semua mata pelajaran dikembangkan KI/KD nya..
    Saya setuju contoh yang ada disini dapat dijadikan acuan pemikiran menyusun untuk mapel yang lain..

    Saran: Cari informasi dari sumber yang terpercaya agar tidak tersesat..

  3. Mirhanudin mengatakan:

    Kalo dari blog yang bagus ini belum dapat yang dicari ada informasi lengkap untuk bapak dan ibu guru jika ingin menambah perangkat Kurikulum 2013 yang baru dari SD, SMP dan SMA hanya satu kali klik ada di http://www.sekolahbaruku.blogspot.com barusan ketemu tadi.. moga manfaat ..

  4. alpansari mengatakan:

    kurikulum 2013 makin membingungkan

  5. missevi mengatakan:

    contoh RPP IPS SMP Kur 2013 diupload donk pak…

  6. Samuel mengatakan:

    Memang kadang membingungkan setiap pergantian silabus dan kurukulum seperti itu. Pertanyaannya manfaat apa di dapat dengan perubahan seperti itu?

  7. agus supriyadi mengatakan:

    untuk membuat 1 RPP/1KD butuh telaah KD yang rumit koneksitasnya, mungkinkah dikerjakan dalam 1 malam ?

  8. agus supriyadi mengatakan:

    untuk memahami kur 13 perlu pelatihan yang sangat intensip, begitu beratnya menuangkan silabus ke dalam rpp, kayaknya siswa smp itu dianggap Enstein semua.

  9. sriyati mengatakan:

    Kalau membaca artikel dari saudara bp sudrajat maka terdapat perbedaan yang banyak diantaranya pada PENGEMBANGAN SILABUSNYA pada kurikulum 2006 dan kurikulum 13 dimana guru dituntut memahami isi dari silabus yang ditentukan pleh pemerintah , klau gitu kita harus lebih banyak belajar untuk menimplementasikan kedalam perencanaan pembelajaran , walaupun kami belum mengetahui seperti apa to kurikulum 13
    , tapi saya tetap mendukung sukses kurikulum 13 walaupun baru diterapjkan pada sekolah 2 tertentu untuk th pelajaran 2013/2014. Sukses ……………………………………………………………..

  10. hendro widodo mengatakan:

    ya klow ilmu bagi-bagi ilmu ya biar bermamfaat orang banyak geh !!!!

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s