Perjalanan Jauh Profesi Bimbingan dan Konseling

oleh : Akhmad Sudrajat

Kehadiran layanan bimbingan dan konseling dalam sistem pendidikan di Indonesia dijalani melalui proses yang cukup panjang, sejak kurang lebih 40 tahun yang lalu, bersamaan dengan munculnya kebutuhan akan penjurusan di.SMA pada saat itu. Selama perjalanannya telah mengalami beberapa kali pergantian nama, semula disebut Bimbingan dan Penyuluhan (dalam Kurikulum 84 dan sebelumnya), kemudian pada Kurikulum 1994 berganti nama menjadi Bimbingan dan Konseling. sampai dengan sekarang. Akhir-akhir ini ada sebagaian para ahli meluncurkan sebutan Profesi Konseling, meski secara formal istilah ini belum digunakan.

Bersamaan dengan perubahan nama tersebut, didalamnya terkandung berbagai usaha perubahan untuk memantapkan bimbingan dan konseling sebagai suatu profesi. Kendati demikian harus diakui bahwa untuk mewujudkan bimbingan dan konseling sebagai suatu profesi yang dapat memberikan manfaat banyak, hingga saat ini tampaknya masih perlu kerja keras dari semua pihak yang terlibat dengan profesi bimbingan dan konseling.

Dalam tataran teoritis, teori-teori bimbingan dan konseling hingga saat ini boleh dikatakan sudah berkembang cukup mantap, dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya dan bahkan relatif mendahului teori-teori yang dikembangkan dalam pembelajaran untuk mata pelajaran – mata pelajaran di sekolah. Perkembangan teori bimbingan dan konseling terutama dihasilkan oleh perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi bimbingan dan konseling, baik yang bersumber dari penelitian maupun hasil pemikiran kritis para ahli. Sayangnya, teori-teori itu pun sepertinya tersimpan rapih dalam gudang perguruan tinggi yang sulit diakses oleh para konselor di lapangan. Di sisi lain, teori-teori bimbingan dan konseling yang dihasilkan melalui penelitian oleh para praktisi di sekolah-sekolah tampaknya belum berkembang sepenuhnya sehingga kurang memberikan kontribusi bagi perkembangan profesi bimbingan dan konseling.

Kendala terbesar yang dihadapi untuk mewujudkan bimbingan dan konseling sebagai profesi yang handal dan bisa sejajar dengan profesi-profesi lain yang sudah mapan justru terjadi dalam tataran praktis. Manfaat bimbingan dan konseling sepertinya masih belum dirasakan oleh masyarakat, karena penyelenggaraannya dan pengelolaannya tidak jelas. Kesan lama, bimbingan dan konseling sebagai “polisi sekolah“pun hingga kini masih melekat kuat pada sebagaian masyarakat, khususnya di kalangan siswa. Menurut pandangan penulis, setidaknya terdapat dua faktor dominan yang diduga menghambat terhadap laju perkembangan profesi bimbingan dan konseling di Indonesia , yaitu :

1. Kelangkaan Tenaga Konselor

Tenaga konselor yang berlatar bimbingan dan konseling memang masih belum memenuhi kebutuhan di lapangan. Selama ini masih banyak sekolah yang menyelenggarakan Bimbingan dan Konseling tanpa didukung oleh tenaga konselor profesional dalam jumlah yang memadai. Sehingga, tenaga bimbingan dan konseling terpaksa banyak direkrut dari non bimbingan dan konseling, yang mungkin hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang bimbingan dan konseling yang minimal atau bahkan sama sekali tanpa dibekali pengetahuan dan keterampilan tentang bimbingan dan konseling, yang tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja bimbingan dan konseling itu sendiri, baik secara personal maupun lembaga.

Meminjam bahasa ekonomi, kelangkaan ini diduga disebabkan oleh ketidakseimbangan antara demand dan supply. Tingkat produktivitas dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan penghasil tenaga konselor tampaknya relatif masih terbatas jumlahnya dan belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Demikian pula dalam distribusinya relatif tidak merata. Contoh kasus, di beberapa daerah ketika melakukan rekrutment untuk tenaga konselor dalam testing Calon Pegawai Negeri Sipil ternyata tidak terisi, bukan dikarenakan tidak ada peminatnya, tetapi memang tidak ada orangya ! Boleh jadi ini merupakan dampak langsung dari otonomi daerah, dimana kewenangan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil diserahkan kepada daerah, dan tidak semua daerah mampu menyediakan sumber daya manusia yang dibutuhkan, termasuk di dalamnya kebutuhan tenaga konselor di daerahnya.

Oleh karena itu, ke depannya perlu dipikirkan bagaimana Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dapat bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan pencetak tenaga konselor untuk dapat memproduksi lulusannya, dengan memperhitungkan segi kuantitas, kualitas dan distribusinya., sehingga kelangkaan tenaga konselor dapat segera diatasi.

2. Kebijakan Pemerintah yang kurang berpihak terhadap profesi bimbingan dan konseling

Banyak terjadi kejanggalan dan ketidakjelasan kebijakan dari pemerintah pusat tentang profesi bimbingan dan konseling. Ketidakjelasan semakin dirasakan justru pada saat kita sedang berupaya mereformasi pendidikan kita. Contoh kasus terbaru, ketika digulirkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), hingga saat ini sama sekali belum memberikan kejelasan tentang bagaimana bimbingan dan konseling seharusnya dilaksanakan. Dalam dokumen KTSP, kita hanya menemukan secuil informasi yang membingungkan tentang bimbingan dan konseling yaitu berkaitan dengan kegiatan Pengembangan Diri.

Begitu juga, dalam kebijakan sertifikasi guru, banyak konselor dan pengawas satuan pendidikan yang kebingungan untuk memahami tentang penilaian perencanaan dan pelaksanaan bimbingan dan konseling, karena format penilaian yang disediakan tidak sepenuhnya cocok untuk digunakan dalam penilaian perencanaan dan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Tentunya masih banyak lagi kejanggalan-kejanggalan yang dirasakan di lapangan, baik yang bersifat konseptual-fundamental maupun teknis operasionalnya.

Ketidakjelasan kebijakan tentang profesi bimbingan dan konseling pada tataran pusat ini akhirnya mengimbas pula pada kebijakan pada tataran di bawahnya (messo dan mikro), termasuk pada tataran operasional yang dilaksanakan oleh para konselor di sekolah. Jadi, kalau ada pertanyaan mengapa Bimbingan dan Konseling di sekolah kurang optimal, maka kita bisa melihat sumber permasalahannya, yang salah-satunya adalah ketidakjelasan dalam kebijakan pemerintah terhadap profesi bimbingan dan konseling.

Jika ke depannya, bimbingan dan konseling masih tetap akan dipertahankan sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, kiranya perlu ada komitmen dan good will dari pemerintah untuk secepatnya menata profesi bimbingan dan konseling, salah satunya dengan berupaya melibatkan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) selaku wadah yang menaungi para konselor dan para pakar bimbingan dan konseling untuk duduk bersama merumuskan bagaimana sebaiknya kebijakan bimbingan dan konseling untuk hari ini dan ke depannya. Walaupun dalam hal ini mungkin akan terjadi tawar-menawar yang cukup alot di dalamnya, tetapi keputusan yang terbaik demi kemajuan profesi bimbingan dan konseling tetap harus segeradiambil. !

Dengan teratasinya kelangkaan tenaga konselor dan keberhasilan upaya pemerintah dalam menata profesi bimbingan dan konseling, niscaya pada gilirannya akan memberikan dampak bagi perkembangan konseling ke depannya, sehingga profesi konseling bisa tumbuh dan berkembang menjadi sebuah profesi yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan kemajuan negeri ini. Jika tidak, maka profesi bimbingan dan konseling tetap saja dalam posisi termarjinalkan.

================

*)) Akhmad Sudrajat, M.Pd. Pengawas Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan dan Dosen pada Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UNIKU.

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam ARTIKEL, BIMBINGAN DAN KONSELING
28 comments on “Perjalanan Jauh Profesi Bimbingan dan Konseling
  1. Surti berkata:

    Perlu dipertegas job deskripsi Guru Bimbingan Konseling di sekolah, sementara ini yang terjadi di sekolah adalah guru BK menganggap dirinya, kalau tidak diminta bantuannya, ia kurang gregetnya dan terkesan tidak menjemput Bola, sehingga yang terjadi di sekolah kebanyakan jika siswa sudah parah baru ditangani guru BK/BP.SEHARUSNYA GURU BK/BP MENJEMPUT BOLA, TIDAK DUDUK DIBELAKANG MEJA, MENUNGGU LAPORAN, ATAU SISWA YANG DATANG KEPADANYA. MAKA DENGAN DEMIKIAN GURU BK/BP TIDAK AKAN TERKESAN SEBAGAI POLISI SEKOLAH.

  2. Dwi Bhakti Indri berkata:

    saya setuju tentang saran yang diberikan oleh Anda ..semoga dapat tercapai ..tentunya dengan konselor itu sendiri harus selalu meningkatkan etos kerja ..sehingga secara keseluruhan, pengakuan dari berbagai pihak dapat kita kantongi ..
    sebagai mahasiswa prodi BK ..saya ingin meminta contoh konkret tentang ketidakjelasan bagi konselor terkait program KTSP dan sertifikasi ..

  3. Susi berkata:

    assalamualaikum… alhamdullilah saya baru lulus kuliah jurusan bimbingan dan konseling tahun 2009 ini, dan sekarang sudah bekerja di salah satu SMP swasta di jakarta. untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan saya di bidang bimbingan dan konseling ini, saya berniat ingin melanjutkan ke program profesi konseling, namun saya belum tahu universitas mana saja yang membuka program profesi konseling tersebut

  4. larasati berkata:

    saya mahasiswa jur BK,sy mau menanyakan bagaiaman sbenarnya format program bulanan,mingguan dan harian BK itu
    krn yg sy dpt di kmps tdk sm dg yg di tempat sy PPL,sy mohon petunjuknya,trimakasih

  5. icha berkata:

    artikel ini memberikan pengetahuan lebih mengenai profesi BK

  6. vivi berkata:

    maaf saya ingin mengetahui tentang landasan pengembangan profesi BK di Indonesia serta Ekologi perilaku profesional Konselor,
    saya masih mahasiswi semester baru ini dan di kampus saya kami merupakan mahasiswa angkatan reguler pertama walaupun kami ada kakak tingkat mereka telah ad di semester atas bahkan kami lost kontak jd kami mohon bantuannya,
    terimakasih ^_^

  7. vivi berkata:

    maaf saya ingin mengetahui tentang pengembangan profesi BK di Indonesia serta Ekologi perilaku profesional Konselor,
    saya masih mahasiswi semester baru ini dan di kampus saya kami merupakan mahasiswa angkatan reguler pertama walaupun kami ada kakak tingkat mereka telah ad di semester atas bahkan kami lost kontak jd kami mohon bantuannya,
    terimakasih ^_^

  8. Yuyun Wahyu Astuti, S. Pd. berkata:

    Salam kenal alumnus BK di seluruh Indonesia.Saya Yuyun Wahyu Astuti, S. Pd, alumnus BK FKIP Univ. Muhammadiyah Magelang 2005. Sbg lulusan BK, saya perlu berbangga hati karena tenaga BK telah bayak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekolah pd khususnya.

  9. PRIMA berkata:

    Coba pelajari betul pedoman pengembangan diri yang dikeluarkan oleh PUSKUR, didalamnya sangat jelas berbagai hal menyangkut dengan pelayanan konseling di sekolah mulai dari bidang bimbingan,jenis layanan, kegiatan pendukukung, program harian,mingguan,bulanan, semesteran dan tahunan. Juga pembuatan laporan kegiatan pelayanan konseling di sekolah, termasuk juga contoh-contoh format danpengisiannya. Jika tidak dipelajari yaa tentunya jadi bingung
    @Prima
    Tulisan tersebut dibuat sebelum lahir naskah akademik tentang “Kilas Balik Profesi Konselor” yang disusun oleh ABKIN dan dirjen dikti.
    Pemahaman BK tidak sedangkal itu

  10. FIKTA MNUGRAHA berkata:

    Jika mau belajar konseling dengan kemampuan prakteknya pergilah keUNP,tepatnya Program Pendidikan Proesi Konselor (PPK) jurusan BK,FIP UNP ternyata alumninya yg sudah menyebar dri sabang sampai merauke sudah mampu mengaktualisasikan layanan BK dengan keterampilan yang dimilikina, termasuk di UM Magelangn UNG Gorontalo, UNCEN Jaya Pura, Universitas Cendana di Kupang, Unsyiah di Aceh, Unimed di Medan, dsb. Mereka juga laris manis di daerahnya, trims

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.