5 Unsur Penting dalam Pembelajaran Konstruktivisme

Berdasarkan hasil analisisnya terhadap sejumlah kriteria dan pendapat sejumlah ahli, Widodo, (2004) menyimpulkan tentang lima unsur penting dalam pembelajaran  konstruktivisme, yaitu:

1. Memperhatikan dan memanfaatkan pengetahuan awal siswa

Kegiatan pembelajaran ditujukan untuk membantu siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan. Siswa didorong untuk mengkonstruksi pengetahuan baru dengan memanfaatkan pengetahuan awal yang telah dimilikinya. Oleh karena itu pembelajaran harus memperhatikan pengetahuan awal siswa dan memanfaatkan teknik-teknik untuk mendorong agar terjadi perubahan konsepsi pada diri siswa.

2. Pengalaman belajar yang autentik dan bermakna

Segala kegiatan yang dilakukan di dalam pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga bermakna bagi siswa. Oleh karena itu minat, sikap, dan kebutuhan belajar siswa benar-benar dijadikan bahan pertimbangan dalam merancang dan melakukan pembelajaran. Hal ini dapat terlihat dari usaha-usaha untuk mengaitkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, penggunaan sumber daya dari kehidupan seharihari, dan juga penerapan konsep.

3. Adanya lingkungan sosial yang kondusif,

Siswa diberi kesempatan untuk bisa berinteraksi secara produktif dengan sesama siswa maupun dengan guru. Selain itu juga ada kesempatan bagi siswa untuk bekerja dalam berbagai konteks sosial.

4. Adanya dorongan agar siswa bisa mandiri

Siswa didorong untuk bisa bertanggung jawab terhadap proses belajarnya. Oleh karena itu siswa dilatih dan diberi kesempatan untuk melakukan refleksi dan mengatur kegiatan belajarnya.

5. Adanya usaha untuk mengenalkan siswa tentang dunia ilmiah.

Sains bukan hanya produk (fakta, konsep, prinsip, teori), namun juga mencakup proses dan sikap. Oleh karena itu pembelajaran sains juga harus bisa melatih dan memperkenalkan siswa tentang “kehidupan” ilmuwan.

Sumber:

Ari Widodo. (tt). Konstruktivisme dan Pembelajaran Sains (Makalah)

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, FILSAFAT PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN, PSIKOLOGI PENDIDIKAN
5 comments on “5 Unsur Penting dalam Pembelajaran Konstruktivisme
  1. bambangsukamto mengatakan:

    Kiranya para guru sudah waktunya menerapkan pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran.mari kita mulai sekarang juga

  2. RUDIYANTO mengatakan:

    RUDIYANTO
    tulisan ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas makalah saya yang berjudul”Pembelajaran yang berpusat pada siswa dan konstruktivitas” sangat mengharapkan tulisan yang relevan dengan judul makalah saya. terima kasih .

    mohon diizinkan saya mengcopinya di komputer.

  3. RUDIYANTO mengatakan:

    tulisan ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas makalah saya yang berjudul”Pembelajaran yang berpusat pada siswa dan konstruktivitas” sangat mengharapkan tulisan yang relevan dengan judul makalah saya. terima kasih .

  4. RIGEN mengatakan:

    saya merasa masih ada yang kurang dalam unsur tersebut.
    korelasi orang tua terhadap kurikulum itu juga salah satu unsur tambahan dalam meningkatkan mutu siswa dalam mengembangkan pengetahuaannya..kare pendidik utama adalah berasal dari orang tua

  5. bloghamdan mengatakan:

    Singkat, padat bermakna. maridong saling kunjungi heeehe

Komentar ditutup.