Forum Pengawas Sekolah

FORUM PENGAWAS SEKOLAH
.

Hingga saat ini perjalanan profesi pengawas dan kepengawasan sekolah tampaknya masih perlu ditegakkan dan dikembangkan lebih jauh lagi. Berbagai persoalan masih menyelimuti nasib profesi yang disebut-sebut sebagai tenaga penjaminan mutu pendidikan ini. Oleh karena itu, sengaja saya menyediakan ruang ini untuk dijadikan sebagai media silaturahmi di antara sesama keluarga besar Pengawas Sekolah di Indonesia. Saya mengajak Anda semua untuk berbagi pemikiran tentang upaya pengembangan Pengawas dan Kepengawasan Sekolah saat ini. Diskusi ini bersifat terbuka, dari Anda, oleh Anda dan untuk Anda. Saya percaya sekecil apa pun pemikiran Anda akan sangat bermanfaat bagi pengembangan Pengawas dan Kepengawasan Sekolah di Indonesia.

Semoga saja dengan adanya ruang ini dapat mengilhami dan memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membacanya untuk memperbaiki nasib dan mutu Pengawas dan Kepengawasan Sekolah di Indonesia.

.
.
Tagged with:
466 comments on “Forum Pengawas Sekolah
  1. rahman hidayat mengatakan:

    salam kenal pak ahmad, saya pengawas dilingkungan disdik kab. sumedang jawa barat. di sumedang belum ada tunjangan pengawas, kemana dan kepada siapa kami harus mengajukan proposal untuk itu??????

  2. Adam mengatakan:

    Maaf pak, saya guru yang mau ikut seleksi pengawas. Saya jadi bingung nich..tetap maju atau urung? Pak Akhmad Sudrajad…mohon petunjuk Bapak apa yang harus saya lakukan.

  3. sualdi surbakti mengatakan:

    salam kenal pak Sudarajat …..nama saya Sualdi surbakti pengawas smk di dinas pendidikan kabupaten karo saya butuh bantuan bapak kalau bisa tolong kirimkan contoh rencana program dan laporan hasil kepengawasan sekolah lengkap dengan instrumennya agar dapat saya jadikan sebagai pedoman menyusun program dan membuat laporan hasil kepengawasan di sekolah binaan saya. Atas bantuan Bapak sebelumnnya saya ucapkan terima kasih….. oya pak email saya : katykana @yahoo.co.id

  4. hulaimi mengatakan:

    Ass. Wr. Wb. Selamat berkabung bagi pengawas dan guru Indonesia atas dikuburnya Ditjen PMPTK. Ternyata pemerintah tidak konsisten dalam membangun pendidikan melalui SDM-nya. Tidak satupun Tugas pokok dan fungsi Ditjen yang tertuang dalam Perpres 24/2010 menyebutkan secra eksplisit pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan. Ini sangat memperihatinkan dilihat dari perspektif pendidikan yang menentukan kebrhasilan dari semua aspek mutu adalah “manusia/SDM” bukan ” alatnya” . banyak kita temukan sekolah dengan SDM yang kompeten/profesional tempat belajar yang sederhana menghasilkan peserta didik yang handal (ingat laskar pelangi) dan sebaliknya tidk sedikit sekolah dengan sarana yang komplit karena SDM yang tidak kompeten/profesional outputnya tidak “bermutu”. Selanjutnya apa yang seharusnya ditunjukkan para guru dan pengawas berbuat agar diperhatikan dan dianggap sebagai komponen utama peningkatan mutu oleh pemerintah ? Mari kita diskusikan bersma.

  5. nafilah alis mengatakan:

    Ass.w.w.Pak Akhmad konon Ditjen PMPTK sudah dihapus, dengan lahirnya Perpres No.24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Negara serta Susunan Organisasi, Tugas, dan Fungsi Eselon I Kementerian Negara . Bagaimana tuh, apa implikasinya terhadap pengelolaan guru dan tenaga kependidikan, khususnya program sertifikasi guru dan pengawas ?

  6. Johanes Lulu Kumi mengatakan:

    John Lulu Kumi

    Pengawas PKPO Kab Ngada, seluruh 24 orang: 1 TK, 16 SD, 5 smp dan 3 SMA yang mendapat kendaraan dinas baru 12 pengawas ( 10 SD dan 1 SMP dan 1 SMA) yang lainnya jalan kaki. Walau berkendaraan dinas, bensin dan perawatan tanggung sendiri. uang jalan perpengawas 700.rb/bln untuk 10 bulan. Medan yang dilalui sulit dengan topografi lekak lekuk, gunung bukit. banyak jalan yang belum di agrregat kalau hujan tenggelam dalam lumpur. Tapi semua gembira dengan tugas dan peran ini karena bisa fresing jika tugas keluar apalagi telah akan mendapat tunjangan sertifikasi.

    Terima kasih ada ruang buat kami sharing dan salut bagi yang punya fasilitas kantor kami masih pinjam ruangan.

  7. sangkut,S.Pd mengatakan:

    pak Akhmad…. Nanyo ngapo Pengawas SD tempat kami ini idak dapat bantuan pasilitas seperti Kenderaan Dinas, Media seperti Laptop serta Proyektornya dan oprasional pengawas juga tidak ada. Sedangkan hal tersebut sangan dibutuhkan apa lagi media tersubut sangat dibutuhkan pada era globalisasi ini.

  8. akhar mengatakan:

    pengawas tidak termarjnalkan, yang ada adalah”masih ada pengawas” yang belum menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawas, hanya mau mencari kesalahan teman-teman guru,tidak melakukan bimbingan dan pembinaan terlebih dahulu kemudian langsung menilai guru,sehingga kedatangannya kesekolah ( kalaupun datang ) hanya dipandang sebelah mata oleh teman-teman guru.

  9. suaidinmath mengatakan:

    Assalamu Alaikum wr.Wb . Pa Mohon tampilkan Juknis Angka Kredit jabatan Pengawas yang terbaru atau angka kredit yang di hitung tiap semester yang isa kami dunlod atau mungkin teman lain bisa membantu.Trims.

    insya Allah kalau sudah dapat akan saya tampilkan disini.

  10. Dahwirzal DZ mengatakan:

    Pak, saya sudah mensosialisasikan PERMENPAN 16 tahun 2009, pada sekolah binaan dan guru guru melalaui MGMP, sekaligus menghimbau dan mengajak serta mengplikasikan dalam meningkatkan kompetensi, komitmen dan profesional guru, tapi bagaimana dengan kenaikan pangkat untuk pengawas kita?, apakah berlaku juga PERMENPAN tsb untuk pengawas?, karena sesuai dengan Sertifikasi pengawas, pengawas adalah guru dalam jabatan pengawas. terima kasih.

    Sama, Pak saya juga sedang mengejar informasi ini, insya Allah kalau sudah dapat akan saya tempilkan disini.

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 14.053 pengikut lainnya.