Info SNMPTN Tahun 2012

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil rapat Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 14 Oktober 2011, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2012 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui 2  (dua) jalur:

  1. JALUR UNDANGAN BERDASARKAN PENJARINGAN PRESTASI AKADEMIK
  2. JALUR UJIAN TERTULIS DAN KETERAMPILAN.

Informasi lebih lanjut tentang SNMPTN 2012  ini  dapat dilihat di   http://www.snmptn.ac.id.

Upadate:

untuk SNMPTN 2013 menggunakan alamat website yang sama, silahkan klik tautan di atas

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL
8 comments on “Info SNMPTN Tahun 2012
  1. muslim mengatakan:

    Dizaman sekarang ini saya sudah tidak bisa percaya 100 % , karena semua bisa di atur dan bisa dibeli .Jadi benar lagu Oma Irama : yang kaya makin kaya, yang miskin tambah miskin. Yang kaya bisa membeli apa saja. Mau masuk PTN aja bisa di beli , mau nilai bagus bisa dibeli , Mau Kerja jadi PNS bisa beli .yaahh………nasib……nasib. Kasihan anak anak yang pintar dan bermoral baik jadi korban ketidakadilan dibangsa ini.

  2. Erni mengatakan:

    Seharusnya pendidikan bukan sebuah lambang belaka,,.. tatapi hendaknya setiap penilaian untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri harus berdasarkan kemampuan siswa bukan dengan hasil KKN ataupun karena siswa tersebut berasal dari sekolah terkenal.., seleksi yang baik melihat langsung dari kemampuan setiap individunya.

  3. sherly mengatakan:

    kalau gk masuk ranking 1-10 bisa gk lwat jalur undangan

  4. ida cahyati mengatakan:

    SNMPTN wajib murni jangan curang.

  5. anonim mengatakan:

    UN… apakah tujuan dari UN sebenarnya?
    apakah hanya untuk syarat kelulusan? penggambaran apa yang di dapat di sekolah selama ini? untuk pengukuran kemampuan siswa?
    lantas setelah itu bagaimana??
    apakah semua itu diterapkan di kehidupan?
    coba tanyakan pada siswa2 itu??
    limit digunakan untuk apa??? materi fluida untuk apa????
    apa hanya sekedar untuk menjawab soal???
    tidak!
    lantas apa???
    negara2 ini pun “kaya”, kaya akan siswa2 pandai… hanya dalam teori sayangnya..
    dan tentunya negara ini tidak butuh itu.. negeri ini butuh sesuatu yang REAL, bukan hanya TEORI

  6. H.Indra mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Dengan segala hormat ,blog ini telah saya anugrahi “The Seven Shadow Award 2012,dimohon untuk meneruskannya ke rekan-rekan blogger lainnya.Ditunggu kunjungannya kesini :http://pengawas20.wordpress.com/2012/01/22/blog-pengawas-sekolah-indonesia-terima-the-seven-shadow-award-2012/

    Wassalam

    Terima kasih atas apresiasinya

  7. suhartono mengatakan:

    setuju UN menjadi bagian dari seleksi masuk PTN, selain memberikan kesempatan siswa kurang mampu dari sisi ekonomi juga dapat memotivasi siswa untuk mencapai nilai yg baik. Dengan catatan penyaraan UN di tingkat sekolah dilaksanakan dengan JUJUR….

  8. guruesde mengatakan:

    Sebenarnya UN sangat perlu dan harus sebab hanya UN saja yang sementara ini dapat dijadikan STANDAR NILAI AKADEMIK siswa di seluruh jagad raya Indonesia, Jika memang masih ada kekurangan sebaiknya jangan UN nya yg ditiadakan tapi kekurangan tersebut hendaklah dibenahi dan bukan diperdebatkan apalagi dijadikan komoditas politik.. payah.
    Setelah UN dikatakan Kredible, Aquntable, dan ble -ble yang lain maka hasil UN dapat dijadikan bagaian dari PMB di PT yang sudah jelas kualitas nilai akademiknya secara nasional. Adapun persyaratan lain disesuaikan dengan fakulatas masing-masing. Jika demikian maka akan membuka kesempatan kepada ANAK NEGERI INI yg Nilai UNnya tinggi untuk mencicipi bangku PT, termasuk dari golongan ekonomi yg pas-pasan.
    Namun jika Masuk PT masih menjadi OTORITAS PT tersebut jangan heran jika masih terdengar berita KOMERSIALISASI PENDIDIKAN yang justru terjadi di PT, dan semua televisi di Indonesia akan menyiarkan iklan yang ada kalimatnya …”…wannii piiirooooo…?”

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s