Uji Publik Kurikulum 2013 secara Online

Saat ini Kemendikbud sedang melakukan Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013 guna mendapatkan tanggapan, masukan, saran dari berbagai elemen masyarakat. Salah satu cara yang ditempuh dalam  Uji Publik ini adalah melalui saluran online yang telah disediakan pihak Kemendikbud.

Bagi Anda yang ingin menyuarakan aspirasi dan harapan Anda terhadap kebijakan rencana perubahan kurikulum ini, silahkan mengunjungi website tersebut,  di sana telah disediakan ruang komentar untuk Anda. Pastikan kepada mereka bahwa kita benar-benar menginginkan dan merindukan sistem pendidikan yang dapat mengantarkan seluruh anak negeri ini menuju kehidupan yang lebih baik. Pastikan kebijakan pendidikan yang satu ini membawa kebajikan untuk kita semua.

Khusus kepada seluruh keluarga besar Bimbingan dan Konseling, saya berharap Anda bisa berpartisipasi untuk menyuarakan kepentingan Bimbingan dan Konseling yang selama ini tampaknya masih termarjinalkan. Dalam draft Pengembangan Kurikulum 2013 yang diajukan sama sekali tidak disinggung keberadaan Bimbingan dan Konseling, yang ada malah hendak meniadakan Pengembangan Diri  yang didalamnya terdapat Bimbingan dan Konseling. Sejujurnya, saya masih belum memperoleh kejelasan arah, sesungguhnya mau dibawa kemana Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 ini. Menuju ke sesuatu yang lebih baik ataukah justru sedang meluncur terjun bebas?

Oleh karena itu, mari kita penuhi ruang komentar di sana dengan berbagai pemikiran dan gagasan Anda. Mudah-mudahan dengan terus membangun opini, kita bisa mewarnai pemikiran para pengambil keputusan untuk menunjukkan keberpihakannya kepada Bimbingan dan Konseling.  Sekecil apapun yang Anda  sampaikan di sana, saya yakin akan sangat berarti  bagi keberlangsungan profesi kita.

Jika Anda tidak sempat berkunjung ke sana,  silahkan sampaikan saja di ruang komentar ini

==========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, SOSIOLOGI PENDIDIKAN
158 comments on “Uji Publik Kurikulum 2013 secara Online
  1. aulia ramadani berkata:

    Saya sangat tidak setuju jika Bimbingan dan Konseling tidak dimasukkan ke dalam kurikulum 2013 ..
    krna tanpa peran guru BK seorang anak tidak akan dapat tumbuh menjadi pribadi yg brkarakter dan memiliki akhlak yang baik ..

    Saya sebagai mahasiswa khususnya dari UNIVERSITAS NEGERI MEDAN;Fakultas Ilmu Pendidikan bersama teman-teman selama ini selalu brusaha dan berjuang untuk meningkatkan peran guru BK di sekolah-sekolah dalam mengembangkan kompetensi pserta didik agar menjadi pribadi yg brkarakter, cerdas & berakhlak mulia dengan mengadakan seminar Guru BK

    Saya ingin Bk ttp ada di dalam kurikulum .
    Kepada pemerintah … : ” hendaklah berpikir lebih arif dan bijaksana”

  2. maryanto berkata:

    Sy setuju dengan Pak Akhmad, bukan kurikulum yang selalu diuatk-atik tetapi karakter para penyelenggaran pendidikan. dan sy lebih setuju lagi jika yang terlebih dahulu diubah karakternya “Mbahnya Guru”. Jangan main paksa, semua dengan kata “harus”. Di mana nilai demokratisnya ? Apalagi kalau ujung-ujungnya ketika gagal guru yang disalahkan. Sekali-sekali tanya dong ama guru perlu gak kurikulum diubah, jangan guru hanya dijadikan objek. Kan guru lebih tahu soal pendidikan, seperti apa kondisi di lapngan. Salam dari ujung Timur Indonesia, Papua…

  3. yusuf alfandi/VIIIB/31/SMPN 2 TROWULAN berkata:

    saya tidak setuju b.jawa di hapus karena b.jawa adalah bahasaku.dan bila itu terjai maka indonesia tidak punya cirikhas atau jati diri sebuah bangsa indonesia.

  4. catur erik kurniawan(8 B no absen 05)smpn 2 trowulan berkata:

    aku ingin bahasa jawa tetap menjadi icon indonesia

  5. mekar adi sri rahayu berkata:

    saya tidak setuju jika bhs jawa di indonesia di hapuskan, karena bhs jawa sudah ada sejak dulu turun menurun dari generasi ke generasi dan ajaran didalamnya wajib kita ikuti. jika tdk ada bhs jawa, generasi selanjutnya tdk akan pernah mengenal b. jawa dan ajaran yg terkandung didalamnya

  6. zumarotul aisiyah berkata:

    saya tidak setuju jika bhs jawa dihapus karena bhs. jawa melambangkan ciri khas masyarakat jawa dan karena di dalam bhs.jawa ada etika etika yg perlu kita teladani

  7. vivi anggriani berkata:

    saya tdk setuju jika bhs jawa di hapuskan karena akan jadi apa bangsa ini jika bhs. daerah di hapuskan dan masyarakat tidak akan mengenal tata krama dan ciri khas bhs daerah masing masing

  8. melania nur fitriansa berkata:

    Saya sangat tidak setuju apabila b. jawa di hapuskan, karena dalam bahasa jawa terkandung ajaran tata krama dan tata cara berperilaku yang sopan dan santun, selain itu b.jawa merupakan jati diri bagi masyarakat jawa yang membedakan dengan daerah lainnya.

  9. yogasatwika berkata:

    Saya belajar bahasa jawa memang dari mapel bahasa jawa waktu sekolah
    tapi ternyata itu hanya sebagian kecil
    yang lain tentang bahasa jawa saya mendapat dari menonton wayang kulit (sebagian besar, karena komunitasnya sangat besar) dan kesenian lainnya.

    kalau mapel bahasa jawa, walaupun sedikit yg didapatkan dari sana jika dibanding dengan luasnya ilmu bahasa jawa, dihapuskan.
    apakah nanti siswa-siswa yang ingin belajar bahasa jawa harus belajar di luar negeri??

    kalau BK ditiadakan,
    lulusan S1 BK bakalan madesu
    siswa juga semakin madesu

    ibarat jadi orang pintar tanpa budi

    ilmu itu ibarat garam,
    budi pekerti itu ibarat tepung,

    jika adonan tepung dan garam dibuat dengan perbandingan yang sama (1 kg G + 1 kg T),
    bagaimana jadinya??

    garamnya didkit aja, tepunya yg banyak.

  10. CINDY LELYTA smpn 2 trowulan \ 06 \ 8 B berkata:

    saya sangat tidak setuju kalau kurikulum B. jawa di hapus..
    karena B.jawa itu sudah ada sejak dulu , jika tetap di hapus maka generasi bangsa yang selanjutnya tdak tauw arti B.jawa

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.