Instrumen Supervisi Akademik

Instrumen Supervisi Akademik : Supervisi akademik dapat dilakukan oleh pengawas, kepala sekolah, dan guru yang ditugasi oleh kepala sekolah untuk melakukan tugas sebagai penyelia.

Tugas pengawas sekolah diantaranya melaksanakan pembinaan dan penilaian teknik dan administratif pendidikan terhadap sekolah yang menjadi tanggungjawabnya. Tugas ini dilakukan melalui pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan. Supervisi oleh pengawas sekolah meliputi supervisi akademik yang berhubungan dengan aspek pelaksanaan proses pembelajaran, dan supervisi manajerial yang berhubungan dengan aspek pengelolaan dan administrasi sekolah.

Supervisi akademik dapat dilakukan oleh pengawas, kepala sekolah, dan guru yang ditugasi oleh kepala sekolah untuk melakukan tugas sebagai penyelia. Untuk membantu para penyelia melaksanakan supervisi akademik yang terprogram, terarah, dan berkesinambungan, APSI Pusat telah mengembangkan Instrumen Supervisi (IS) Akademik. Format IS Akademik ini meliputi tiga bagian yang digunakan sebelum pengamatan (Pra observasi), selama pengamatan (Observasi) dan setelah pengamatan pembelajaran (Pasca observasi).

Dengan mengacu Instrumen Supervisi (IS) Akademik ini diiharapkan penyelia dapat melaksanakan supervisi akademik secara klinis melalui pendekatan kemitraan (collegial) dengan siklus perencanaan yang sistematis, pengamatan yang cermat, dan umpan balik yang objektif dan segera, untuk memberikan bantuan teknis kepada guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif, efisien dan berkualitas.

Saran atau masukan untuk penyempurnaan Buku IS Akademik yang akan datang sangat dihargai.

Instrumen Supervisi Akademik

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

25 tanggapan untuk “Instrumen Supervisi Akademik”

  1. Assalamu’alaikum. P Ahmad Sudrajat, mohon ijin download instrumen supervisi akademik dan non akademik serta program tindak lanjutnya. terima kasih.

  2. MOHON BANTUAN,,, PA SAYA BUTUH CONTOH PROGRAM TINDAK LANJUT SUPERVISI AKADEMIK,,, TERIMA KASIH

  3. terima kasih saya dapat ikut mengunduh informasi ini, semoga bermanfaat untuk madrasah kami (swasta)

Komentar ditutup.