Game dalam Pembelajaran

1. Memahat Patung

Permainan ini bisa dipakai untuk menyadarkan peserta bahwa manusia tidak bisa dibentuk sedemikian rupa oleh orang lain.

Langkah – langkah :

  • Minta beberapa orang peserta untuk tampil ke depan;
  • Minta satu orang untuk menjadi pemahat patung, satu orang lainnya menjadi patung itu sendiri.
  • Minta pemahat patung untuk mulai bekerja menjadikan patung itu sesuai dengan keinginannya dengan cara membimbing posisi kepala, kaki, tangan, tubuh patungnya (misal : tangan kanan ke atas, tangan kiri memegang kepala, lutut kanan bertumpu di lantai, kepala belok ke kiri, dsb)
  • Minta patung untuk menuruti semua posisi yang diminta oleh pemahat (selama proses, pemahat dan patung tidak boleh saling berbicara)
  • Setelah selesai, ajukan pertanyaan kepada para pemahat : Apakah menyenagkan membuat patung sesuai keinginannya sendiri ?
  • Ajukan juga pertanyaan kepada para pemahat : Apakah menyenagkan untuk dibentuk sedemikian rupa oleh orang lain ?
  • Kemudian diskusikan bersama peserta : Apakah manusia bisa dibentuk sedemikian rupa oleh orang lain? Apakah anak – anak bisa? Apakah orang dewasa bisa ? Bagaimana tanggapan peserta tentang permainan ini?


2.  Memasukkan Pensil ke Dalam Botol

Jelaskan kepada peserta bahwa sebelum membahas modul, akan dimulai dengan permainan memasukkan pensil ke dalam botol. Sebelum permainan dimulai siapkan terlebih dahulu sebuah botol yang bisa dimasuki pensil. Sebuah pensil yang diikat oleh 4 utas tali rapia, dengan panjang masing – masing 2 meter. Tali rapia tersebut harus bisa ditarik ke empat arah yang berbeda.

Game Game dalam Pembelajaran

 

Langkah–langkah :

  • Mintalah 8 orang peserta sebagai sukarelawan, sedangkan peserta lain menjadi pengamat.
  • Tugaskan 8 orang peserta tersebut untuk berpasangan (menjadi 4 pasang), pasangan – pasangan tersebut berdiri membentuk lingkaran dimana di tengah – tengah lingkaran diletakkan sebuah botol. Salah seorang dari setiap pasangan ditutup matanya dan bertugas untuk memegang tali rapia yang mengikat pensil. Pasangan yang tidak ditutup matanya, berdiri di belakang yang ditutup matanya dan memberikan perintah (aba – aba) untuk memasukkan pensil tersebut ke dalam botol.
  • Apabila peserta belum berhasil memasukkan pensil ke dalam botol, mintalah mereka untuk mencoba beberapa kali sampai berhasil.
  • Setelah selesai permainan, tanyakan kepada peserta:
  • Mengapa mereka memilih pasangannya masing – masing?
  • Cukup mudahkah atau susah untuk memasukkan pensil ke dalam botol?
  • Kalau mudah apa saja faktor yang mempengaruhi hal tersebut menjadi mudah?
  • Apabila susah, apa saja yang membuat hal tersebut menjadi susah?
  • Apa yang dirasakan oleh pasangan yang matanya ditutup?
  • Adakah interaksi atau komunikasi antara pasangan yang satu dengan pasangan yang lain?
  • Tanyakan kepada para pengamat, apa yang mereka amati selama proses permainan berlangsung?
  • Dari pertanyaan tersebut temukan kata kunci dari peserta : untuk dapat berhasil memasukkan pensil ke dalam botol, memerlukan kerjasama di antara mereka, tanpa kerjasama akan sulit untuk mencapai tujuan bersama.
  • Bahas bersama peserta faktor–faktor yang bisa mempengaruhi dan menghambat kerjasama.

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam ARTIKEL, PEMBELAJARAN
24 comments on “Game dalam Pembelajaran
  1. ferdi mengatakan:

    bagus pak…
    kalo ada games games seperti ini mohon bisa dikirim kan ke email saya yaa
    thanks

  2. fiyan mengatakan:

    matursuwun… klo gini kan enak jadi tutor di diklat jadi g bosenin… bisa jadi tambahan referensi nie..

  3. komsiyati mengatakan:

    Wah luar biasa…. Mantaps sangat membantu… Salam hangat,

  4. darlis mengatakan:

    luarr biasssa pak akhmad sudrajat emang sangat menginspirasi berkarya terus pak……..

  5. anik fadmiwati mengatakan:

    Wah, benar-beanr menginspirasi. Thanks ya pak

  6. ulmayetti mengatakan:

    Terima kasih. Mohon maaf sebelumnya karena saya mungkin akan memakai ide permainan ini di waktu yang akan datang dalam kegiatan yang relevan. Saya yakin, Insyaalh, akan bermanfaat.

  7. neno mengatakan:

    alhamdulillah….

  8. sosmita arif mengatakan:

    pak adjat mhn maaf saya telah mengcopy game-game bapak, saya ingin memanafaatkannya dalam mengajar. semoga kebaikan selalu mengiringi perjalanan hidup pak adjat

  9. Hadian Supriatna, SP mengatakan:

    Terimakasih ini sangat berguna dalam pelatihan2 yang saya jalani

  10. ratna mengatakan:

    alhamdulillah dapat juga.

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s