Instrumen Akreditasi SMA-MA

Pemberlakuan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah membawa konsekuensi tersendiri terhadap teknis penyelenggaraan Akreditasi Sekolah, dan salah satunya adalah berkaitan dengan instrumen yang digunakan. Mulai tahun 2008, untuk mengukur kelayakan SMA/MA dalam kegiatan Akreditasi telah digunakan instrumen baru, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mendiknas No. 52 Tahun 2008 tentang Krtiteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Menengah Atas-Madrasah Aliyah.

Instrumen Akreditasi SMA-MA yang baru terdiri dari 165 item dan 8 komponen, sesuai standar nasional pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian).

Selain itu, dalam Permendiknas tersebut dilampiri pula dengan Petunjuk Umum dan Petunjuk Teknis yang dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam mengisi instrumen evaluasi diri sekaligus juga menjadi pegangan bagi para asesor dalam mengklarifikasi dan memverifikasi data pada saat kegiatan visitasi

Instrumen Akreditasi SMA-MA disusun dalam bentuk skala dengan lima option jawaban secara gradual. Jika dibandingkan dengan instrumen sebelumnya yang berbentuk jawaban dikhotomi (YA atau TIDAK), bentuk skala dengan jawaban lima option ini tampaknya jauh lebih memungkinkan sekolah untuk dapat mengisi instrumen evaluasi diri secara lebih objektif. Demikian pula, para asesor akan dapat menggali data lebih akurat pada saat kegiatan visitasi.

Dalam instrumen dengan jawaban yang berbentuk dikhotomi tampaknya telah menimbulkan kesulitan tersendiri bagi sekolah dalam menentukan jawaban. Dalam hal ini, pertimbangan subyektif terasa sangat kental karena tidak ada parameter yang jelas. Demikian juga, para asesor seringkali mengalami kesulitan dalam memverifikasi data, terutama jika berhadapan dengan sekolah-sekolah yang merasa ”over estimate” dalam melakukan kegiatan evaluasi dirinya.

Semoga saja dengan adanya perubahan instrumen dan teknis penyelenggaraan akreditasi ini kiranya dapat semakin mengokohkan fungsi dan tujuan dari akreditasi itu sendiri yakni tercapainya pendidikan Indonesia yang berkualitas tinggi.

Selengkapnya tentang Isi Permendiknas No. 52 Tahun 2008 dapat dilihat dalam tautan di bawah ini:

Permendiknas No. 52 Tahun 2008 tentang Krtiteria dan Perangkat Akreditasi SMA-MA

(sumber: www. psb-sma.org)

=============

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, MANAJEMEN PENDIDIKAN
11 comments on “Instrumen Akreditasi SMA-MA
  1. abu faraz berkata:

    thxs brother…..

  2. SMA Muh. 1 Samarinda berkata:

    izin saya mendownload perangkat akreditasi

  3. Drs. Ir. Soeharto,MM. berkata:

    Terima Kasih Pak Akhmad Sudrajad. Sangat Bermanfaat sekali, masalahnya saya mengelola 12 Sekolah yang tersebar di Jawa Timur (11 Sekolah) dan 1 di Jakarta.

  4. m. aspani berkata:

    makasih pa…

  5. Lukman berkata:

    izin download pak…

  6. samsul bahri berkata:

    kawan-kawan terhormat, dimana kami harus mencari instrumen akreditasi SD terbaru???
    kalau ada bisa ya di kirim ke kami di kalimantan selatan

  7. Aguspur berkata:

    saat ini di sekolahku ada IHT tentang akreditasi sekolah, narasumber (dari pengawas) : ada 165 item.
    Tujuannya bagus sih … tapi prakteknya jauuuu ….hh panggang dari api. 165 item itu dipastikan hanya sebagai sajen untuk assesor.

  8. Sugito berkata:

    Bapak yang terhormat,…

    Kami mohon tanya dimana saya harus mencari contob Instrumen Akreditasi SD/MI beserta contoh penskorangnnya.

    Salam ! terima kasih atas terkabulnya permohonan ini !

  9. lina zain berkata:

    Madrasah kami, Alhamdulillah pada waktu yang lalu dijadikan tempat uji coba para asesor untuk menggunakan instrumen baru akreditasi ini.Pendapat saya dengan instrumen baru penilaian lebih obyektif. Semoga saja nanti pada penilaian yang sebenarnya mendapat nilai yang memuaskan.

  10. Tien Kartina berkata:

    Sekolah kami baru sebulan yang lalu telah diakreditasi oleh dua orang asesor dari tingkat profinsi. Pengumpulan 165 item/dokumen yang harus disediakan sangat melelahkan, terutama pemahaman item-item yang harus tersedia bukti phisiknya tidak mudah. Jadi kami mulai dari kepala sekolah, staf, guru , komite sekolah, Tu dan siswa bekerja keras untuk memenuhi 165 pertanyaan. Alhamdullilah semua terpenuhi walaupun pemahaman antara asesor dan pihak sekolah berbeda, kami cuman minta pendapat dari asesor dan sarannya bisa dipertimbangkan, ….he he, yang tau keadaan sekolah yang kami ini.
    Sekarang tinggal menunggu hasilnya semoga dapat predikat A lagi, ….semoga.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.