Model Pengembangan Penilaian Portofolio

Penilaian PortofolioA. Apa yang yang dimaksud dengan Penilaian portofolio?

Penilaian portofolio adalah satu metode penilaian berkesinambungan, dengan mengumpulkan informasi atau data secara sistematik atas hasil pekerjaan seseorang (Pomham, 1984). Seluruh hasil belajar peserta didik (hasil tes, hasil tugas perorangan, hasil praktikum atau hasil pekerjaan rumah) dicatat dan diorganisir secara sistematik. Depdiknas (2004) menyebutkan bahwa Kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari uasaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum

B. Apa fungsi penilaian portofolio?

Fungsi penilaian Portofolio yaitu sebagai alat untuk mengetahui kemajuan kompetensi yang telah dicapai peserta didik dan mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik, memberikan umpan balik untuk kepentingan perbaikan dan penyempurnaan KBM. Kumpulan hasil pekerjaan peserta didik dapat berupa: (1) puisi; (2) karangan; (3) gambar/tulisan; (4) peta/denah; (5) desain; (6) paper; (7) laporan observasi; (8 ) laporan penyelidikan; (9) laporan penelitian; (10) laporan eksperimen; (11) sinopsis;(12) naskah pidato/kotbah; (13) naskah drama;(14) doa; (15) rumus;(16) kartu ucapan; (17) surat; (18 ) komposisi musik; (19) teks lagu; (20) resep masakan.

C. Bagaimana langkah-langkah dalam merencanakan Penilailain Portofolio?

Agar terarah, pengunaan portofolio harus dilakukan dengan perencanaan yang sistematis, melalui enam langkah di bawah ini:

  1. Menentukan maksud atau fokus portofolio
  2. Menentukan aspek isi yang dinilai
  3. Menentukan bentuk, susunan, atau organisasi portofolio
  4. Menentukan penggunaan portofolio
  5. Menentukan cara menilai portofolio
  6. Menentukan bentuk atau penggunaan rubrik
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan isi portofolio, misalnya: siapa yang memilih, bagaimana memilih, bagaimana melibatkan siswa, bagaimana peranan guru, bagaimana kriteria eksternal, kapan harus dipilih, apa yang perlu dilakukan oleh guru terhadap setiap isi.

D. Bagaimana menilai Portofolio

Untuk menilai portofolio harus lebih dulu tersedia rubrik penilaian. Penilaian  portofolio hendaknya tidak hanya ditekankan kepada keberhasilan siswa dalam memperoleh jawaban yang diinginkan oleh guru, tetapi lebih ditekankan kepada proses berpikir siswa yang terdapat atau tersirat dalam isi portofolio.
Salah satu cara penilaian portofolio, atau pembuatan rubrik, adalah cara dengan menggunakan kriteria berikut:
  • Bukti terjadinya proses berpikir.
  • Mutu kegiatan atau penyelidikan
  • Keragaman pendekatan

Bagaimana mengembangkan penilaian portofolio? Tautan di bawah ini berisi tentang Model Pengembangan Penilaian Portofolio yang telah disiapkan oleh Depdiknas (2004)

Model Pengembangan Penilaian Portofolio

===============

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with:
Ditulis dalam Pembelajaran
11 comments on “Model Pengembangan Penilaian Portofolio
  1. etty eko kartikoati mengatakan:

    mohon saya diparingi format penilaian untuk penilaian diri dan antar pesdik pak. mtrnuwun

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.648 pengikut lainnya.