Tarif Baru TelkomselFlash

Untuk menyalurkan hobi  “nge-net” saya, sejak bulan Pebruari 2009 yang  lalu, saya berlangganan Basic Package Unlimited TelkomselFlash, fair usage 2 Gb. Hingga bulan Agustus 2009, saya dan keluarga benar-benar dapat menikmati layanan ini, yang menurut hemat saya terbilang murah-meriah.

Pada waktu itu saya berpikiran bahwa program unlimited yang dikembangkan Telkomsel ini merupakan wujud nyata dari Telkomsel untuk mendukung program pemerintah dalam upaya  memasyarakatkan internet di Indonesia dan juga membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses internet  yang relatif cepat dan murah. Bahkan pada waktu itu sempat menduga pula,  bahwa kemungkinan ke depannya  biaya internet akan lebih  murah dan akses lebih cepat, sehingga Indonesia  dapat menjadi semakin melek informasi.

Ternyata dugaan saya keliru, memasuki bulan September saya menerima pemberitahuan SMS dari Telkomsel melalui nomor HP yang saya gunakan untuk akses internet, bahwa mulai  tanggal 01 September 2009 terjadi perubahan kebijakan penurunan kapasitas fair usage dari 2 Gb menjadi 500 Mb. Mulai sejak itulah, kenyamanan dan keasyikan saya dalam berinternet-ria mulai terganggu.

Dalam komputer saya, di “dial up” saya sengaja mengaktifkan ‘show icon in notification area when connected”, yang muncul di taskbar pojok sebelah kanan layar komputer, dengan maksud agar saya dapat melihat dan mengontrol seberapa bagus koneksi yang sedang berlangsung. Sebelum dikeluarkan kebijakan baru per 01 Sepetember 2009, ketika saya sedang berinternet,  indikator dalam icon  tersebut tampak lebih sering “melotot”, dan koneksi lancar-lancar saja,  namun setelah adanya kebijakan baru,  indikator dalam icon  lebih sering menampakkan  “merem-melek”, bahkan “merem” sama sekali.

Beruntung saya tidak memiliki penyakit darah tinggi,  andaikan saya mengidap penyakit ini mungkin saya sudah membanting atau menendang komputer yang ada di hadapan saya, gara-gara sering gagal koneksi. Sebagai konsumen yang terikat dengan perjanjian berlangganan, saya  tidak bisa berbuat banyak dengan kebijakan baru dari Telkomsel ini dan Telkomsel sebagai perusahaan komersial tentunya memiliki otoritas penuh untuk menentukan kebijakan bisnisnya.

Yang sedang saya pertimbangkan saat ini adalah keinginan untuk berpindah hati, barangkali ada operator lain yang lebih mampu menyediakan paket internet serupa, namun tetap dengan akses yang cepat dan biaya murah.

Barangkali ada diantara pengunjung yang bisa membantu saya memberikan info tentang ini, agar saya bisa tetap menyalurkan hobi nge-net saya sekaligus mempertahankan kelanjutan blog ini.

========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, SOSIOLOGI PENDIDIKAN
22 comments on “Tarif Baru TelkomselFlash
  1. irku mengatakan:

    m2 aja dari indosat, saya di puasin oleh M2

  2. meoocat mengatakan:

    berhubung saya ikut suami didesa yang jauh dari perkotaan… sumpek juga bolak balik kota cm buat ngenet… akhirnya saya tanya” ada yg bisa pake modem… untuk daerah saya yg kabel telefon slalu digondol maling ya jelas klo pake speedy ga mungkin… nomer hp yg saya punya cm 2 as dan im3… klo kartu laen masih ga jangkau… berhub klo simpati mahal… akhirya saya pake im3 durasi… mahal… tapi mo gimana lagi? lah aslinya pemerintah ngadain free hot spot buat daerah terpencil, apalagi yg sebagian orangnya tani dan punya laptop… tani skarang ga cuma nyangkul… tapi pemerintah n keadilan sekarang malah kayak tikus… ada duit melek, ga ada duit merem… ga ngurus kemajuan bangsa… payah… klo masalah telkomsel tu memang mahal, bondo sinyal ga bondo flashnya itu.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s