[Download Draft Kurikulum 2013]: Dimana Posisi Bimbingan dan Konseling?

Rencana pemerintah untuk memberlakukan Kurikulum Baru di tahun 2013 tampaknya akan menjadi sebuah kepastian. Berdasarkan Draft Pengembangan Kurikulum 2013, diperoleh beberapa informasi esensial tentang berbagai usulan dan rencana perubahan yang akan dilakukan, khususnya berkaitan dengan: (1) Standar Kompetensi Lulusan; (2) Standar Proses;  (3) Standar Isi; dan (4)  Standar Penilaian.

Posisi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013

Setelah menyimak seluruh isi Draft Pengembangan Kurikulum 2013, saya tidak menemukan satu kalimat pun tentang Bimbingan dan Konseling.  Dalam hati saya bertanya: “Apakah ini suatu kesengajaan atau memang telah terjadi fatal error dalam perumusan kurikulum?” Kegelisahan dan keheranan semakin menguat setelah melihat usulan rencana perubahan dalam struktur kurikulum yang didalamnya menyebutkan “Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler”.

Struktur Kurikulum Baru

Seperti kita maklumi, dalam Kurikulum 2006, layanan bimbingan dan konseling termasuk dalam  wilayah Pengembangan Diri bersama-sama dengan Ekstrakurikuler.  Jika memang usulan “Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler”  disetujui dan menjadi keputusan resmi, timbul pertanyaan besar dalam benak saya:

DIMANA POSISI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013?

Dalam hal ini, saya tidak ingin menduga-duga untuk menjawabnya. Barangkali ada diantara Anda yang bisa memberikan penjelasan….

===========
Anda ingin mengunduh materi: Draft Pengembangan Kurikulum 2013?  Silahkan klik tautan di bawah ini:

atau DISINI

Materi Terkait:

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Dikaitkatakan dengan: , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
119 comments on “[Download Draft Kurikulum 2013]: Dimana Posisi Bimbingan dan Konseling?
  1. Daryana mengatakan:

    Daryana berkata
    25 maret 2013
    Kurikulum 2013 OK siap dilaksanakan tapi saya di sibukan dengan dapodik sd kami jauh dari jaringan sehingga untuk mengirimkan data secara online harus pergi ke kota kecamatan.karena belum terjangkau enternet.

  2. mukti husodo mengatakan:

    bismillahirahmanirahim,… hasilnya akan tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya. semua didasarkan karena prinsip belajarnya seperti orang-orang yahudi! saya cuma menyayangkan, betapa bangsa kita selalu bodoh, padahal sudah banyak yg bergelar strata…

  3. fenny mengatakan:

    Guru BK kan tidak harus masuk kelas, BK itu sama dengan TIK terintegrasi dalam semua mata pelajaran, bila ada siswa yang perlu dibimbing disitulah masuk peranan guru BK.

  4. Lala Lorata mengatakan:

    mengapa mata pelajar komputer tdk ada, padahal penting sekali mata pelajaran TIK itu karena jaman tekhnologi.

  5. widodo mengatakan:

    Kurikulum 2013 mau tidak mau tetap dilaksanakan. Yang perlu dibenahi server Dapodik harus disesuaikan dengan alokasi waktu dan sitem pembelajaran. Jika di SD menggunakan sistem tematik, terus bagaimana porsi Kepala Sekolah yang wajib mengajar 6 jam, sedangkan hingga saat ini memasukkan data PTK masih error gara-gara kode mata pelajaran pada sertifikat 027 (guru kelas) yang keluar tetap tidak normal. Apa lagi entri data dilakukan oleh admin yang kurang profesional (PTT yang ngambang nasibnya) dan tidak dilatih tuntas dan informasinya datang setugel-setugel, itu pun berubah-ubah. Kalau tunjangan profesi guru yang melaksanakan kuriklum tersebut selalu dihantui oleh data PTK di Dapodik tidak dapat diberi tunjangan gara-gara entri data tidak benar, apa lagi dengan ditulis warna merah, waduh bagaimana guru bisa bekerja dengan baik? Mikir itu saja sudah stres berat.

  6. ramlan rinaldy mengatakan:

    gimana mata pelajajaran teknologi informasi dan komunikasi….kalau ditiadakan gimana yg mengambil sertifikasi mata pelajaran tersebut….

  7. Tati Indriani mengatakan:

    bagaimana nasib saya guru mata pelajaran IPS jenjang SMK, apakah IPS akan tetap dihapus untuk jenjang SMK? PNS dan sertifikasi saya gimana donk………

  8. solikin mengatakan:

    Kurikulum 2013 ok dilaksanakan, tapi kenapa mapel tik dihilangkan kan sekarang lagi trendnya sains dan teknologi

  9. silaturohman mengatakan:

    Mestinya kurikulum 2013 dilaksanakan….. ok . Mestinya harus ada kajian yang mendalam tentang mapel PPkn, mestinya bukan jamnya yang harus ditambah, tetapi bagimana mendesian tenaga pendidik tidak hanya mengajar, dan mendidik, karena bagaimana guru mempunyai watak dan prilaku sebagai tauladan. Prinsip sebenar yang ada dilapangan semuanya serba krisis.(aducation of crisiss)

  10. bos fandi mengatakan:

    jangan liat bagian luar saja tapi liat kemampuan guru BK itu dalam membina muridnya…. bungkus boleh jelek tapi subtansi isi harus kelas tinggi

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s