Tarif Baru TelkomselFlash

Untuk menyalurkan hobi  “nge-net” saya, sejak bulan Pebruari 2009 yang  lalu, saya berlangganan Basic Package Unlimited TelkomselFlash, fair usage 2 Gb. Hingga bulan Agustus 2009, saya dan keluarga benar-benar dapat menikmati layanan ini, yang menurut hemat saya terbilang murah-meriah.

Pada waktu itu saya berpikiran bahwa program unlimited yang dikembangkan Telkomsel ini merupakan wujud nyata dari Telkomsel untuk mendukung program pemerintah dalam upaya  memasyarakatkan internet di Indonesia dan juga membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses internet  yang relatif cepat dan murah. Bahkan pada waktu itu sempat menduga pula,  bahwa kemungkinan ke depannya  biaya internet akan lebih  murah dan akses lebih cepat, sehingga Indonesia  dapat menjadi semakin melek informasi.

Ternyata dugaan saya keliru, memasuki bulan September saya menerima pemberitahuan SMS dari Telkomsel melalui nomor HP yang saya gunakan untuk akses internet, bahwa mulai  tanggal 01 September 2009 terjadi perubahan kebijakan penurunan kapasitas fair usage dari 2 Gb menjadi 500 Mb. Mulai sejak itulah, kenyamanan dan keasyikan saya dalam berinternet-ria mulai terganggu.

Dalam komputer saya, di “dial up” saya sengaja mengaktifkan ‘show icon in notification area when connected”, yang muncul di taskbar pojok sebelah kanan layar komputer, dengan maksud agar saya dapat melihat dan mengontrol seberapa bagus koneksi yang sedang berlangsung. Sebelum dikeluarkan kebijakan baru per 01 Sepetember 2009, ketika saya sedang berinternet,  indikator dalam icon  tersebut tampak lebih sering “melotot”, dan koneksi lancar-lancar saja,  namun setelah adanya kebijakan baru,  indikator dalam icon  lebih sering menampakkan  “merem-melek”, bahkan “merem” sama sekali.

Beruntung saya tidak memiliki penyakit darah tinggi,  andaikan saya mengidap penyakit ini mungkin saya sudah membanting atau menendang komputer yang ada di hadapan saya, gara-gara sering gagal koneksi. Sebagai konsumen yang terikat dengan perjanjian berlangganan, saya  tidak bisa berbuat banyak dengan kebijakan baru dari Telkomsel ini dan Telkomsel sebagai perusahaan komersial tentunya memiliki otoritas penuh untuk menentukan kebijakan bisnisnya.

Yang sedang saya pertimbangkan saat ini adalah keinginan untuk berpindah hati, barangkali ada operator lain yang lebih mampu menyediakan paket internet serupa, namun tetap dengan akses yang cepat dan biaya murah.

Barangkali ada diantara pengunjung yang bisa membantu saya memberikan info tentang ini, agar saya bisa tetap menyalurkan hobi nge-net saya sekaligus mempertahankan kelanjutan blog ini.

========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, SOSIOLOGI PENDIDIKAN
22 comments on “Tarif Baru TelkomselFlash
  1. Riny berkata:

    wah kalo sy termasuk orang yang pengen ngasih orang aja tu modem flexy,anngap aja berinfak ke telkomsel.Skrg sy pindah ke lain, mahal dikit yg ptg lancar kan,soalnya bagi mahasiswa pasca amat penting banget cari jurnalx.

  2. aldinal habsyi berkata:

    dunia ini adalah lahan akhirat, tanamlah kebaikan niiscaya km akan menuainya.
    ketahuilah…orang yang maju saat ini adalah orang yang paling cepat mengakses informasi.

  3. iqbal anas berkata:

    kalau perusahaan besar merugikan konsumen itu kok dianggap bukan sebuah penipuan? tapi kalau rakyat nipu seribu perak aja bisa nyawa taruhannya..memang hukum dinegeri ini tidak adil.

  4. PURWANTO berkata:

    saya pernah nyoba smart Pak,muraha ada bonusnya lagi tapi agak lelet, sekarang sy pake ceria. Bapak bisa pilih yg mana saja.
    THX atas infonya

  5. Ikwan berkata:

    Pake paket smart aj mas..
    Murah n cepet..
    Tampaknya saya harus segera beralih. Terima kasih atas infonya

  6. ardanaakbar berkata:

    emang mas telkomsel adalah penipu ulung,saya juga merasakan hal yang sama,apalagi punya saya malah terblokir padahal saya telah membayar tagihan saya padahari itu dan hari itu juga nomer flash saya tidak bisa dipakai,terus saya hubungi custumer service eh malah mereka omongnya ngawur katanya modemnyalah yang rusak harus di repair,hpnya yang salah seting pokoknya omongnya macam2 lah nggak ada yang benar….
    DASAR PENIPU………
    Untuk masalah ini saya tidak begitu paham, mungkin telkomsel harus menjelaskannya

  7. menyan berkata:

    emang tflash penipu.. uda dibalikin ke 2gb tapi cuma sampe tanggal 31oktober.. ckckck.. mamam sampah aja lo!

    lelet lagi….lelet lagi…. capek dech!

  8. siti berkata:

    marilah Qta memajukan Indonesia supaya tidak GAPTEK ngga ketinggalan dengan Negara lain……….. Indonesia pasti mampu dengan modal Itikad dan Niat. Maju Indonesia!!!!

    Memang harus ada itikad dan usaha yang sungguh-sungguh ke arah sana. Jika tidak, kita khawatir bangsa ini akan tergilas oleh perkembangan jaman

  9. miss unique♥ berkata:

    saiia juga kecewa dengan kebijakan baru itu. Dirasakan koneksi semakin memburuk. Ayo mas kita demo ke gedung DPR dan adukan kasusu ini k komnas perlindungan anak! *ck ck ck gag nyambung…* hmm, quota diturunkan membuat saiia tak lagi membanggakan sistem unlimeted dari provider itu. kecewa. tapi, ya, apa boleh buat. saiia sekarang sedang melirik-lirik mungkin saja ada service provider lain yang serupa dengan “telkomsel flash yang dahulu”
    akses internet di negri tercinta ini masih terbilang hal yang relatif mahal yah mas T.T hix
    Apa boleh buat, kita saat ini sedang hidup di era ekonomi pasar

  10. xoit berkata:

    barusan dapat sms ini,
    Pelanggan Yth. Sbg wujud apresiasi kami terhadap pelanggan TELKOMSELFlash, selama 1 bulan (Tgl 1 s/d 31 Okt 09), Fair Use Paket TELKOMSELFlash Unlimited anda kembali ke kuota semula yaitu 2 GB. Setelah tgl tsb Fair Use Paket anda kembali ke kondisi existing.Terimakasih

    berarti setelah ocktober, yaitu bulan november menjadi 500MB fair use ya?

    OK, thx atas infonya dan saya pun merasakan belakangan ini akses saya normal lagi. Tapi kenapa tidak terus aja? Supaya kita tetap nyaman berinternet ria

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.