Kode Etik Guru Indonesia (KEGI)

Kode etik adalah kode moral yang menjadi landasan kerja bagi pekerja profesional. Etik merupakan standar tingkah laku standar seseorang, atau sekelompok orang, yang didasarkan atas nilai-nilai yang disepakati. Setiap kelompok profesi pada dasarnya merumuskan standar tingkah lakunya yang dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan tugas dan kewajiban profesional. Standar Tingkah Laku profesional itu diterjemahkan dari nilai-nilai masyarakat ke dalam bentuk cita-cita yang terstruktur dalam hubungannya dengan orang lain, peserta didik (klien) dan masyarakat. Terjemahan nilai-nilai sebagai bentuk standar itu dirumuskan ke dalam “kode etik profesi” (Hansen, 1982:438).

Guru merupakan sebuah profesi terhormat dan mulia yang mengabdikan diri dan berbakti untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Sebagai sebuah perkerjaan profesional, maka guru dituntut untuk dapat bersikap dan berperilaku sejalan dengan Kode Etik Profesi.

Pertanyaannya, apakah para guru di Indonesia  saat ini sudah dapat menghayati dan menegakkan kode etik profesinya? Jawabannya tampaknya akan beragam, bahkan mungkin  ada diantaranya ada yang sama sekali belum mengetahui isi dari kode etik guru itu sendiri.

Jika Anda belum tahu, tautan  di bawah ini berisi rumusan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI), yang didalamnya memuat : Pembukaan, Pengertian Tujuan dan Fungsi, Sumpah dan Janji Guru Indonesia, Nilai-nilai Dasar dan Nilai-Nilai Operasional,  Pelaksanaan , Pelanggaran dan Sanksi, Ketentuan Tambahan dan Penutup.

Kode Etik Guru Indonesia (KEGI)

==============

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENDIDIKAN
35 comments on “Kode Etik Guru Indonesia (KEGI)
  1. misran.B mengatakan:

    saya belum tahu rumusan kode etik guru terbaru katanya ada 10 sekarang. kode etik harus dijalankan agar pendidikan kita lebih maju lagi

  2. Saliamah Marjuli mengatakan:

    guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa… guru yang bijak adalah guru yang tau atura dan kode etik guru itu sendiri.

  3. Destie mengatakan:

    Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesional,,,itu mrupakan salah satu isi dari kode etik guru,,tapi kenapa kenyataan pada saat ini guru terkadang secara tidak langsung mengajarkan pada peserta didik ketidakjujuran dalam bersikap??. Salah satu conthnya jika ingin masuk sekolah favorit terkadang harus menggunakan uang.

  4. hengki mengatakan:

    pa ,,saya cuma mau tanya yang jadi penghambat unutk menjalankan kode etik guru indonesia itu apa-apa saja,?
    dan apakah kode etik guru di negara ini sudah berjaan dengan baik,,?
    butuh jawabanya,,,untuk analisa,,,..

  5. lukman mengatakan:

    sebagai guru itu harus profesional dalam menjalankan tugas,agar tidak melanggar kode etik….

  6. Bambang Tri mengatakan:

    Trimakasih atas kesediaan Pak Drajat berbagi info yang sedemikian baiknya. Saya sudah mengakses beberapa tulisan Anda yang sangat informatif, termasuk tentang kode etik guru. Nah, tentang kode etik ini Saya ingin memberikan beberapa pandangan.
    1) berdasar UU Guru & Dosen, kode etik itu dibuat oleh organisasi guru untuk anggotanya. KEGI yang Anda paparkan itu oleh siapa dan untuk siapa ? Jika itu diterbitkan oleh PGRI ya hanya mengikat anggota PGRI, bukan semua guru di Indonesia. Mengingat sekarang telah ada beberapa organisasi profesi guru yang sah dan diakui oleh NKRI ; 2) Adalah kewajiban Organisasi untuk mensosialisasikan Kode Etik-nya kepada anggota. Jadi jika ada guru yang tidak paham Kode Etik Guru itu mungkin karena organisasinya tidak mengenalkan secara baik kepada anggotanya, atau bahkan tidak ada upaya sosialisasi sama sekali ; 3) Akan lebih baik jika Anda mendorong organisasi guru (terutama yang anda ikuti) agar lebih melayani kepentingan profesionalitas anggotanya. Hal ini sebagai salah satu bentuk tanggungjawab organisasi atas iuran yang dikumpulkan tiap bulan dari anggota (guru).

  7. mirna mengatakan:

    KEGI tahun berapakah yang dimuat dalam tautan tersebut?

  8. M Mushthafa mengatakan:

    Terima kasih atas posting ini.
    Saya ingin bertanya, siapa yang membuat rumusan kode etik guru ini? Adakan pemaparannya secara lebih utuh?

  9. sUNAR mengatakan:

    KODE ETIK GURU INDONESI TIDAK BERLAKU KETIKA UJIAN NASIONAL BERLANGSUNG

  10. pio mengatakan:

    Guru memangla profesi yang sangat terhormat tapi masih ada guru yang belum atau lupa dengan kode etiknya dan masih ada saja guru yang tidak memperhatikan muridnya ..jadi bila anda-anda sudah siap menjadi seorang guru bertanggung jawablah dan ingat la kode etik GURUUU…

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s