Forum Pengawas Sekolah

Forum Pengawas Sekolah
Hingga saat ini perjalanan profesi pengawas dan kepengawasan sekolah tampaknya masih perlu ditegakkan dan dikembangkan lebih jauh lagi. Berbagai persoalan masih menyelimuti nasib profesi yang disebut-sebut sebagai tenaga penjaminan mutu pendidikan ini.

Oleh karena itu, sengaja saya menyediakan ruang ini untuk dijadikan sebagai media silaturahmi di antara sesama keluarga besar Pengawas Sekolah di Indonesia. Saya mengajak Anda semua untuk berbagi pemikiran tentang upaya pengembangan Pengawas dan Kepengawasan Sekolah saat ini. Diskusi ini bersifat terbuka, dari Anda, oleh Anda dan untuk Anda. Saya percaya sekecil apa pun pemikiran Anda akan sangat bermanfaat bagi pengembangan Pengawas dan Kepengawasan Sekolah di Indonesia.

Semoga saja dengan adanya ruang ini dapat mengilhami dan memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membacanya untuk memperbaiki nasib dan mutu Pengawas dan Kepengawasan Sekolah di Indonesia.
Dikaitkatakan dengan:
465 comments on “Forum Pengawas Sekolah
  1. sangkut,spd mengatakan:

    Seorang pengawas harus lebih profesional dibandingkan dengan Kepsek dan guru, sebab pengawas akan mengadakan pembinaan terhadap mereka, mengadakan pembinaan dibidang Akademik dan Manajerial di sekolah sekolah binaannya. Jadi Menjadi pengawas supaya Nyantai kerjanya…. itu slah sekali !

  2. Dra. Saheria, M. Pd. mengatakan:

    Kalau mau pengawas yg baik, minimal cara rekrutx hrs benar, pedomanilah permendiknas nomor 12 tahun 2007.

  3. H.Azwar Idris mengatakan:

    Sering kali pemangku pendidikan di daerah kurang tahu dan tidak konsisten dengan peraturan yang berlaku. artinya kalau kita menginginkan penmgawas lebih representatif ke depan tentunya pemangku pendidikan harus menerapkan PP no.12 tahun 2007 tentang rekrut dan standarisasi pengawas.Tapi faktanya masih diketemukan mantan pejabat yang lolos dari aturan itu dan umurnya sdh 56 an, sehingga terkesan hanya untuk memperpanjang nafas saja.

  4. risman mengatakan:

    mestinya kesibukan pengawas lebih dari kasek oleh karena tanggung-jawabnya.
    sebutan pangawas kurang tepat (ada kesan garang dan bikin ssebagian guru jadi takut dikunjungi pengawas)

  5. NANG ASGAR mengatakan:

    Saya sedih …….. Ketika ada beberapa atau sebagaian orang Guru atau Kepala sekolah ditanya Mengapa Anda Masuk Pengawas ? apa jawabannya….. KARENA INGIN NYANTAI KERKANYA !!!!!!!!!. Gimana cara menghilangkan kesan seperti itu ?

  6. Dyah B mengatakan:

    Bagaimana kriteria kelulusan SD tahun 2011 di tempat Bapak/Ibu? Mohon ada yang mau menceritakan pada forum ini. terima kasih.

  7. Basir Sarulah mengatakan:

    Pengawas sekolah lebih beruntung dibandingkan pendidik lainnya (UU RI No. 20 Thn 2003). Mengapa demikian? Issu sertifikasi mendunia, namun jika dicermati undang-undang sisdiknas, yang dimaksud dengan pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, tutor, instruktur, fasilitator, widyaiswara, dan sebutan laian yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

    Undang-undang guru dan dosen dibuat oleh guru dan dosen, yang tidak memperhatikan undang-undang sisdiknas tentang sistem pendidikan nasional.

    Nah, penentu kebijakan yang tertinggi mesti lebih cerdas mempertimbangkan pendidik lainnya sebagaimana yang dimuat undang-undang sisdiknas.

    Guru dan dosen juga bagian dari keluarga-keluarga para pendidik lainya, mudah-mudahan kebijakan pemerintah tidak memutarbalikkan prosedur; kaki di atas kepala di bawah.

    Semoga kebijakan pemerintah tetap berbobot bukan sekedar mengamankan suhu politik. Utamakan kualitas bukan kuantitas. Kuantitas guru dan dosen memang dapat mempengaruhi suhu politik, tetapi kualitas itu lebih baik…!!!

  8. toto sudaryanto mengatakan:

    sy selaku pengawas tk/sd ingin mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang Penelitian Tindakan Kelas dan Literatur kepustakaan Penelitian Karya Tulis Ilmiah Tentang Kegiatan Belajar Mengajar

  9. amirudins.pd_a@yahoo.co.id mengatakan:

    Assalamualaikum Kang Ajat,
    Kalau Akang punya instrumen penilaian lomba Gugus SD, bagi-bagi dong!
    Terima kasih.

  10. Muhammudin mengatakan:

    Bpk. Haji yang baik, dan peduli dg profesi Pengawas. Saya mohon bantuannya pak…. tentang struktur pengawas TK/SD.
    1. Apakah Pengawas TK/SD di bawah Ka. UPTD Pendidikan Kecamatan….?
    2. Apakah DP3 Pengawas TK/SD di tanda angani dan di nilai oleh UPTD Pendidikan Kecamatan…….?
    3. Bagaimana hubungan dengan Korwas di Kabupaten/Kota…..?
    4. Apakah Pengawas TK/SD bertanggung jawab kepada KepalaUPTD Pendidikan Kecamatan….?
    5. Apakah laporan kepengawasan dilaporkan kpd Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan.
    Mohon sekali lagi Pak, untuk di beri penjelasan

Komentar ditutup.