Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd.

Beberapa waktu yang lalu, saya menerima SMS dari sahabat saya Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd. yang isinya adalah undangan  untuk menghadiri acara pengukuhan beliau sebagai Guru Besar di Universitas Pendidikan Indonesia dalam bidang Bimbingan dan Konseling, tanggal 15 November 2011.  Pada waktu itu, saya langsung membalas SMS beliau, dengan mengatakan insya Allah saya dan keluarga ingin sekali menghadiri momen yang indah ini

Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd.

Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd.

Namun sungguh sayang, tanggal 15 November 2011 ini saya ada keperluan tugas lain yang tidak bisa ditinggalkan dan akhirnya terpaksa  tidak bisa  memenuhi undangan beliau. Saya pun hanya bisa berkirim SMS dan menghubungi HP beliau  untuk mengucapkan selamat dan turut berbahagia atas pengukuhan beliau sebagai Guru Besar di Universitas Pendidikan Indonesia  dalam bidang Bimbingan dan Konseling. Tampaknya beliau pun sangat maklum atas ketidakhadiran saya ini.

Selanjutnya, untuk memenuhi rasa penasaran saya, dengan bantuan Mbah Google saya berusaha mencari informasi  seputar acara pengukuhan beliau dan sampailah pada suatu tempat, yaitu  di Kabar UPI. Kabar UPI me-release berita:

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia mengukuhkan enam guru besar, Selasa dan Rabu (15-16/11/2011) pukul 8.00 WIB s.d. 11.30, di Balai Pertemuan Umum UPI Jln. Setiabudhi No. 229 Bandung. Guru besar baru dikukuhkan Selasa (15/11/2011) adalah Prof. Dr. Juntika Nurihsan, M.Pd. sebagai Guru Besar dalam Bidang Bimbingan dan Konseling pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP); Prof. Dr. Uman Suherman A.S., M.Pd., sebagai Guru Besar dalam Bidang Bimbingan dan Konseling pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

Aha.. ternyata hari ini (15 November 2011) ada dua orang Guru Besar dalam Bimbingan dan Konseling yang dikukuhkan: Prof. Dr. Uman Suherman A.S., M.Pd., dan Prof. Dr. Juntika Nurihsan, M.Pd.

Dalam kesempatan upacara pengukuhan ini,  Prof. Dr. Uman Suherman A.S., M.Pd., menyampaikan orasi ilmiahnya dengan tema:

“Membangun Karakter dan Budaya Bangsa Melalui Bimbingan Komprehensif Berbasis Nilai Alquran (Tinjauan Filosofis tentang Hakikat dan Peran Manusia)”

Sementara, Prof. Dr. Juntika Nurihsan, M.Pd. menyampaikan orasi ilmiahnya dengan tema:

“Membangun Peradaban Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan dan Bimbingan Komprehensif yang Bermutu”

Meski, saya tidak sempat menghadiri acara pengukuhan ini, namun berkat teknologi internet ini, akhirnya  saya pun masih bisa menikmati pemikiran kedua Guru Besar tersebut dan turut merasakan suasana kegembiraan dan kebahagiaan di sela-sela acara pengukuhan tersebut:

Lantas, apa hubungannya dengan saya? Di bawah ini ada foto nostalgia rekan-rekan PPB-81- FIP – IKIP Bandung yang baru selesai sidang skripsi bulan Februari 1986  (maaf, tanggalnya lupa).

Akhirnya, melalui kesempatan ini saya sampaikan:

“Selamat dan turut berbahagia, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas-tugas sebagai Guru Besar. Amin.”

==============

Anda ingin mengetahui materi orasi ilmiah kedua Guru Besar ini, silahkan klik tautan di bawah ini:

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL
10 comments on “Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd.
  1. TRIYATNO,S.Pd, MM mengatakan:

    Terima kasih tulisan bapak dapat mempermudah kebutuhan-kebutuhan rekan pendidik guna menambah referensi yang sesuai dengan bidang ilmunya.

  2. muliyadi mengatakan:

    assalamu’alaikum,
    sebelumnya saya mohon ijin untuk ngutip postingan Bapak A. Sudradjat dan atas kesediannya saya ucapkan syukron katsira. Tulisan Bapak banyak membawa manfaat.

    Melalui ruang komentar ini, saya ingin menyampaikan rasa bahagia dan bangga serta mengucapkan selamat atas pengukuhan Bpk Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd sebagai Guru Besar di Universitas Pendidikan Indonesia dalam bidang Bimbingan dan Konseling. Saya pernah jadi mahasiswa Beliau di Jur. PLB UPI ketika tugas belajar tahun 2000 an.

    sekali lagi syukron katsira, jazakallah khairan.
    wassalam
    dari Banjarmasin.

  3. Ochun mengatakan:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Kepada Yth. Bpk Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd
    1. kami ucapkan selamat atas dikukuhkannya bapak sebagai Guru Besar UPI Bandung pada bidang Bimbingan dan Konseling.
    2. Kami mohon bantuan bapak berupa masukan tentang rencana Penelitian Saya dg tema “Manajemen Program Pembelajaran Berbasis Karakter di MIN X,,,,”

    dan kepada Yth. Bapak Akhmad Sudrajat, saya juga mohon dengan dengan sangat kepada bapak untuk memberi masukan terkait dengan rencana penelitian saya sebagaimana tersebut di atas,,,!
    salam Pendidikan….

    Atas bantuan bapak berdua kami sampaikan terima kasih,,,

  4. VITOnews mengatakan:

    ooo…jadi sang Guru Besar di atas temannya kuliah Pak Akhmad. selamat ya, Pak. semoga Bapak bisa menyusul teman-temannya segera.

  5. subekhan mengatakan:

    Selamat bagi guru besar yang baru di Kukuhkan Hee…..

  6. Adi Ngadiman,S.Pd,MM mengatakan:

    Terima kasih bapak,dapatkan kita saling bertukar pikiran masalah pendidikan,demi pendidikan indonesia masa depan.Mhn dibalas agar kita bisa tukar pikiran

  7. bunga mengatakan:

    Moga2 menjadi Guru besar yang bisa membimbing dan mendidik tunas bangsa lebih baik

  8. Yuddy Magelang mengatakan:

    Wah, sayup-sayup saya jadi ingat tentang pak Akhmad Sudrajat. Saya angkatan 1983. Mantan Ketua HIMA periode 84-85.

  9. Tua Dasius Sitanggang mengatakan:

    Terima kasih Pak Akhmad Sudrajat…kami juga turut menyampaiakn sukses buat bapak juga teman bapak (teman kita) yang meraih Guru Besar, BK foto nostalgia begitu meyakinkan… untuk maju…

  10. cholissragi mengatakan:

    Selamat dan sukses selalu untuk Bapak dan teman Bapak.

    Saya justru terkesan ketika melihat foto nostalgianya Pak,
    sepertinya senyum mereka optimis sekali. Pantas akhirnya (diantara mereka yang saya tahu) menjad orang besar…

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s