Forum Pengawas Sekolah

FORUM PENGAWAS SEKOLAH
.

Hingga saat ini perjalanan profesi pengawas dan kepengawasan sekolah tampaknya masih perlu ditegakkan dan dikembangkan lebih jauh lagi. Berbagai persoalan masih menyelimuti nasib profesi yang disebut-sebut sebagai tenaga penjaminan mutu pendidikan ini. Oleh karena itu, sengaja saya menyediakan ruang ini untuk dijadikan sebagai media silaturahmi di antara sesama keluarga besar Pengawas Sekolah di Indonesia. Saya mengajak Anda semua untuk berbagi pemikiran tentang upaya pengembangan Pengawas dan Kepengawasan Sekolah saat ini. Diskusi ini bersifat terbuka, dari Anda, oleh Anda dan untuk Anda. Saya percaya sekecil apa pun pemikiran Anda akan sangat bermanfaat bagi pengembangan Pengawas dan Kepengawasan Sekolah di Indonesia.

Semoga saja dengan adanya ruang ini dapat mengilhami dan memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membacanya untuk memperbaiki nasib dan mutu Pengawas dan Kepengawasan Sekolah di Indonesia.

.
.
Tagged with:
466 comments on “Forum Pengawas Sekolah
  1. sangkut,S.Pd mengatakan:

    Mengapa ada kesenjangan antara Pengawas TK/SD dan Pengawas SMP /SMA. Kalau Pengawas SMP/SMA Perjalanan Supervisinya memakai SPPD. sedangkan Pengawas TK/SD tidak perna ada yang namanya SPPD. dan untuk Pengawas TK/SD tidak ada operasionalnya…?? Apakah semua daerah begitu atau di daerah saya saja…..yang demikian…???

  2. Bambang.s Dompu mengatakan:

    Mohon kirannya Bapak dan Ibu yang sudah menjadi pengawas satuan pendidikan,mari kita tingkatkan Kompetensi pengawas dan kita pahami tugas pokok kita sebagai pengawas ,dengan cara memahami Standar pengawas sekolah,dan melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengawas.Trim

  3. MUNTORO WIDJI ATMADJA mengatakan:

    Menurut PP 65 Tahun 2008 Batas Usia Pensiun Pengawas Sekolah dapat diperpanjang menjadi 60 tahun. Apakah untuk dapat diperpanjang ini perlu persyaratan tertentu atau otomatis ??? Mohon adanya tanggapan untuk pencerahan dan perlu diketahui bahwa sebelum jadi pengawas saya seorang guru SMP.

  4. Alfa La Ode mengatakan:

    Selamat jumpa lagi, Pak Akhmad Sudrajat.
    Banyak pengawas yg diangkat belum pernah mengikuti diklat kepengawasan baik dari kepala sekolah maupun dari guru sehingga tugas-tugas pengawasan belum difahami secara menyeluruh. Mohon penjelasan tentang pelaksanaan/ penerapan Permendiknas No. 39 Tahun 2009 dan pedoman Ditjen PMPTK mengenai pembagian tugas pengawas:
    1. Apakah Pengawas TK/SD hanya ditugaskan sebagai pengawas sekolah dgn minimal
    10 sekolah, atau dpt/boleh sebagian hanya ditugaskan sebagai pengawas guru kelas
    dgn 60-75 guru bagi pengawas yg diangkat dari guru blm pernah manjadi kepala
    sekolah, atau karena jumlah pengawas TK/SD banyak
    2. Apakah pengawas SMP, SMA, SMK harus ditugaskan pada 2 jenis pengawasan,
    yaitu sebagai pengawas sekolah dan sebagai pengawas mata pelajaran/BK.
    3. Apakah salah kalau yang ditugaskan sebagai pengawas sekolah adalah pengawas
    yang diangkat dari kepala sekolah, sedangkan pengawas yang diangkat dari guru
    hanya ditugaskan sebagai pengawas guru kelas pada TK/SD dan pengawas mata
    pelajaran/BK pada SMP/SMA/SMK? Karena secara psikologi berpengaruh
    terhadap penerimaan pengawas yang tidak pernah menjadi kepala sekolah lalu
    melakukan supervisi manajerial terhadap kepala sekolah apalagi kepala sekolah
    dari guru yang sudah senior.

  5. Suwarto mengatakan:

    Lengkapi terus dengan artikel/permen baru, karena ini sebagai tempat informasi yang lengkap tentang kepengawasan.

  6. Alfa La Ode mengatakan:

    Tupoksi dan peran pengawas sekolah sudah cukup lengkap dimuat/diatur dalam UU, PP, Permendiknas dan panduan/pedoman Ditjen PMPTK, tetapi Pemkab dan DPRD serta para politisi di daerah tidak mengindahkan bahkan tidak menghiraukan segala aturan dari pemerintah pusat, semapan bagaimanapun profesionalisme dan kompetensi pengawas sekolah, kalau sikap dan perilaku pejabat pemkab dan politisi di daerah tidak berubah untuk menerapkan aturan pemerintah pusat secara konsisten maka mutu pendidikan yang diharapkan hanya akan menjadi angan-angan/hayalan belaka.
    Kami yg ada di daerah hanya berharap PB APSI DAN PB PGRI melalui Kemendikas atau pemerintah pusat bisa mangambil peran yg maksimal semoga semua aturan yg ada dpt belaku secara efektif.

  7. refi indra mengatakan:

    moho dikirim pak permenpan no 21 tahun 2010 tentang jabatan fungsional pengawas sekolah dan angka kredinya

  8. Khamdani mengatakan:

    Rekriutmen pengawas memang harus lebih selektif. Mestinya tidak semua PNS Kependidikan bisa menjadi pengawas sekolah. Rekruitmennya sederhana saja, ikuti Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007. Jangan dilanggar aturan-aturan yang ada di dalamnya, sesederhana apapun aturannya. Setelah jadi pengawas, segera menyesuaikan dengan tupoksi pengawas. Menguasai IT dan memiliki perangkatnya serta mengikuti perkembangannya. Menguasai Kurikulum dan pengembangannya, model-model pembelajaran dan penilaian. Insya Allah jadi pengawas yang dihormati dan ditunggu-tunggu kehadirannya di sekolah.

  9. talib ali, s.pd mengatakan:

    Kalau memang mau seperti Preman mungkin saja pengawas didaerah akan diperhatikan oleh pemerintah pusat,propinsi,atau pemkab/kota.tapi organisasi APSI sendiri macamnya enggan utk berbuat,ya…begini sajalah nasib kita pengawas ini.yg jelas kembali kpd kita.sdh tahu begitu,kenapa pula mau jadi pengawas.

  10. ahmad fathullah, S.Ag, M.MPd mengatakan:

    saat ini jabatan pengawas sekolah terkesan negatif dan menjadi jabatan “buangan”. hal ini dikarenakan sistem atau juga manajemen pemerintah / pemerintah daerah yang kurang menjunjung tinggi jabatan ini mulai dari rekrutmen, pembinaan hingga penghargaan dan pengembangan kariernaya.

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.446 pengikut lainnya.