Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional KPS Balikpapan

Dalam rangka mewujudkan visi  Sekolah Nasional Kontraktor Production Sharing (KPS) Balikpapan sebagai  lembaga pendidikan yang unggul dalam kualitas pembelajaran, di tingkat  lokal, regional, nasional dan internasional, Yayasan Sekolah Nasional Kontraktor Production Sharing (KPS) Balikpapan kembali menggelar kegiatan workshop Penguatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran.

Kegiatan workshop  berlangsung selama dua hari.  tanggal 28-29 Oktober 2011,  bertempat di Meeting Room SMP Nasional KPS  (hari pertama) dan di Hotel Mirama Balikpapan (hari kedua), dengan menghadirkan 2 (dua) orang pemateri,  Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., Dosen FPMIPA Biologi Universitas Negeri Malang yang mengupas  tentang  Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dan saya sendiri diminta untuk menyajikan materi tentang Pembelajaran Aktif. Kegiatan ini diikuti  seluruh guru TK, SD dan SMP Nasional KPS,  perwakilan guru dari SD dan SMP Patra Darma 2 dan SD dan SMP IT Istiqamah.

Sebelum penyajian materi berlangsung, terlebih dahulu saya berusaha menggali berbagai informasi  yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam penyajian materi saya,– melalui kontak email dengan Manajer Yayasan,  Bapak Rawuh Rudiatmoko, M.Pd., wawancara singkat dengan beberapa orang guru, pengamatan langsung dan melihat beberapa dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Berdasarkan “studi pendahuluan” yang saya lakukan, saya berkesimpulan bahwa aroma pembelajaran aktif di sekolah sebenarnya sudah terasa sangat kental, tetapi mungkin kawan-kawan di KPS Nasional menginginkan lebih dari itu, sehingga meminta saya untuk memfasilitasi lebih jauh tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran aktif.

Pada  saat penyajian berlangsung, baik pada hari pertama maupun hari kedua, saya bersama-sama para peserta mendiskusikan tentang berbagai kemungkinan penerapan pembelajaran aktif di sekolah. Peserta pun tampak enthusias mengikuti jalannya diskusi.  Diskusi berjalan sangat kooperatif dan menyenangkan, banyak pemikiran dan gagasan yang muncul dari kawan-kawan peserta terkait dengan implementasi pembelajaran aktif di sekolah.

Tentu saya berharap, semoga apa yang telah didiskusikan ini dapat semakin memantapkan kawan-kawan di KPS Nasional untuk terus mengembangkan pembelajaran aktif di sekolah, guna kepentingan masa depan anak-anak kita dalam menggapai masa depan yang lebih baik, sehingga kelak mereka bisa tampil menjadi generasi penerus yang cerdas intelektual, cerdas emosional, cerdas kinestetik, cerdas sosial dan cerdas-cerdas lainnya.

Selama dua hari berada di Balikpapan telah menjadi bagian yang terindah dalam hidup saya,  untuk itu melalui kesempatan ini  saya sampaikan terima kasih  dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar KPS Nasional, khususnya kepada Manajer Yayasan, Bapak Rawuh Rudiatmoko, M.Pd. yang telah berusaha gigih untuk bisa menghadirkan saya di Balikpapan.

Sukses untuk Anda semua dan teruslah berinovasi…

=======

Anda ingin mengenal lebih jauh profil Sekolah Nasional Kontraktor Production Sharing (KPS) Balikpapan, silahkan klik tautan ini:

Sekolah Nasional Kontraktor Production Sharing (KPS) Balikpapan

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, PEMBELAJARAN
20 comments on “Pembelajaran Aktif di Sekolah Nasional KPS Balikpapan
  1. Shyva Syawa mengatakan:

    Saya murid SMP Nasional Kps.

  2. ghiffar abdillah mengatakan:

    saya mantan murid sd nasional kps,yg sekarang bersekolah di smp islam nurul fikri

  3. adrianson yayan mengatakan:

    maju terus pendidikan kta………

  4. adrianson yayan mengatakan:

    maju terus pendidikan kita………….

  5. AKHMAD SUDRAJAT mengatakan:

    Sama-sama, Bu…
    Ketika di KPS terus terang saya pun banyak belajar dari Ibu,
    Semoga di lain kesempatan, Allah SWT bisa mempertemukan kita lagi, Amin

  6. Siti Zubaidah mengatakan:

    Terima kasih kolaborasinya, Pak… Semoga yang kita berikan bermanfaat.

  7. Siti Zubaidah mengatakan:

    Pak Ajat, makasih atas kolaborasinya di KPS. semoga suatu saat bisa jumpa lagi….

  8. Peimpi mengatakan:

    Saya merasa sangat bersalah dengan Yang Sangat saya hormati Bapak Akhmad Sudrajat karena sampai saat ini baru dapat mengucapkan terimakasih atas emailnya tentang beberapa artikel berharga.

  9. Sudiono mengatakan:

    Halo sobatku, guruku, kita semua menyadari pendidikan tidak akan pernah berhenti selagi nyawa masih bersenandung dalam raga. Saya Sudiono guru KPS, senang rasanya bisa bertemu dengan bapak dan ibu yang berpikir sejalan dalam pendidikan. Pak Drajad mohon maaf bila Bapak selama di Balipapan kami belum bisa menjadi tuan trumah yang baik. Semoga kita bisa ketemu lagi Pak.

  10. M Mursyid PW mengatakan:

    Wow… bisa sampai Balikpapan karena ngeblog ya, Pak? Andai saja ada lebih banyak pengawas sekolah, dosen ilmu keguruan, dan pejabat lain di negeri ini baik di daerah maupun pusat yang mau berbagi melalui dunia maya tentu kami (para guru) akan bisa banyak ngangsu kawruh dari beliau-beliau tersebut.
    Sukses selalu buat Bapak.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

