Mangganti Tampilan Blog

Dua hari yang lalu (Rabu, 21 April 2010) saya mendapat pesan melalui e-mail dari en.wordpress.com yang bunyinya pemberitahuan bahwa wordpress.com saat ini telah meluncurkan tema baru yang bisa digunakan secara bebas oleh para pelanggan wordpress.com.Tanpa pikir panjang saya langsung menuju TKP dan ternyata benar di sana saya mendapatkan informasi bahwa wordpress.com telah meluncurkan tema baru yang diberi nama “INFLUENCE”. Di TKP saya mendapatkan informasi bahwa tema ini merupakan tema yang tergolong ringan (light theme) dengan feature yang multi opsi. Sebuah tema yang saya idam-idamkan.

Setelah mempelajari dan merenungkan berbagai kemungkinan, akhirnya saya memutuskan  untuk mengganti tema blog ini dengan tema yang baru ini. Sebelumnya saya menggunakan tema “INove”, yang dirasakan masih ada yang kurang  pas, khususnya dalam penulisan numbering.

Kuputusan merubah tema ini,  sekaligus saya  jadikan sebagai momentum perayaan tahun ketiga kehadiran blog ini yang jatuh pada tanggal 14 April 2010 yang lalu. Bersamaan dengan perubahan tema ini, saya pun merubah titel blog ini, yang semula bernama “LET’S TALK ABOUT EDUCATION” menjadi “ALL ABOUT EDUCATION“.

Kehadiran “LET’S TALK ABOUT EDUCATION” pada waktu itu lebih didorong oleh keinginan untuk menyuarakan pentingnya pendidikan  bagi setiap orang, tetapi mungkin seiring dengan bergulirnya  waktu dan perjalanan pemikiran saya, tampaknya tidak cuku[ sekedar menyuarakan pentingnya pendidikan  tetapi  juga diperlukan  tindakan nyata untuk pendidikan.

Walk The Talk and Talk The Walk, kira-kira seperti itulah filosofi dan alasan yang mendasari perubahan ini. Mudah-mudahan hal ini bisa ter-cover dalam satu kalimat “ALL ABOUT EDUCATION.

Meski telah berubah nama, tetapi semangat dan filosofi yang diusung blog ini masih tetap sama yaitu menjalin komunikasi dan mengekspresikan diri tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan, dengan tujuan utamanya berupaya menjaga diri saya sendiri agar dapat terus belajar.

Hal teknis lainnya yang berubah dari blog ini adalah “About Me” berganti nama menjadi “Admin”, dengan asumsi  bahwa ke depannya saya cenderung ingin memposisikan diri sebagai administrator, yang akan berusaha memfasilitasi pembelajaran para pengunjung. Penggunaan istilah “About Me” dirasakan terlalu berat bagi saya karena sering dipersepsi dan diposisikan seolah-olah saya sebagai seorang ahli, padahal sesungguhnya saya pun sama-sama sedang belajar melalui blog ini.

Yang sudah lebih dulu  berubah yaitu penggunaan avatar, semula avatar sekaligus juga icon blog ini menggunakan photo kedua puteri saya. Namun dengan pertimbangan, bahwa kedua puteri saya saat ini sedang menginjak remaja, tampaknya saya pun harus belajar “melepaskan” mereka agar dapat menjadi dirinya sendiri. Kendati demikian blog ini  tetap saya  dedikasikan  kepada mereka berdua dan juga pendidikan.

Sebagai kilas balik ke belakang, ada sebuah pertanyaan  yang menggoda, dalam kurun waktu tiga tahun ini, apa sebenarnya yang telah dicapai oleh LET’S TALK ABOUT EDUCATION? Terus terang, sebagai pengelola blog ini, saya merasa amat bersyukur bahwa  dari sisi pengunjung, blog ini boleh dikatakan tidak terlalu sepi, walaupun pada awal-awal kelahirannya  tak ubahnya seperti hutan belantara yang jarang dijamah manusia.  (Lihat tabel di bawah).

Sementara dari segi komentar, tampaknya harus diakui kalau blog ini masih dianggap  sebagai blog yang tergolong miskin komentar. Padahal, menurut hemat saya di sanalah inti kekuatan yang sebenarnya dari sebuah blog. Ada interaksi, ada dialog, dan  ada saling belajar, baik antara pengunjung dengan pengunjung, maupun pengunjung dengan pengelola blog.

Saya tidak begitu paham, apakah dikarenakan konten blog yang kurang menarik ataukah ada faktor lain yang menyebabkan pengunjung enggan berkomentar. Barangkali ada diantara Anda yang dapat memberikan masukkan agar blog ini benar-benar dapat hadir menjadi blog pembelajaran (learning log) yang dapat saling mencerdaskan diantara kita.

Akhirnya, saya sampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para pengunjung yang selama ini telah meramaikan  dan berinteraksi di blog ini. Dengan segala kerendahan hati, di tahun ketiga ini, saya persembahkan “ALL ABOUT EDUCATION” kepada Anda dan Pendidikan. Semoga bermanfaat dan majulah pendidikan Indonesia!

=================================

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, SOSIOLOGI PENDIDIKAN
36 comments on “Mangganti Tampilan Blog
  1. Rederika berkata:

    Standing applause untuk Bapak Akhmad Sudrajat

  2. hmcahyo berkata:

    Salah satu yang membuat blog ini traficnya tingga adalah pemilihan “niche market”ceruk yang pasar tepat dan yang penting isinya KONSISTEN tentang PENDIDIKAN…

    Selamat Pak…

    InsyaAllah banyak manfaatnya…

    Saya Selalu mampir kemari kalau bikin makalah pendidikan

    Terimakasih

  3. Juragan DBS berkata:

    Salam kenal Mas,,
    saya pengunjung baru..

  4. hulaimi berkata:

    Selamat ulang tahun buat blog Mas Akhmad S. sejak bergabung beberapa bulan lalu inspirasi dan motivasi saya makin tumbuh setelah beberapa lama redup. Ada usul nih biar bicarakan pendidikan tidak melulu pemikiran dan teori tapi sesekali kajian praktek dan penelitian pendidikan agar wawasan kita jadi lebih komplit. Sekali lagi terimakasih dan selamat.

  5. aminhers berkata:

    Wow theme yg keren Kang, slamat hari jadi blog ini, sukses slalu dan selalu tetap berbagi,
    LET’S TALK ABOUT EDUCATION !

  6. Zainal Muttaqien berkata:

    Numpang nimbrung nih bapak…
    Sejak pertengahan 2008 saya sudah mengenal blog bapak, ketika saya pertamakali terjun ke dunia blog. Blog bapak adalah salahsatu blog rujukan dan blog role model yg selalu membuat saya merasa tercerahkan sebagai seorang guru… makanya kemudian saya bikin blog baru kembali dengan penekanan khusus tulisan-tulisan tentang dunia guru dan madrasah. Baru dua bulan terakhir ini saya concern mengurus blog saya yg nomor dua setelah menyadari bahwa blog dengan tema “guru madrasah” atau “kajian tentang madrasah” masih sangat minim. Harapan saya mudah-mudahan di masa mendatang akan semakin banyak blog para guru (terutama guru madrasah) yg berkenan berbagi wawasan, ilmu pengetahuan dan kearifan sebagaimana yg selama ini bapak lakukan melalui blog bapak.

    Terimakasih…

  7. Firman Parlindungan berkata:

    tulisan2 opini seputar pendidikan khususnya berkaitan dengan guru,,,, I love it..
    gaya penulisan dan pemilihan diksinya tepat,, sehingga tidak ada kesan pragmatismenya…
    saya pendatang baru ne di wordpress,, minta sarannya supaya blog saya juga bisa ramai seperti blog ini bgaimana??
    cakradonya @hotmail.com email saya..
    zubarman.worpress.com itu blog nya…
    mohon sharingnya ya..

  8. khalifatur berkata:

    Alhamdulillah. Selamat milad buat blognya, Pak Ahmad. Baru tahu kalau usianya “baru” 3 tahun. Soalnya melihat mantapya blog ini, saya kira sudah 5 tahunan. Ternyata cuma beda 1 tahun dengan blog saya. Makanya saya jadi malu. Umur cuma beda setahun tapi manfaat yang Bapak hadirkan melalui blog ini sungguh jauh berbeda dengan blog saya. Bagi saya pribadi blog ini:
    1. Ibarat suluh bagi dunia pendidikan: informatif, edukatif, aplikatif (khususnya di bidang BP), inspiratif, dan dijamin positif.
    2. Gambaran profesionalitas seorang pendidik yang mencurahkan seluruh potensi dirinya untuk kemajuan peserta didik dan pendidikan.
    3. Ramah, rendah hati, rajin posting.
    4. Bahasannya formal dan ilmiah. Sangat cocok sebagai bahan referensi tulisan/tugas dan pemikiran.
    Kemudian terkait soal komentar, ijinkan saya berbagi pandangan. Saya kira sebuah blog yang baik tidak selalu banjir komentar atau interaksi. Kecuali blog-blog praktis (komputer, masak, bertani/ternak, pertukangan, dan semacam itu), kebanyakan blog yang penuh komentar adalah blog yang berisi tulisan2 ringan yang sensasional, populer, cita rasa anak muda/remaja (gaul), atau komunitas hobiis. Padahal manfaat yg bisa diambil dari postingan semacam itu minim sekali. Dan blog Pak Ahmad, menurut saya beda “genre” dengan yang seperti itu.
    Mengusung ide “let’s talk about education” (awalnya) dan mengupas “kenjlimetan” misi pendidikan, tentu membuat tidak sembarang orang rajin berkunjung ke blog ini. Dan keseriusan bahasan di blog ini membuat pengunjung juga “pikir-pikir” kalau mau asal komentar. Tapi meskipun tidak berbagi komentar, saya kira intensitas dan statistik kunjungan ke blog ini sudah mencerminkan “ramainya” kepedulian terhadap kemajuan pendidikan di negeri ini.
    Mungkin saya termasuk golongan pengunjung berlangganan yg jarang (hampir tidak pernah) comment itu. Saya memang tidak punya alasan untuk mengomentari postingan Bapak yang sangat bermutu itu. Alih-alih komentar, saya justru seperti terperangah dengan “kecanggihan” Bapak. Sebagai ibu rumah tangga, saya hanya bisa berterimakasih yang tak terhingga atas sharing ilmunya. Berjumpa dengan pendidik yang sungguh-sungguh selalu membangkitkan optimisme akan kualitas pendidikan indonesia, dan mengingatkan untuk selalu bersikap yg terbaik kepada para pendidik yg lurus.
    Sekali lagi selamat milad, Pak. Semoga di tahun-tahun mendatang blog ini semakin bagus dan memotivasi -inspirasi semakin banyak guru di seantero negeri kita. “All about Education”, go go go!

    NB: tema barunya oke, Pak! Berkesan lebih cerah, ringan, dan dinamis.

  9. H.Indra berkata:

    Wilujeng Ultah ka 3 kanggo Al-Mukarom,mudah-mudahan admin na sehat teras supados hasil karyana tiasa dibaca ku sim kuring(khususna) umumna ku urang sadayana.Amin.

  10. jacky berkata:

    jos gandos tempe gembaos nih pak…. heheheh lanjutkan… lam knal pak…

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.