Memahami Penelitian Kualitatif

Memahami Penelitian Kualitatif“. Itulah topik  materi yang disajikan oleh Prof. Dr. Tjutju Yuniarsih, M.Pd. dalam kesempatan workshop yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP-Universitas Kuningan, Minggu, 13 Pebruari 2011, bertempat di Aula FKIP-UNIKU.

Kegiatan workshop ini diselenggarakan dalam rangka penguatan kompetensi dosen dalam bidang penelitian, diikuti seluruh dosen di lingkungan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UNIKU.  Hari sebelumnya, Sabtu, 12 Pebruari 2011, di tempat yang sama  telah dilaksanakan pula workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas, dengan menghadirkan Dr. Uhar Suharsaputra, M.Pd. sebagai pemateri.

Berikut ini resume materi yang disampaikan Prof. Dr. Tjutju Yuniarsih, M.Pd.:

1. Rasional Penggunaan  Penelitian Kualitatif

Terdapat beberapa rasional penggunaan penelitian kualitatif:

  • Dilatar belakangi oleh filosofi konstruktivisme, untuk membangun konstruksi sosial dan historis.
  • Kebutuhan untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang berasal dari   masalah sosial.
  • Menggunakan pendekatan deduktif yang berfokus terhadap makna individual dan menerjemahkan kompleksitas suatu persoalan.
  • Fokus pada satu konsep atau fenomenon.
  • Membawa nilai-nilai pribadi ke dalam penelitian, dan;
  • Menciptakan teori.

2. Karakteristik Penelitian Kualitatif

Penelitian kualititatif memiliki karakterisitik sebagai berikut:

  • Berlangsung dalam lingkungan alamiah (natural setting), dan melakukan interaksi face to face selama penelitian.
  • Peneliti merupakan instrumen kunci, melalui wawancara, observasi dan  studi dokumentasi.
  • Menggunakan beragam sumber data, yang kemudian di-review, diberi makna, dan diolah ke dalam kategori-kategori atau tema-tema.
  • Menggunakan analisis induktif.
  • Berorientasi pada makna yang diberikan oleh subyek.
  • Rancangan penelitian terus berkembang dinamis.
  • Menggunakan perspektif teoritis  yang diawali oleh identifikasi masalah yang diteliti.
  • Bersifat penafsiran.
  • Menggunakan pandangan holistik untuk membuat gambaran kompleks dari masalah yang diteliti.

3. Strategi Penelitian Kualitatif

Strategi yang dapat dikembangkan dalam  penelitian kualitatif, diantaranya:

  • Etnografi: menyelidiki kelompok kebudayaan di lingkungan yang alamiah dalam periode waktu yang cukup lama. Proses penelitiannya fleksibel dan berkembang sesuai kondisi dalam merspons kenyataan yang ada di lapangan . (Berusaha memahami)
  • Grounded Theory: bertujuan memproduksi teori umum dan abstrak dari suatu proses, aksi atau interaksi yang berasal dari pandangan partisipan. Proses   penelitiannya dengan melakukan perbandingan yang konstan antara data dan kategori yang muncul, serta mengambil contoh secara teoritis (theoritical sampling) atas kelompok-kelompok yang berbeda untuk memaksimalkan kesamaan atau perbedaan informasi (Menemukan).
  • Studi Kasus: menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses, atau sekelompok individu. Kasus-kasus dibatasi oleh waktu dan aktivitas, dan peneliti mengumpulkan informasi secara lengkap. (Mengeksplorasi suatu proses)
  • Fenomenologi: mengidentifikasi hakikat pengalaman manusia tentang fenomena tertentu. Peneliti mengkaji sejumlah subyek dengan terlibat langsung dalam waktu relatif lama untuk mengembangkan pola dan relasi makna, dengan mengesampingkan pengalaman pribadinya. (Mendeskripsikan pengalaman-pengalaman)
  • Naratif: menyelidiki kehidupan individu dan meminta pihak lain menceritakan kehidupan subyek penelitian. Informasi tersebut kemudian diceritakan kembali oleh peneliti dalam kronologis naratif; selanjutnya kehidupan subyek dianalisis berdasarkan pandangan peneliti tentang kehidupan dirinya. (Menyajikan cerita)

4. Desain Penelitian Kulitatif

Desain penelitian kualitatif  mencakup:

  • Merumuskan masalah
  • Menetapkan variabel penelitian sebagai fokus penelitian
  • Merumuskan dimensi (ruang lingkup dan kedalaman) penelitian.
  • Menetapkan sumber data: Subyek penelitian langsung (snowball sampling), data dilengkapi melalui teknik triangulasi (member check)

5. Rumusan Masalah

  • Rumusan masalah utama: merupakan pertanyaan umum tentang konsep atau fenomena yang diteliti.
  • Berdasarkan masalah utama kemudian dikembangkan beberapa rumusan masalah yang lebih spesifik (pertanyaan penelitian).
  • Masalah dirumuskan secara terbuka dengan menggunakan kata tanya ”bagaimana” atau ”apa”.
  • Rumusan masalah bisa terus berkembang selama penelitian berlangsung, namun harus tetap konsisten dengan asumsi dasar yang ditetapkan dalam rancangan penelitian.

6. Data Kualitatif

  • Dituangkan dalam rangkaian kata-kata.
  • Menggunakan skala normatif.
  • Diperoleh melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dan jika diperlukan menggunakan angket.*)
  • Instrumen utama adalah peneliti itu sendiri.

*) Jika menggunakan angket yang lebih  diutamakan adalah deskripsi penafsirannya.

7. Validitas dan Reliabilitas Kualtitatif

  • Validitas kualitatif merupakan upaya pemeriksaan terhadap akurasi hasil penelitian dengan menerapkan prosedur tertentu (trustwothiness, authenticity, credibility).
  • Reliabilitas kualitatif mengindikasikan bahwa pendekatan yang digunakan peneliti konsisten jika diterapkan oleh peneliti lain dan untuk proyek yang berbeda. (mendokumentasikan prosedur penelitian, daftar pertanyaan, dan data base hasil penelitian).

8. Prosedur Validitas

Prosedur validitas mencakup:

  • Melakukan triangulasi.
  • Menerapkan member checking.
  • Membuat deskripsi yang kaya dan padat tentang hasil penelitian.
  • Mangklarifikasi bias yang mungkin dibawa peneliti ke dalam penelitian melalui refleksi.
  • Menyajikan informasi yang ”berbeda” atau ”negatif” untuk memberikan perlawanan pada tema tertentu.
  • Memanfaatkan waktu yang relatif lama di lokasi.
  • Melakukan tanya jawab atau diskusi dengan rekan peneliti.
  • Mengajak auditor eksternal untuk me-review keseluruhan proyek penelitian.

9. Prosedur Reliabilitas Kualtitatif

  • Mengecek hasil transkripsi untuk memastikan tidak ada kesalahan.
  • Lakukan coding dengan cermat. Bandingkan data dengan kode, buatlah catatan tentang kode dan definisinya.
  • Diskusikan kode bersama-sama tim peneliti dalam pertemuan rutin atau ketika sharing analisis (jika penelitian dilakukan secara kelompok).
  • Lakukan cross check dan bandingkan kode yang dibuat peneliti lain dengan kode-kode yang telah dibuat peneliti.

10. Prosedur Pengolahan dan Analisis Data

  • Menggunakan nalar yang berbasis logika ilmiah dan grand theory yang kokoh.
  • Display Data (diperoleh dari berbagai teknik pengumpulan data yang digunakan).
  • Reduksi Data (sesuai kebutuhan berdasarkan ruang lingkup dari tiap dimensi penelitian).
  • Analisis data (dibandingkan dengan hasil triangulasi, rujukan teoritis ataupun yuridis).

Secara visual, tahapan analisis kualitatif  seperti tampak dalam gambar berikut ini.

Penelitian Kualitatif

Gambar Tahapan Analisis Kualitatif

(modifikasi dari penyajian Prof. Dr. Tjutju Yuniarsih, M.Pd.)

========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, FILSAFAT PENDIDIKAN
27 comments on “Memahami Penelitian Kualitatif
  1. salma berkata:

    wah ternyata situs Bpk benar2 tokcer, makasih ya pak ini sangat membantu

  2. abutahmid berkata:

    terima kasih atas tulisan2nya bapak. banyak memberikan tambahan ilmu dan membantu kami dalam menyusun makalah, dan skripsi. syukron katsir pak, semoga selalu sehat bersama semua keluarga.
    terus maju pendidikan indonesia……
    tapi klo korupsi trs ja kapan mau majunya ya he he he …….

  3. abbas saenong berkata:

    tulisan ini sangat bermanfaat dalam penulisan tesis, smoga bapak sekeluarga tetap sehat dan sukses dalam menjalankan tugas…salam

  4. suji bima berkata:

    Assalamu’alaikum, hal yang menjadi penyebab saya merasa enggan melakukan PTK lagi karena faktor kemauan, ketelitian dan ketelatenan. Terimakasih atas pencerahanya Pak. Salam Hormat, dari Bima NTB

  5. labarasi berkata:

    Assaalam alaikum. Saya ingin belajar banyak tentang masalah penelitian ini pak. Saya pernah dua kali mengirimkan naskah hasil PTK ke lomba keberhasilan guru, namun belum ada yg memenuhi syarat. Saya merasa masih terlalu banyak kekurangannya, sehingga tidak pernah diakui.
    Saya punya masalah di kelas, masalah klasik, yaitu kurangnya motivasi belajar peserta didik terhadap materi pembelajaran matematika. Apa kira-kira trik yg harus saya tempuh yg paling jitu pak?
    Wassalam.

  6. Zakir berkata:

    Memang kebanyak para mahasiswa memilih masalah yang berhubungan dengan penelitian kuantitatif karena disamping waktu penelitian pendek juga cara pengolahan datanya mudah apalagi menggunakan program SPSS, dan para peneliti hanya bisa menguji teori-teori yang sudah ada. Sementara penelitian kualitatif disamping membutuhkan waktu yang lama minmal 6 bulan para peneliti juga mampu menciptakan teori-teori baru yang berhungan dengan masalah penelitiannya. Disinilah keuntungan jika kita menggunakan pendekatan kualitatif, kita bisa berteori, menemukan ide-ide baru serta dapat menemukan apa yg menjadi penyebab masalah itu timbul serta solusinya. Trim’s

  7. Faiz Zakwan berkata:

    Terima kasih bang Akhmad Sudrajat. Artikelnya tentang penelitian kualitatif sangat membantu, soalnya saya kebetulan lagi cari beberapa ulasan tentang menyusun penelitian kualitatif. Kalau boleh kasih juga tulisan komparasi penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif, kelebih dan kekurangannya. Sekali lagi terima kasih. Oh,..saya numpang link mas.

  8. Muzdalifah Rahman berkata:

    kiriman tulisan Memahami Penelitian Kualitatif dari Bapak sangat membantu perkembangan pemahaman saya. Terimakasih banyak pak Adjat

  9. hendi berkata:

    terima kasih info nya pak, saya menunggu info untuk di malang jawa timur aja deh…

  10. Alfa La Ode berkata:

    Terima Kasih Pak!, kalau Bpk bekenan semua tulisan dimasukkan pd e-mailku utk bahan referensi kami di daerah, mudah-mudahan ilmu Bpk bermanfaat serta dpt diwariskan org lain dn semoga menjadi amal jaryiah

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.