Permendiknas No 27 Tahun 2010 – Program Induksi bagi Guru Pemula

Sejak kurang lebih satu tahun ke belakang,  Program Induksi bagi Guru Pemula telah menjadi wacana publik, –khususnya di kalangan praktisi pendidikan. Dari berbagai wacana yang berkembang, di antaranya sempat muncul  pertanyaaan, benarkah  program induksi ini akan diberlakukan di Indonesia? Akhirnya, pertanyaan itu terjawab juga, terhitung tanggal 27 Oktober 2010,  pemerintah melalui Mendiknas telah meluncurkan  regulasi baru yang dituangkan dalam Permendiknas No 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi bagi Guru Pemula.  Peraturan ini  menjadi payung hukum resmi tentang penyelenggaraan Program Induksi bagi Guru Pemula di Indonesia.  Peraturan ini terdiri dari 14 pasal, di dalamnya  antara lain mengatur tentang: tujuan, prinsip dan teknis pelaksanaan penyelenggaraan  Program Induksi secara umum.

Kehadiran program induksi ini tampaknya semakin mempertegas komitmen pemerintah untuk menata profesi guru, karena saat ini guru telah diyakini sebagai tumpuan harapan  utama dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Melalui proses pembimbingan selama mengikuti program induksi ini,  diharapkan  sejak awal para guru  sudah mampu membiasakan diri  bekerja secara profesional. Hasil selama mengikuti program induksi  tentu akan menjadi bekal penting bagi guru yang bersangkutan dalam menekuni pekerjaannya pada masa-masa selanjutnya, yakni menjadi seorang guru yang profesional.

Jika disimak isi peraturan ini,  tampaknya kesuksesan program induksi ini, selain ditentukan oleh guru pemula yang bersangkutan,  juga akan bergantung pada peran dari tiga pihak lainnya  yang terlibat dalam program induksi,  yaitu: (1) pembimbing,  guru profesional yang diberi tugas untuk membimbing guru pemula; (2) kepala sekolah,  selaku atasan guru pemula yang bertugas memfasilitasi agar program induksi dapat terselenggara dengan baik, dan (3) pengawas sekolah yang bertugas membimbing dan menilai kinerja guru pemula.

Hal yang perlu digarisbawahi, bahwa selama program induksi berlangsung, jangan sampai muncul praktik perpeloncoan, baik  yang dilakukan oleh pembimbing atau warga sekolah lainnya.  Program induksi justru dimaksudkan untuk melindungi para guru pemula dari berbagai praktik perpeloncoan yang dapat merusak mental guru pemula. Selama ini, meski  tidak secara terbuka, tampaknya praktik perpeloncoan terhadap para anggota  (guru dan siswa)  baru di sekolah  kadang masih  mewarnai pendidikan kita. Misalnya, diisolisasi dari kelompok atau  malah dibombardir  dengan tugas-tugas tambahan yang sangat membebani dan di luar kewajaran.

Mari kita induksi para guru pemula agar mereka menjadi matang dan profesional,  yang siap menggantikan para seniornya untuk melahirkan generasi  baru yang hebat.

Jika Anda ingin mengunduh  salinan Permendiknas No 27 Tahun 2010 ini, silahkan klik DISINI

==========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, MANAJEMEN PENDIDIKAN
15 comments on “Permendiknas No 27 Tahun 2010 – Program Induksi bagi Guru Pemula
  1. denih sobariah berkata:

    program induksi + guru profesional=kemajuan pendidikan di Indonesia (mdah2n coy…)

  2. Ega Agus Legiman berkata:

    Pelaksanaan Permendiknas No 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi Bagi Guru Pemula dibutuhkan aturan pelaksanaan yang lebih memperinci apa, siapa dan bagaimana program tersebut dilaksanakan. Sepanjang pengamatan saya, kerap Guru Bukan PNS, sering terombang-ambing karena tidak tersedianya aturan pelaksanaan yang dapat “melindungi/memayungi” mereka. Terlebih aturan yang dibuat dan disyahkan oleh pemerintah lebih cenderung mengatur Guru PNS saja, sedangkan di negeri ini status Profesi Guru / Pendidik ada 2 (dua) yaitu PNS dan Bukan PNS dan Guru Bukan PNS terdiri atas Guru Tetap (GTY, AT dll) dan Guru Tidak Tetap (GTT, Honorer). Mangga kang Akhmad, lebih dipertajam tulisannya… semangat.

  3. widy harsono berkata:

    wah….. pak admin sangat peduli pendidikan. keluarnya puluhan permendiknas kelihatannya hanya semakin membingungkan pelaksana di lapangan…….

  4. iwan ridwan berkata:

    as wr wb. salam kenal guru indonesia. saya merasa terbantu dalam mencari info tenteng pendidikan dan semoga ini menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas kita sebagai guru. trm

  5. Ihsan Hasbullah berkata:

    Terima kasih atas pemberitahuannya.
    Kalau ada, saya minta Permendiknas No. 22 tahun 2010 dan permendiknas sebelumnya yang terkait dengan inpassing guru non PNS.

  6. yuniarto berkata:

    makasih pak atas infonya, maaf baru kali in bisa ngasih komentar, soalnya tulisan bapak sering saya gunakan sebagai referensi,
    untuk permendiknas no 27 tahun 2010, lampirannya ngak ada, mohon di upload..
    makasih

  7. bloggeramin berkata:

    Perlu adanya sosialisasi tentang Permendiknas No. 27 th 2010 itu supaya para pengajar dapat menjiwahi sebagai pahlawan tanda jasa yang sesungguhnya.

  8. karestu berkata:

    terima kasih sebelumnya saya ucapkan atas informasi yang telah dikirimkan kepada saya melalui surel saya karena informasi ini sangat berharga bagi saya meskipun saat ini saya masih guru wiyata bakti di sd akan tetapi tetap saja setiap informasi yang saya sampaikan akan menjadi dasar berpikir siswa saya….saya pandang program-program untuk peningkatkan mutu pendidikan sangat perlu untuk ditingkatkan dan terrealisasi sebagaimana rencana program, hal tersebut sangat diperlukan untuk menambah wawasan guru dalam berbagai hal agar tidak berhenti di tempat…
    matur nuwun

  9. Zantosa berkata:

    pak iin download permendiknas no tahun 2010..trims

  10. kerajaan hindu budha berkata:

    hallo, saya senang membaca blog dan tulisan anda, kebetulan minat kita hampir sama ketika membahas guru bidang studi, tulisn anda layak mendapat penghargaan dr generasi muda. salam Indonesia..

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.