Contoh Angket dan Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013

Secara  konseptual,  peminatan siswa dapat dipahami sebagai sebuah proses yang didalamnya melibatkan serangkaian pengambilan pilihan dan keputusan oleh siswa  yang didasarkan atas pemahaman potensi diri dan peluang yang ada di lingkungannya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 telah mengisyaratkan bahwa peminatan siswa bertujuan: (1) untuk memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan minatnya dalam sekelompok matapelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi, dan (2) untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau keterampilan tertentu.

Agar siswa dapat mengambil keputusan dan menentukan peminatan yang tepat dan sesuai, maka guru BK di sekolah seyogyanya dapat membantu siswa agar dapat memahami diri dan lingkungannya, melalui ketersediaan berbagai data yang obyektif, valid dan memadai. Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan data gambaran siswa beserta lingkungannya yaitu dengan cara memberikan angket (kuesioner) dan menyajikannya secara sistematis dalam sebuah dokumen resmi.

Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi sebuah model angket dan dokumentasi peminatan siswa karya Bapak Budhy Ramdhani, Guru BK SMAN 12 Kota Tangerang  yang juga  sebagai Sekretaris MGBK Nasional.

Angket dan dokumentasi data peminatan ini memuat berbagai data yang dibutuhkan untuk kepentingan peminatan siswa, yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam mengembangkan program peminatan siswa di sekolah Anda.

Jika Anda ingin mengunduh contoh angket dan  dokumentasi data tersebut, silahkan klik tautan di bawah ini dan mari kita diskusikan disini untuk melengkapi dan menyempurnakannya.

Contoh Angket dan Dokumen Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013

[adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam BIMBINGAN KONSELING
8 comments on “Contoh Angket dan Data Peminatan Siswa dalam Kurikulum 2013
  1. umi bardiasih mengatakan:

    Terima kasih atas infonya…..

  2. Wahyu Widayati mengatakan:

    Terima kasih bantuan ilmunya,pak, sangat berarti untuk saya

  3. syamsul hadi mengatakan:

    Seringkali siswa masih bingung dengan minat studi lanjut dan minat pekerjaan. Apalagi mereka masih labil dalam membuat keputusan, referensi studi lanjut dan pekerjaan belum banyak diinformasikan di SMP.

  4. Permainan Matematika mengatakan:

    Menurut Pak Akhmad sudah cukupkah angket ini dijadikan dasar untuk penjurusan, ataukah perlu ditambah dengan tes uji kompetensi ?

  5. SUPRIJADI mengatakan:

    Bapak terimakasih kami telah dikirimi hal-hal yang baru dalam menopang kurikulum 2013, mudah-mudahan pelaksanaan dilapangan akan sesuai dengan kenyataan yang ada, dan saya selalu menunggu hal-hal yang baru tentang kurikulum 2013

  6. Nelly Chandrawati mengatakan:

    Alhamdulillah …Syukron Pak atas bantuan ilmunya. Apakah konselor bisa mengadakan test minat bakat ? Karena di daerah kami MKKS akan melibatkan psikolog …

    Sepengetahuan, hanya guru BK yang telah memiliki sertifikat Tes Psikologis atau lulusan S2 Pendidikan BK dengan konsentrasi Testing Psikologis di UPI Bandung

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 14.053 pengikut lainnya.