Mangganti Tampilan Blog

Dua hari yang lalu (Rabu, 21 April 2010) saya mendapat pesan melalui e-mail dari en.wordpress.com yang bunyinya pemberitahuan bahwa wordpress.com saat ini telah meluncurkan tema baru yang bisa digunakan secara bebas oleh para pelanggan wordpress.com.Tanpa pikir panjang saya langsung menuju TKP dan ternyata benar di sana saya mendapatkan informasi bahwa wordpress.com telah meluncurkan tema baru yang diberi nama “INFLUENCE”. Di TKP saya mendapatkan informasi bahwa tema ini merupakan tema yang tergolong ringan (light theme) dengan feature yang multi opsi. Sebuah tema yang saya idam-idamkan.

Setelah mempelajari dan merenungkan berbagai kemungkinan, akhirnya saya memutuskan  untuk mengganti tema blog ini dengan tema yang baru ini. Sebelumnya saya menggunakan tema “INove”, yang dirasakan masih ada yang kurang  pas, khususnya dalam penulisan numbering.

Kuputusan merubah tema ini,  sekaligus saya  jadikan sebagai momentum perayaan tahun ketiga kehadiran blog ini yang jatuh pada tanggal 14 April 2010 yang lalu. Bersamaan dengan perubahan tema ini, saya pun merubah titel blog ini, yang semula bernama “LET’S TALK ABOUT EDUCATION” menjadi “ALL ABOUT EDUCATION“.

Kehadiran “LET’S TALK ABOUT EDUCATION” pada waktu itu lebih didorong oleh keinginan untuk menyuarakan pentingnya pendidikan  bagi setiap orang, tetapi mungkin seiring dengan bergulirnya  waktu dan perjalanan pemikiran saya, tampaknya tidak cuku[ sekedar menyuarakan pentingnya pendidikan  tetapi  juga diperlukan  tindakan nyata untuk pendidikan.

Walk The Talk and Talk The Walk, kira-kira seperti itulah filosofi dan alasan yang mendasari perubahan ini. Mudah-mudahan hal ini bisa ter-cover dalam satu kalimat “ALL ABOUT EDUCATION.

Meski telah berubah nama, tetapi semangat dan filosofi yang diusung blog ini masih tetap sama yaitu menjalin komunikasi dan mengekspresikan diri tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan, dengan tujuan utamanya berupaya menjaga diri saya sendiri agar dapat terus belajar.

Hal teknis lainnya yang berubah dari blog ini adalah “About Me” berganti nama menjadi “Admin”, dengan asumsi  bahwa ke depannya saya cenderung ingin memposisikan diri sebagai administrator, yang akan berusaha memfasilitasi pembelajaran para pengunjung. Penggunaan istilah “About Me” dirasakan terlalu berat bagi saya karena sering dipersepsi dan diposisikan seolah-olah saya sebagai seorang ahli, padahal sesungguhnya saya pun sama-sama sedang belajar melalui blog ini.

Yang sudah lebih dulu  berubah yaitu penggunaan avatar, semula avatar sekaligus juga icon blog ini menggunakan photo kedua puteri saya. Namun dengan pertimbangan, bahwa kedua puteri saya saat ini sedang menginjak remaja, tampaknya saya pun harus belajar “melepaskan” mereka agar dapat menjadi dirinya sendiri. Kendati demikian blog ini  tetap saya  dedikasikan  kepada mereka berdua dan juga pendidikan.

Sebagai kilas balik ke belakang, ada sebuah pertanyaan  yang menggoda, dalam kurun waktu tiga tahun ini, apa sebenarnya yang telah dicapai oleh LET’S TALK ABOUT EDUCATION? Terus terang, sebagai pengelola blog ini, saya merasa amat bersyukur bahwa  dari sisi pengunjung, blog ini boleh dikatakan tidak terlalu sepi, walaupun pada awal-awal kelahirannya  tak ubahnya seperti hutan belantara yang jarang dijamah manusia.  (Lihat tabel di bawah).

Sementara dari segi komentar, tampaknya harus diakui kalau blog ini masih dianggap  sebagai blog yang tergolong miskin komentar. Padahal, menurut hemat saya di sanalah inti kekuatan yang sebenarnya dari sebuah blog. Ada interaksi, ada dialog, dan  ada saling belajar, baik antara pengunjung dengan pengunjung, maupun pengunjung dengan pengelola blog.

Saya tidak begitu paham, apakah dikarenakan konten blog yang kurang menarik ataukah ada faktor lain yang menyebabkan pengunjung enggan berkomentar. Barangkali ada diantara Anda yang dapat memberikan masukkan agar blog ini benar-benar dapat hadir menjadi blog pembelajaran (learning log) yang dapat saling mencerdaskan diantara kita.

Akhirnya, saya sampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para pengunjung yang selama ini telah meramaikan  dan berinteraksi di blog ini. Dengan segala kerendahan hati, di tahun ketiga ini, saya persembahkan “ALL ABOUT EDUCATION” kepada Anda dan Pendidikan. Semoga bermanfaat dan majulah pendidikan Indonesia!

=================================

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, SOSIOLOGI PENDIDIKAN
36 comments on “Mangganti Tampilan Blog
  1. tonosaur berkata:

    mantaaapp..

    Terima kasih

  2. sriwahyuni berkata:

    Assalamu’alaikum
    Selamat Ultah ke 3 mudah-2 an terus berkarya dan selalu menjadi inspirasi yang membaca termasuk saya n tersambung silaturahim diantara kita yang peduli pendidikan anak bangsa. Di era otoda pendidikan kadang kadaluwarsa, ketinggalan informasi, tidak dibina, dilirik saja, tidak perda pendidikan, bekerja semaunya, alhamdulilah masih ada dunia maya kepunyaan Ahmad Sudrajat yang selalu dinanti penggemarnya. Amin
    Wassalam

  3. deep yudha berkata:

    Pa untuk saya pribadi sebagai guru, tulisan2 yang memberi inspirasi dan sangat penting dalam membekali diri agar dapat bersikap ideal bagi para peserta didik baik di kelas maupun diluar kelas. Seperti kita tau di zaman kemajuan teknologi seperti sekarang ini lingkungan dan kondisi di sekitar para peserta didik kita sudah jauh berbeda dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan kaum pendidik. Teknologi dengan segala dampaknya baik yang positip maupun yang negatip terhadap peserta didik kita membuat kita sebagai guru tentu saja harus tertantang untuk senantiasa belajar dan belajar agar dapat mengatasi kesenjangan yang mugkin saja terjadi jika kita tidak berupaya mengupdate diri kita. Dengan demikian kita bisa selaras dengan situasi dan kondisi para peserta didik kita.Tulisan2 bapak tentang: Konsep2 Psikologi, Perkembangan Individu, Aplikasi Psikologi dalam Pendidikan, Konsep Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Tentang Guru, Inovasi dan Peningkatan Mutu Pembelajaran, dll betul-betul sangat membantu saya dalam upaya menjadi guru yang ideal dan saya sangat yakin sangat banyak sebenarnya guru yang masih harus belajar banyak dari blog bapak ini.Selain itu tulisan tentang BK juga saya lihat banyak dan itu pasti sangat bermanfaat bagi guru BK zaman sekarang yang harus menghadapi peserta didik dengan segala permasalahannya yang jauh lebih kompleks. Masalahnya bagaimana cara yang bijaksana untuk dapat memotivasi teman2 guru lain juga guru BK untuk ikut rajin membaca blog bapak ini tanpa terlihat/terdengar bernada menggurui.Tulisan lain yang membahas manajemen sekolah/Pendidikan juga sangat bermanfaat bagi para pemegang/ pengambil kebijakan , seandainya saya dapat mengajak semua unsur yang ada di sekolah saya untuk dapat ikut mengambi manfaat dari blog bapa ini wah kayaknya sekolah kami bisa mengalami kemajuan yang lebih pesat.Barangkali diantara teman2 punya ide ? atau ada advis jitu dari pak Akhmad sendiri ? Terima kasih pak ditunggu advisnya yaa…..

  4. M Mursyid PW berkata:

    This theme really suits you.
    What ever theme you use, this blog has been an icon of beneficial educational blog to visit.
    Just keep writing for us who are always hungry for your valuable ideas and information.

  5. agoenk70 berkata:

    nice banget neh themenya.. terlihat simpel bersih dan enak dilihat.. dan pastinya tidak berat aksesnya

  6. zubarman berkata:

    tulisan yang banyak menginspirasi

  7. TRIYONO berkata:

    selalu berinovasi dan mempercantik diri, saya senang pak satu lagi inspirasi dari bapak, selamat ulang tahun “ALL ABOUT EDUCATION“.

  8. Bakharuddin berkata:

    Tema barunya ….makin ramping dan menarik Pak….

  9. www.budies.info berkata:

    senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 00:08

  10. jacky berkata:

    makin manteb aj om …. seiring bertambahnya usia heheheheh…..

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.