Peranan Pendidikan Menuju Bangsa yang Bermartabat

Pada pertemuan Better Education Through Reformed Management And Universal Teacher Upgrading (BERMUTU), 29 Januari 2009 di Hotel Kaisar Jakarta, Prof. Dr. SUDJARWO, M.S., menyampaikan pemikirannya tentang “Peran Pendidikan Menuju Bangsa yang Bermartabat.

Dikatakannya bahwa mendidik merupakan usaha sadar manusia mengorganisir lingkungan menghubungkannya dengan peserta didik sehingga terjadi proses pembelajaran. Mengorganisir lingkungan adalah upaya sadar dengan melihat potensi lingkungan kemudian merespon peserta didik sehingga terjaditransformasi menuju pada terbentuknya proses pembelajaran.

Untuk membentuk proses pembelajaran yang berkualitas diperlukan partisipasi yang tinggi dari semua penyelenggara pendidikan. Dalam hal ini, terdapat dua kata kunci pokok yang harus diperhatikan guna keberhasilan pendidikan: (1) Anggaran pendidikan yang memadai dari pemerintah dan (2) Partisipasi guru, murid dan orang tua/masyarakat. Anggaran pendidikan adalah bentuk tanggungjawab negara terhadap warganya yang diatur oleh undang-undang. Negara yang peduli dengan generasi masa depan bangsanya akan memprioritaskan anggaran pendidikan pada anggaran belanja negaranya.

Terkait dengan partisipasi guru, Sudjarwo menyebutkan bahwa apapun pembaharuan pendidikan dilakukan jika tidak menyentuh apa yang digelar guru di muka kelas, maka pembaharuan dan apapun namanya tidak berarti apa-apa. Sementara terkait dengan partisipasi murid, proses pendidikan tidak akan berjalan jika tidak ada kesadaran dari peserta didik bahwa proses pembelajaran itu orientasinya ada pada peserta didik itu sendiri, bukan pada pendidik. Apapun pembaharuan pendidikan jika peserta didik tidak menyadari tugas dan fungsinya maka tujuan pendidikan tidak akan tercapai. Berkenaan dengan tanggungjawab orang tua/masyarakat, penyelenggaraan pendidikan tidak mungkin hanya dapat dilaksanakan oleh pemerintah saja tanpa partisipasi masyarakat.

Secara skematik, model Peran Pendidikan Menuju Bangsa Yang Bermartabat dapat dilihat dalam bagan berikut ini:

model peran pendidikan

Dari pemaparannya ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Martabat bangsa dapat diwujudkan apabila mutu penyelenggaraan pendidikan menjadi prioritas.
  2. Martabat bangsa akan terwujud jika semua elemen bangsa peduli terhadap pendidikan
  3. Pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja
  4. Inventasi bidang pendidikan memerlukan dana yang besar dan waktu yang lama.

===========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, MANAJEMEN PENDIDIKAN
7 comments on “Peranan Pendidikan Menuju Bangsa yang Bermartabat
  1. djufri mengatakan:

    bapak saya mau minta tlong kirimkan saya makalah, kurikulum dan pembelajaran bermutu dalam mengantisipasi tantangan global, terima kasih ya bapak….

  2. cha mengatakan:

    gua setuju tentang peran pendidikan meningkatkan derajat bangsa,
    lebih baik lagi dengan penerapan konsep ilam dalam pendidikan tersebut,
    gua cha.

  3. subkioke mengatakan:

    terima kasih pak akhmad sudrajat
    artikel pendidikannya cukup banyak dan berbobot
    layak dijadikan rujukan buat teman2 guru/tenaga pendidikan.

    sukses selalu

  4. Alfred P.I. Kawilarang mengatakan:

    Selamat Pagi, siang, sore untuk semuanya.
    Saya masih berstatus pelajar, boleh kan ikut membaca tulisan bapak/ibu semuanya.
    Konon ketika ayah saya membaca artikel ini sambil mengangguk-anggukan kepala, memancing saya untuk ikut membaca artikel ini. Tak lama kemudian ayah bicara sendiri begini ujarnya:” Jarang ada orang yang mau berbuat nyata bagi dunia pendidikan” Saya tidak tau apa maksudnya hanya ikut mengangguk-anggukkan kepala saya.
    Harapan saya masih jauh didepan, akankah saya mengecap hasil dari renungan dan tindakan nyata oleh para senior yang juga membaca artikel yang lainnya juga yang terjaring oleh internet?

    Salam Pendidikan.

    @ Alfred dan Papahnya
    Om Adjat ikut seneng kalo Alfred mulai belajar nge-blog. Tulis saja apa yang Alfred suka dan bisa, jangan lupa terus belajar!

  5. muhammad ismail mengatakan:

    saya setuju dengan tulisan bapak tentang mutu pendidikan yang dijadikan prioritas peningkatan disamping itu diperlukan partisipasi dari semua lini masyarakat.
    tapi yang jadi catatan saya pribadi dan mungkin bapak setuju. menurut saya PENANAMAN AKHLAK pada diri setiap peserta didik adalah syarat mutlak tumbuhnya pendidikan yang bermutu…

    salam pendidikan indonesia..

  6. Robertus TJ mengatakan:

    Ikut partisipasi
    Pertanyaan yang muncul dalam benak saya adalah bagaimana peran pengawas dalam membantu guru semakin professional? Menurut Carl D. Glickman (2002), ada beberapa bantuan yang dapat diberikan kepada guru melalui kegiatan seperti Clinical supervision, Peer Coahing, Critical Friends, and Classroom Action Research. Saya secara pribadi juga baru mempelajari hal tersebut dan menurut saya ikut akan sangat membantu para guru. Terima kasih selamt membaca dan mungkin untuk mencobanya.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s