Revitalisasi MGMP

Inovasi pendidikan yang dikembangkan di Indonesia saat ini didalamnya mengandung konsekuensi bagi setiap guru untuk dapat menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan perubahan yang ada. Melalui kegiatan MGMP, diharapkan setiap guru dapat terus mengasah kemampuan profesionalnya guna mengimbangi berbagai tuntutan perubahan pendidikan yang terjadi. Zamroni dari Depdiknas mengupas tentang pentingnya peran MGMP dalam rangka meningkatkan kemampuan profesinal guru.

Revitalisasi MGMP merupakan salah satu upaya untuk memberikan kekuatan bar, atau memperbaharui kemampuan profesional guru.

  • Mengembalikan jati diri dan watak guru (percaya diri, jujur dan objektif, menegakan kebenaran dan mencegah kebatilan, antisipatif, menekankan pada pencegahan dan menjadi bapak sekaligus  sahabat siswa)
  • Meningkatkan penguasaan materi (materi dasar, aplikasi materi, pengembangan materi)
  • Meningkatkan kemampuan aplikasi PBM:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

  • Memahami dan melaksanakan inovasi:
 Memahami dan Melaksanakan Inovasi

Memahami dan Melaksanakan Inovasi

  • Sekolah adalah a mini society bukannya suatu industri.
  • Ruang-ruang kelas merupakan  laboratorium bukanya auditorium.
  • Siswa bukan bahan mentah melainkan individu yang memiliki  karakter, bakat dan minat tertentu
  • Pembelajaran kooperatif
  • Memanfaatkan  peralatan  modern dalam pembelajaran
  • Guru sebagai fasilitator,  pelatih dan tutor
  • Kemampuan berpikir dan memberi makna
  • Kemampuan menjalin hubungan dan bekerjasama
  • Sekolah sebagai sistem mekanik atau sekolah sebagai sistem organik.
  • Sistem mekanik memiliki ciri input-output bersifat linier dan langsung.
  • Sistem organik memiliki ciri input-ouput bersifat dinamis dialogis.
  • Menciptakan ke bersamaan dan persaudaraan:
  • Melihat dan membicarakan kebaikan fihak lain
  • Saling memberikan perhatian dan pertolongan
  • Perkuat silaturahmi
  • Mengembangkan saling percayai mempercayai
  • Membangun kesadaran politik:
  • Melek politik
  • Aktif berpolitik, mandiri, non partisan
  • Membangun kebersamaan pandangan politik
  • Memperjuangkan pandangannya

============

Info selanjutnya silahkan klik tautan di bawah ini:

Revitalisasi MGMP

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with:
Ditulis dalam ARTIKEL, MANAJEMEN PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN
15 comments on “Revitalisasi MGMP
  1. mamansuratman berkata:

    Materi ini penting bagi kami yang lagi membentuk mgmp baru. Mohon izin saya unduh.

  2. ahmad abni berkata:

    seperti apakah mekanisme MGMP yang ideal ? Yang sering dilaksanakan di sekolah tempat mengajarku tak lebih seperti seminar dan lokakarya. sedangkan menurut saya, yang namanya musyawarah harus punya tata tertib, agenda kegiatan terstruktur, punya steering commitee, dan semacamnya. saya bingung……………………!!!

  3. adang sudrazat berkata:

    Bagus ! tapi ingat mgmp bukan segalanya untuk merubah sesuatu….

  4. Sholihin H.Z. berkata:

    asslkum, pak ada gak materi yang sama tentang MGMP tapi untuk pelajran PAI di MTs

  5. Rederika berkata:

    Saya perlu aturan, dasar hukum, pedoman, juklak juknis, dll ttg mgmp.

  6. Mr Thie berkata:

    Terima kasih banyak pak, blog ini sering saya kunjungi dan banyak artikel yang bermanfaat buat saya pribadi untuk mengembangkan inovasi inovasi baik untuk diri maupun untuk sekolah. semoga amal kebaikan bapak dibalas dengan kebaikan oleh yang maha kuasa…….amiiiiin

  7. ishak berkata:

    beribu terima kasih pak, saya ishak dari tangerang salam kenal. banyak hal yg saya dapat dari blog bapak, sangat bermanfaat dan saya berjanji untuk berbagi juga kepada teman-teman sejawat di tangerang…

  8. ARDA berkata:

    ASW. BLOG BAPAK SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA SEBAGAI SEORANG GURU, TERIMAKASIH KARENA SAYA SUDAH MENGCOPY BANYAK DARI BLOG BAPAK, SARAN SAYA ALANGKAH BAIKNYA KALAU BAPAK BUKA SITUS SENDIRI, DAN KALAU BISA ARTIKEL / MAKALAH JANGAN DIBUAT DALAM FORMAT PDF / PPT, SEBAB MENYULITKAN BAGI SAYA.

    TERIMAKASIH.

  9. move14 berkata:

    makasi ya atas tulsian ini, rethinking again about MGMP yang lebih produktif dan efektif

  10. yunus berkata:

    memang seharusnya forum MGMP lebih diberdayakan dengan kegiatan-kegiatan intrinsik maupun ekstrinsik. MGMP jangan lagi dijadikan ajang bebas tugas dari mengajar sebagai rutinitas di sekolah tetapi harus menjadi umpan yang akan lebih membuat kinerja guru semakin baik. subhanallah,

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.