Opini Pendidikan

OPINI ANDA

Ruang ini dipersembahkan bagi Anda yang ingin berpartisipasi mengekspresikan diri seputar teori dan praktek pendidikan. Diskusi ini bersifat terbuka, dari Anda, oleh Anda dan untuk Anda.Untuk menyemarakkan ruang ini, saya mengundang Anda untuk memberikan gagasan, komentar, atau mungkin kritik membangun tentang situasi pendidikan kita. Semoga saja pemikiran kritis Anda dalam ruang ini dapat mengilhami dan memberikan pencerahan bagi siapa pun yang membacanya.

.
.
Tagged with:
456 comments on “Opini Pendidikan
  1. Nus Yerusa mengatakan:

    Pendidikan di Kabupaten Kepulauan Aru saat ini hanya difokuskan ke Proyek, sehingga kualitas sudah ditiadakan. Nah bagaimana caranya membatasi sistem pendidikan di Kabupaten Kepulauan Aru yang hanya mementingkan proyek ketimbang mutu

  2. Chotibul Umam mengatakan:

    Kurikulum 2013 bagus untuk ditreapkan, tapi ada sekolah yang karena jam guru sebagian kurang dari 24 jam kerja maka muncul pemaksaan lintas minat hanya untuk memenuhi jam kerja guru tersebut, apakah ini bisa diterima ? dan bagaimana nanti dengan siswa, misalnya siswa kelas X IPA sebenarnya menginginkan pendalaman materi tapi karena tidak difasilitasi dipaksakan mengambil akutansi/ekonomi padahal siswa tersebut kurang suka pelajaran tersebut, apakah hal ini tidak menimbulkan effek psikologis ?.
    Masalah pendampingan yang bekerjasama dengan perguruan tinggi apakah ada standar bea pendampingan, maaf karena hal ini banyak yang belum tahu.

  3. Sukma mengatakan:

    Adanya kurikulum 2013 memang baik dan terarah, dan perlu kita dukung, apalagi bagi guru-guru atau calon guru.Mengapa demikian.Hanya secara kasat mata masih ada sekolah yang menerapkan konsep tersebut sehingga anak-anak tidak sempat untuk bersosialisasi dengan lingkungan dengan masyarakan dan keluarga, yang ada tugas dan tugas yang diembannya dari guru,anak-anak harus mengerjakan tugas tepat waktu,dam bila tidak mengejakan kena sanksi dari gurunya.Pencanangan kurikulum harus jelas dan terarah sehingga pembinaan kepada generasi penerus betul-betul bermanfaat dan selalu ada kontrol dari mulai usia paud sampai remaja dan dewasa serta manula.

  4. nama mengatakan:

    Persoalan yang kini banyak dibicaran oleh manusia……………….
    1. sejauh ini kita selalu disibukan dengan paradigma,,,,,,,,,,
    2. pendidikan tidak lagi berdiri sebagai kebutuhan nurani,,,,,melainkan hanya sekedar
    kepentingan,
    3. manusia lupa bahwa al-qur’an merupakan obat dari segala penyakit/permasalah,,,,
    4. sifat saling menghormati dan menghargai hanya sekedar sapa di tangan saja,,,,tidak
    melekat pada kepribadian,
    5. ternyata memiliki gelar sarjana belum cukup membuat kita menjadi sabar, ramah, jujur, &
    adil…
    6. ternyata kita lupa akan jasa orang2 terdahulu yang gigih berkorban demi
    memperjuangkan napas kita hari ini,,,,,

    enam tema PR kita semua,,,,ulurkanlah tangan kita bagi mereka, meski hanya sekedar dengan doa dan pemikiran,,,,

  5. surya jaya mengatakan:

    secara konsep kurikulum 2013 sangatlah bagus, dmana pembelajaran menggunakan pendekatan scientifik atau ilmiah,…banyak hal yang di kerjakan guru terutama pada saat penilaian..setiap hari guru harus menilai 11 item masing2 siswa….dan lain sebagainya….marilah kita kawal dan turut mensukseskan pelaksanaannya…secara konsep bagus dan akan menjadi sesuatu hal yang tidak maksimal, ketika pada saat implementasinya di lapangan tidak di kawal dan melakukan pendampingan…terutama kepada kepala sekolah dan pengawas yang secara kontinue memberikan informasi dan pendampingan pada guru-guru dalam implemntasi kurikulum 2013 ini. sehingga apa yang di targetkan oleh pemerintah pusat juga bisa terlaksana di daerah2 dengan baik

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 14.053 pengikut lainnya.