Konsep dan Ciri-Ciri Pembelajaran yang Efektif

Tulisan menyajikan tentang konsep dan ciri-ciri pembelajaran yang efektif , yang disampaikan oleh Depdiknas…

Salah satu permasalahan mendasar yang dihadapi pendidikan di Indonesia saat ini adalah berkenaan dengan penyelenggaraan proses pembelajaran yang dipandang masih belum efektif. Indikasi ke arah sana tampak dengan adanya guru yang masih banyak terjebak dalam praktek pembelajaran  yang cenderung membosankan bahkan membuat siswa menjadi tertekan.

Dalam berinteraksi dengan siswa, posisi guru terasa masih sangat dominan, sementara siswa cenderung berada dalam posisi yang tidak berdaya. Pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan tampak kurang bervariasi, biasanya hanya mengandalkan dalam bentuk ceramah yang membuat siswa menjadi malah terkantuk-kantuk.

Konsep pembelajaran seperti itu tampaknya tidak relevan lagi dengan tuntutan dan tantangan pendidikan saat ini. Oleh karena itu Depdiknas menawarkan konsep pembelajaran yang efektif, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Pembalikan Makna Belajar
  • Berpusat pada Siswa
  • Belajar dengan Mengalami
  • Mengembangkan Keterampilan Sosial, Kognitif, dan Emosional
  • Mengembangkan Keingintahuan, Imajinasi, dan Fitrah Ber-Tuhan
  • Belajar Sepanjang Hayat
  • Perpaduan Kemandirian dan Kerjasama

Selain itu, pembelajaran yang efektif  harus dapat memberikan pengalaman belajar siswa yang kaya, mencakup: (1) Pengalaman Mental, (2) Pengalaman Fisik,  dan (3) Pengalaman  Sosial.

Pengelolaan Pembelajaran yang Efektif diantaranya mencakup:

  • Pengelolaan Tempat Belajar
  • Pengelolaan Siswa
  • Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran
  • Pengelolaan Isi/Materi Pembelajaran
  • Pengelolaan Sumber Belajar

Informasi selengkapnya dapat diakses dalam tautan di bawah ini:
Pembelajaran yang efektif

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

9 tanggapan untuk “Konsep dan Ciri-Ciri Pembelajaran yang Efektif”

  1. Mari kita terus mengembangkan berbagai pendekatan yang menjadikan KBM Efektif. Hentikan Ceramah di Depan Kelas!

  2. BENAR sekali sekarang kayaknya sudah ndak jaman sekali guru menerangkan muridnya dengan ceramah ceramah yang mengarah kesana kesini, mungkin penyampaian materi seperti itu perlu di rubah dan di ganti dengan metode yang lebih baru, sehingga para peserta didik tidak mudah jemu dan ngantuk ketika sang guru berceramah kesana kemari

  3. sebenarnya dengan CBSA (cara belajar siswa aktif), siswa sdh dpt menikmati proses belajar yg menyenangkan, karena mereka dituntut utk terus aktif (baik bertanya maupun berkomentar) terhadap berbagai permasalahan yg dilontarkan oleh guru, di PT (Perguruan Tinggi)kini sdh dikenalkan perkuliahan dengan cara PBL “Problem Based Learning”, dgn cara spt ini mereka hrs aktif dan didorong utk terus aktif berdiskusi dlm memecahkan permasalahan yg disampaikan oleh “tutor”

  4. Saya setuju jika dalam KBM guru harus mengutamakan keaktifan anak dalam menyampaikan gagasan atau ide, untuk itu perlu adanya suatu dorongan atau motivasi terhadap anak didik supaya aktif dalam proses KBM. perlu adanya suasana lingkungan KBM yang dapat meningkatkan daya kreatifitas dalam diri anak didik. sutu contoh kecil dalam KBM berlangsung adanya kreativitas guru dalam membuat alat peraga yang menarik anak untuk mengungkapkan pemikiran dan kreativitas anak. cerita si Unyil, kita buat bonek si unyil dan guru menjelaskan materi yang di terangkan di dalam KBM. ya…gitu dheh menurut aku he…

  5. Learning methodes and strategies are so many, the problem is how to apply it in the real class since it depends much on the condiion of the learners,and in the reality most of the teachers are still having difficultiees to cope with this matter.

Komentar ditutup.